Berkarya Lintas Generasi 88 tahun Nojorono Kudus

PT Nojorono Tobacco International merupakan salah satu perusahaan pelopor rokok kretek di Indonesia. Perusahaan didirikan pada 14 oktober 1932 oleh Koo Djee Siong dan Tan Djing Thay , berpusat di Kota Kudus, Jawa Tengah. PT Nojorono Tobacco International yang dikenal sebagai pemilik merek dagang Minak Djinggo dan Clas Mild, saat ini menduduki posisi kelima dalam industri rokok terbesar di Indonesia. 

Mulanya, perusahaan didirikan bertujuan untuk menjadi wadah keluarga besar. Seiring dengan perkembangan bisnis, saat ini perusahaan memberikan kesempatan bekerja bagi banyak masyarakat di Indonesia. Sejak tahun 1990 hingga saat ini, PT Nojorono Tobacco International dipimpin oleh generasi penerus ketiga yang berhasil membawa perusahaan menduduki posisi kelima terbesar di Indonesia. Kemudian, dimulai tahun 2017, tongkat estafet mulai dipersiapkan untuk bergulir kepada generasi selanjutnya. Generasi baru yang dipersiapkan, dididik mulai dari tahap management trainee.

Kelola perusahaan dijalankan berlandaskan Visi perusahaan : Menjadi industri ‘Best Managed” yang bertanggung jawab sosial dan peduli terhadap lingkungan.  Didukung oleh Misi perusahaan : Menciptakan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan, melalui pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan dengan ikatan kekeluargaan yang erat dan bermartabat.

 Berkiprah selama hampir sembilan dekade, PT Nojorono Tobacco International memiliki warisan prinsip leluhur “Bersatu, Berdoa dan Berkarya” yang ditanamkan oleh pendiri dan diterapkan turun temurun oleh seluruh elemen perusahaan. Bersatu diartikan sebagai kebersamaan yang merupakan satu tekad dan keyakinan sebagai tumpuan dan dasar yang kokoh untuk melandasi kekuatan perusahaan. Berdoa untuk menghadirkan kekuatan yang besar dari sang pencipta untuk senantiasa mendampingi, melindungi dan meridhoi setiap langkah yang ditempuh Nojorono. Berkarya melalui semangat berkarya yang tercipta dari kesungguhan hati akan terwujud hasil yang baik, bernilai dan berdaya guna bagi seluruh elemen di dalam Nojorono

 Berbekal warisan prinsip leluhur, Nojorono membekali core values bagi seluruh jajaran pemangku kepentingan dalam bekerja. Terdapat lima nilai utama F.A.I.T.H yang kesemuanya diadaptasi dari karakter Krishna muda. Fraternity, semangat kekeluargaan dalam menjaga keharmonisan dalam persaudaraan untuk saling bersinergi. Accountability, bertanggung jawab melayani sepenuh hati dan integritas. Innovation, mendorong adanya inovasi dan kreativitas dengan semangat peningkatan dan penyertaan tiada henti. Trustworthy, dipercaya, saling hormat, sopan dan mempunyai motivasi yang tinggi. High performance, terus mengejar kinerja yang tinggi demi terciptanya pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan. 

Sosok Krishna Muda (Narayana) sebagai teladan, dilihat sebagai tokoh dengan semangat pembaharuan yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang dianutnya.  Bijaksana dalam menghadapi segala tantangan dan memegang teguh kepercayaan yang diembannya. Pemimpin yang cerdik dalam menyelesaikan masalah, dengan senantiasa menjaga keharmonisan dalam kebersamaan serta peduli terhadap rakyat dan lingkungan sekitarnya.

Kekuatan nama NOJORONO (baca: No Yo Ro No) dalam aksara Jawa memiliki esensi sebagai refleksi sosok Krishna Muda, yang direpresentasikan dalam sebuah ungkapan luhur “Cipta, Karsa, Rasa dan Cahya”. Bilamana dijewantahkan,  kata NOJORONO mengandung arti ; didirikan (ONO) oleh para pendiri sebagai tempat untuk berkarya (KARYO) , dengan segenap jiwa (ROSO) agar bisa  terus bersinar (NOER) dan menjadi berkat bagi sesama.

Berbekal warisan prinsip nilai nilai mulia yang diturunkan dari generasi pendiri, memasuki usianya yang ke 88 tahun, Nojorono terus mengalami transformasi berkarya, salah satunya pembaharuan tampilan logo yang mewakilli nilai warisan leluhur yang diyakini akan memberikan dampak terhadap reputasi dan eksistensi perusahaan.

Sepanjang karir PT Nojorono Tobacco International, terdapat beberapa penghargaan yang berhasil diraih oleh generasi penerus, diantaranya :

2005

  • Packaging Consumer Branding Award (Silver) – CLAS MILD
    Product Category: Cigarette – Clove Low Tar Low Nicotine (ILTLN)

2006 – 2012

  • Top Brand Award – CLAS MILD Category Mild Kretek Cigarettes

Frontier Consulting Group & Marketing Magazine.

2006

  • PT NTI – The Most Powerful Account Management Index in Cigarette
    Category Mix Marketing Communication SWA Magazine, QASA

2010

  • Program Owner of ClasMusic Heroes – PT NTI Gold Winner – For Contest / Competition Activation Category Mix Marketing Communication.

2011

  • The Best Quality Product of the Year PT NTI World Gold Winner 2011
  • The Best Excellent In Innovation of the Year PT NTI International Business & Company Award

Melengkapi sederet pencapaian yang diraih, pada tahun 2020 PT Nojorono Tobacco International dianugerahi beberapa penghargaan dintaranya :

  1. The Best Content Marketing Implementation in Lifestyle Product Category, Indonesia Content Marketing Awards 2020
  2. The Best Use of Youtube, Indonesia Content Marketing Awards 2020
  3. SWA 100 Living Legend Companies 2020

Menyikapi bisnis di tengah pandemi,  untuk tetap berkarya, pada Rapat Pimpinan Perusahaan diputuskan tiga prioritas utama. Pertama, perusahaan tetap menjaga keberlangsungan usaha. Kedua, perusahaan harus siap merangkul berbagai perubahan yang terjadi. Ketiga, expanding horizon, dimana perusahaan harus melihat jauh ke depan, sehingga mampu melihat peluang apa yang ada di depan dan mulai melakukan persiapan-persiapannya dari sekarang.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)