Blow: Brand Sepatu Lokal yang Mampu Merambah Pasar Indonesia dan Membuat Geger Pemain Lama

Melemahnya ekonomi di masa pandemi tidak menyurutkan daya beli masyarakat. Aplikasi belanja online pun menjadi teman bagi konsumen yang kini banyak menghabiskan waktunya di rumah. Tanpa ragu, Blow melihat kondisi ini sebagai sebuah kesempatan besar disaat para pesaingnya malah ciut.

Dengan tagline “A Woman with Good Shoes is Never Ugly”, Blow marak memasarkan produknya di marketplace, terutama Shopee dan Instagram di akun @shopatblow untuk menjangkau seluruh wanita Indonesia. Tak hanya konsumen lokal, Blow telah melebarkan sayapnya ke Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan.

Selain memasarkan produknya secara online, Blow juga membumi secara offline di beberapa mall di Jakarta & Tangerang. Hadir sejak 2017, Blow kini memiliki ratusan model sepatu wanita dari berbagai macam kategori berkat kreativitas sosok pria muda bernama Vincent Octavianus.

Meski dihadang pandemi, semangat Blow semakin tinggi hingga sempat menjual 20.000 pasang sepatu dalam 1 hari. Ditarik lebih jauh lagi, hanya dalam kurun waktu tiga tahun Blow telah menjual lebih dari 800 ribu pasang sepatu. Merupakan hal yang besar bagi Blow yang masih seumur jagung.

Blow, sebagaimana visinya yang ingin wanita Indonesia menggunakan sepatu yang fashionable namun affordable, lambat laun menggapai cita-citanya dengan mendistribusikan produknya ke seluruh Indonesia. Blow juga berkolaborasi seperti yang dilakukan dengan sesama brand sepatu lokal Yongki Komaladi. Tergabung dalam tagar #localsupportlocal, kolaborasi ini berhasil mendorong brand sepatu lokal unjuk gigi di pasaran.

Dalam beberapa kesempatan lain, Blow sepakat berkolaborasi memberikan giveaway berisi sepatu dan sejumlah pakaian untuk followers yang beruntung. Sebagai bocoran, Blow sering mengadakan kejutan seperti giveaway dan clearance sale.

Kerjasama, sikap supportive, dan saling menginspirasi satu sama lain merupakan wujud dari prinsip yang dijunjung Blow dalam memanusiakan karyawannya. Blow juga menggandeng lebih dari 300 pengrajin lokal yang tersebar di Jakarta, Bogor, dan Surabaya. Semua dilakukan untuk satu tujuan, yaitu membangun brand lokal yang bisa bersaing di negeri sendiri. Di lain kesempatan, Blow juga tak segan meminang influencer lokal untuk mendekatkan diri pada kaum milenial.

Desain berbagai ragam produk Blow memang lebih sering tampil sederhana tapi mengena. Beragamnya model dipadu kualitas tinggi pada tiap prosesnya membuat Blow cocok menemani para wanita di berbagai situasi.

Menjadi luar biasa bagi Blow bahwa pandemi yang nyaris membuat sebagian besar lini bisnis kolaps, justru dengan gigih sanggup bertahan mengikis krisis. Ini tentu tak lepas dari kemauan Blow dalam mendengar suara para wanita Indonesia. Alhasil, para wanita akan dengan bangga dan antusias memilih produk dalam negeri terutama sepatu di akun @shopatblow.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)