Ini Alasan Mengapa Anda Perlu Banyak Pertimbangan Sebelum Tinggalkan Pekerjaan

Foto : Beyond-banking.co

Setiap orang pasti mengalami pasang surut dalam perjalanan kariernya. Tidak selalu seperti saat baru memulai, di tengah-tengah perjalanan karier kejenuhan bisa saja datang dan melunturkan semangat kerja.

Perasaan tidak bahagia dengan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari juga semakin menjadi. Godaan untuk mulai berburu pekerjaan baru pun semakin besar. Namun, tunggu dulu. Sebaiknya jangan gegabah karena meninggalkan pekerjaan yang saat ini Anda jalani adalah sebuah keputusan besar. Jangan biarkan emosi mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal mengapa pertimbangan yang matang diperlukan sebelum memutuskan pindah kerja. Pertama, mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini tidak selalu merupakan jawaban atas kekecewaan Anda pada pekerjaan.

Setiap perusahaan punya dinamikanya masing-masing yang kemungkinan besar memberi dampak yang tidak enak bagi karyawan. Jika Anda merasa tidak bisa memperoleh apa yang diinginkan di perusahaan tempat bekerja saat ini, belum tentu di perusahaan yang baru nanti Anda bisa memperolehnya.

Kedua, jika Anda belum mencoba mengkomunikasikan hal yang mengganjal di hati soal pekerjaan kepada atasan, sebaiknya jangan buru-buru memutuskan untuk mengundurkan diri. Coba bicarakan dulu, siapa tahu ada solusi. Barangkali selama ini masalah Anda sebenarnya dapat dipecahkan hanya saja Anda belum menemukan solusi tepat.

Selanjutnya, jangan salah memahami bahwa ketidakbahagiaan Anda adalah dampak dari perbuatan orang lain. Bisa jadi masalahnya ada di diri Anda sendiri. Misal ternyata Anda tidak siap menerima tanggung jawab baru di kantor.

Mengundurkan diri hanya membuktikan bahwa Anda mudah putus asa dan menyerah dengan keadaan. Hal itu tentu dapat merusak reputasi dan menjadi catatan karakter tercela Anda di mata personalia di masa depan.

Terakhir dan paling penting, pastikan keputusan pengunduran diri Anda akan membawa karier ke arah yang lebih baik. Kerap kali keinginan untuk mengundurkan diri didorong oleh rasa bosan dengan pekerjaan yang saat ini dijalani. Jika jenuh cobalah ambil cuti panjang untuk berlibur dan refleksi diri. Tak perlu buru-buru, bicarakan dulu kondisi Anda dengan atasan untuk mendapat pencerahan.

Sumber : beyond-banking.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)