Berita BCA

Sudah Saatnya Adopsi Chatbot untuk Pertahankan Pelanggan

Sudah Saatnya Adopsi Chatbot untuk Pertahankan Pelanggan

Foto : beyond-banking.co

Pelanggan masa kini adalah pelanggan yang sadar dengan teknologi, salah satunya untuk urusan komunikasi. Memang teknologi komunikasi adalah salah satu teknologi yang perkembangan pesat, dan robot (program) yang bisa berkomunikasi pun kini menjadi andalan baru.

Teknologi robot ini memang digadang-gadang akan menjadi masa depan perusahaan dalam mempertahankan pelanggan. Banyak pihak meyakini bahwa teknologi yang dikenal dengan nama chatbot ini mampu membantu perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efisien dan efektif.

CEO dan Co-Founder Kata.ai Irzan Raditya menjelaskan bahwa chatbot sangat mengandalkan kecerdasan buatan (artificial intelligent) yang dipadukan dengan Natural Linguistick Program (NLP). Karena perpaduan itu chatbot pun menjelma menjadi sebuah layanan dengan segudang manfaat. Robot ini jadinya dapat menjawab semua kebutuhan pelanggan secara instan, bahkan bisa membantu mereka mengajukan aplikasi sesuatu.

Di dunia perbankan salah satu perusahaan yang sudah mengadopsi teknologi ini adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui asisten virtual VIRA. Senior Vice President BCA Martinus Robert Winata menyebutkan bahwa teknologi ini memberi perubahan pada layanan perbankan.

“Kalau pada beberapa dekade lalu misalnya, phone banking menjadi salah satu layanan pelanggan paling mutakhir. Kini, teknologi tersebut sudah digantikan chatbot yang lebih mutakhir. VIRA adalah yang pertama. Di Indonesia, chatbot juga paling sesuai karena masyarakat kita lebih suka mengirim pesan dibanding menelepon,” sebut Robert di Social Media Week 2017.

Melalui VIRA, kata Robert, layanan dan komunikasi pelanggan bisa lebih mudah. Jadi, kamu bisa meminta bantuan VIRA untuk mendapat informasi seputar promosi, kurs, suku bunga dan hingga aplikasi kartu kredit.

Jadi kamu tak perlu lagi pusing untuk menelepon, melainkan cukup mengetiknya di ponsel saja. Ke depannya, kata Robert, BCA akan terus meningkatkan kemampuan VIRA, misalnya untuk cek mutasi rekening.

“Aspek keamanan juga menjadi salah satu fokus BCA. Kami akan selalu memagari tiap percakapan di VIRAdengan aspek keamanan,” pungkasnya.

Sumber: beyond-banking.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved