BIZCamp Challenge, Beasiswa PMBS untuk Calon Pemimpin Bisnis

Maryam Afifah (23) tak kuasa menahan kegembiraannya ketika dinyatakan sebagai pemenang pertama BIZCamp Challenge 2015. Pada ajang yang diselenggarakan oleh Prasetiya Mulya Business School (PMBS) tersebut, alumnus jurusan Teknik Lingkungan Universitas Indonesia ini berhasil menyelesaikan tantangan merancang proposal bisnis yang inovatif. Atas prestasinya, ia bersama dua pemenang lain yaitu Adithia Dwi Saputra (alumnus Manajemen UGM) dan Dody Iswandi Maulidiawan (alumnus Hubungan Internasional UGM), berhak mendapatkan beasiswa S2 Magister Manajemen (MM) Business Innovation di PMBS.

Para Finalis PMBS BIZCamp Challenge 2015 Para Finalis PMBS BIZCamp Challenge 2015

Memasuki tahun ke-5 penyelenggaraannya, BIZCamp Challenge 2015 diikuti oleh 16 finalis yang terpilih dari 748 pendaftar. Kegiatan digelar di Jakarta selama lima hari dari tanggal 9-14 Agustus. Para finalis diminta menggagas solusi jitu untuk business case dari sejumlah perusahaan, yaitu PT Pertamina Retail, 3M Indonesia, Zoetis Indonesia, dan The Body Shop Indonesia. Finalis diharapkan dapat merancang strategi bisnis dan pemasaran untuk masing-masing perusahaan.

“Selain mendapatkan teman baru, ilmu baru, pengalaman baru, serta inspirasi dan motivasi baru, kompetisi ini membuka pikiran saya dalam melihat bisnis dari perspektif yang lebih baik dan lebih luas”, ujar Maryam yang mengusung ide co-branding dengan komunitas wanita dan start-up untuk memecahkan business case Pertamina Retail.

BIZCamp Challenge Winner 1, 2, 3 BIZCamp Challenge Winner 1, 2, 3

Selain itu, para finalis juga ditantang untuk menggarap proyek berbasis sosial dan lingkungan Buku Kami Project. Mereka dituntut membuat sebuah marketing plan untuk produk scrap book hasil karya para mantan PSK di kawasan Jatinegara yang sedang menjalani proses pembinaan oleh LSM Buku Kami. Strategi tersebut mereka rancang setelah mendapatkan informasi langsung dari para aktivis LSM tentang kondisi usaha, rumah binaan, hingga latar belakang para pekerjanya.

Untuk menjadi finalis BIZCamp Challenge, peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi, seperti tes potensi akademik, wawancara, dan focus group disscussion. Meski tidak semua dapat keluar menjadi pemenang, selama masa seleksi hingga karantina mereka dibekali dengan pengetahuan bisnis yang komprehensif, soft-skills, pembekalan mentoring serta workshop Business Design Innovation dari pengajar PMBS dan praktisi, antara lain Budiman Sophian, Director Goverment Relationships & Policy Samirana Group dan Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com.

BIZCamp Challenge 2015 Winner BIZCamp Challenge 2015 Winner

Iwan Kahfi, MBA, Direktur Program Information & Communication PMBS menerangkan bahwa BIZCamp Challenge ditujukan untuk mencari sebanyak-banyaknya bibit unggul yang dapat dididik menjadi calon pemimpin bisnis Indonesia masa depan yang berkarakter kuat. “Sebagai upaya mencari yang terbaik, kami blusukan sejak Februari 2015 ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan menggelar tes saringan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Makassar,” jelas Iwan.

Sebagai pelopor program MM di Indonesia, PMBS menawarkan konsep pembelajaran dengan titik tekan pada inovasi bisnis yang aplikatif bagi dunia bisnis. BIZCamp Challenge merupakan wujud kepedulian PMBS terhadap generasi muda, dengan memberikan akses pendidikan yang seluas-luasnya dalam rangka mencetak talenta berprestasi yang akan memimpin bisnis Indonesia di masa mendatang.


Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)