Jalan Mulus Bisnis Rintisan di Era Digital

Kemauan yang keras bisa jadi merupakan satu-satunya tantangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis muda di tanah air hari ini. Harus diakui bahwa melesatnya bisnis rintisan dan pemula adalah berkat perkembangan teknologi digital. Bermodalkan gawai dan sambungan internet, bisnis pun bisa berjalan.

Jika menengok ke satu dekade ke belakang, menjalankan bisnis dengan modal minim seperti sekarang adalah hal yang terbilang mustahil. Hal ini tak ditampik oleh para pelaku bisnis yang memulai perjalanannya di tahun 2000-an lalu. Salah satunya pendiri Printerous, Kevin Osmond yang mengakui bahwa generasi pebisnis muda kini tak mengalami apa yang ia rasakan dulu.

“Dulu, di awal membangun bisnis, saya harus menyewa lantai 4 sebuah ruko yang harganya cukup mahal dan membeli kebutuhan kantor. Kini, cukup dengan menyewa co-working space,” kisahnya.

Para founder yang memulai bisnisnya di era internet mendapatkan berbagai kemudahan yang mereka dapatkan berkat jaringan itu. Pendiri merek sepatu Brodo, Yukka Harlanda mengakui ia sepenuhnya mengandalkan pemasaran produknya secara online. Bisnisnya terus berkembang hingga akhirnya memutuskan untuk membuka toko fisik untuk para konsumen yang ingin melihat dan mencoba langsung produk mereka.

“Bisnis Brodo tumbuh pesat melalui penjualan daring. Setelah mendapat brand awareness, baru kami membuka toko fisik,” tutur Yukka.

Selain dari proses pemasaran dan komunikasi dengan konsumen, internet pun berjasa pada proses pengelolaan transaksi bisnis mereka. Kemudahan transaksi perbankan online menjadi faktor yang turut menunjang pertumbuhan bisnis. Salah satu lembaga perbankan yang berhasil menjadi bagian dari perkembangan itu adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

“BCA kini terus berupaya memberikan beragam fitur untuk memberi kemudahan pada konsumen dan toko. Salah satunya melalui sistem pembayaran,” tutur Vice President Digital Marketing BCA Duardi Prihandiko.

Kegiatan pembayaran bisnis kini semakin mudah dengan berbagai produk dan layanan BCA. Melalui Internet Banking, Mobile Banking, BCA KlikPay, Kartu Kredit, dan Sakuku baik pebisnis maupun konsumen bisa bertransaksi dengan mudah, cepat, dan aman.

Sumber : beyond-banking.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!