Ingin Beli Mobil Namun Gaji Hanya Satu Digit? Ini Caranya

Tujuan keuangan memang ada banyak jenisnya, salah satunya membeli mobil. Bila saat ini gaji yang kamu miliki masih di angka satu digit, jangan berkecil hati. Ada cara untuk mewujudkannya. Berikut caranya.

Source: smart-money.co Source: smart-money.co

Pastikan kemampuan finansial

Misal, gaji kamu Rp 5juta per bulan, sisihkan sekitar 30% atau Rp 1,5 juta untuk biaya kebutuhan sehari-hari. Sementara sisanya, 70% atau Rp 3,5 juta untuk tabungan.

Kemudian, sisihkan 50% dari Rp3,5 juta (Rp1,75 juta) untuk tabungan uang muka mobil. Maka, dalam setahun kamu bisa mengumpulkan Rp 21 juta untuk uang muka mobil senilai Rp 80 jutaan.

Cari pekerjaan sampingan

Tak ada salahnya jika kamu memaksimalkan hobi dan keahlianmu seperti desain atau fotografi untuk menghasilkan uang tambahan.

Tentukan jenis mobil

Kamu bisa melirik jenis mobil di segmen low cost green car (lcgc). Bila harga mobil baru masih dirasa tinggi, tak ada salahnya melirik mobil bekas selama kualitasnya masih prima.

Cari penjual terpercaya

Karena usahamu untuk menabung lebih berat daripada mereka yang berpenghasilan tinggi, tak heran kalau mobil berharga murah jadi incaran utama. Meski demikian, kamu tetap harus waspada.

Pastikan kamu membeli mobil di diler resmi atau situs penjualan mobil terpercaya. (Adv.)

 

Sumber: smart-money.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)