Perusahaan Anda Sehat? Ini 3 Indikatornya

Kompetisi bisnis kian ketat. Strategi konvensional sudah semakin ditinggalkan. Teknologi yang berkembang pesat membuat semua orang kini lebih dinamis. Mobilitas mereka pun tinggi. Bisnis yang sehat bisa dilihat dari kemampuannya melaju di tengah kepungan para pesaing.

Brother Earth - Working with you for a better environment Brother Earth - Working with you for a better environment

Bisnis yang sehat akan mampu bertahan di segala situasi berkat fondasi yang kokoh di segala aspek. Berikut adalah tiga indikator utama bisnis yang sehat.

1. Sumber daya manusia

Dengan kultur positif, atmosfer kerja yang menyenangkan, serta tunjangan yang menarik, etos kerja karyawan akan terjaga bagus. Produktivitas dan kualitas kerja yang sempurna adalah yang utama. Dengan begitu, target bisnis akan lebih mudah tercapai.

2. Peduli lingkungan

Perusahaan yang sehat tentu memperhatikan lingkungan alam sekitar. Aktivitas usaha diupayakan tidak berdampak buruk terhadap ekosistem. Memang ada biaya lebih yang harus dikeluarkan. Tapi, sebanding dengan reputasi bagus perusahaan dalam menjaga bumi tetap sehat.

3. Laba

Dalam bisnis, tentu saja pendapatan harus lebih besar dari pengeluaran. Laba ini yang akan menjaga kelangsungan bisnis di tengah kepungan para pesaing. Laba yang kinclong tentu menambah percaya diri para pemegang saham dalam mengarungi samudera bisnis yang penuh tantangan.

Perusahaan yang sehat juga tercermin dari aktivitasnya sehari-hari. Contoh sederhana adalah penggunaan produk yang asli untuk mesin atau barang habis pakai sebagai bentuk penghargaan untuk pelaku bisnis lain. Barang yang asli juga memiliki tingkat depresiasi yang lebih rendah.

Penggunaan barang palsu tentu melanggar hukum dan bisa menjadi masalah di kemudian hari. Penggunaan tinta printer adalah hal sepele yang kadang terabaikan. Perusahaan kerap tergoda dengan semakin mudahnya menemukan tinta palsu yang kualitasnya jauh di bawah yang asli.

Penggunaan tinta palsu bisa merusak print head. Jika terus digunakan bukan tak mungkin printer kantor yang jebol. Dengan tinta atau toner yang asli, aset kantor lebih awet. Ini akan mencegah pengeluaran yang tidak perlu untuk perawatan aset perusahaan.

Perhatikan juga lama waktu garansi untuk setiap mesin yang dibeli. Masa garansi mencerminkan kemampuan terbaik perusahaan untuk memberi yang terbaik kepada para pelanggannya. Tak kalah penting adalah layanan pascajual yang mumpuni.

Kombinasi keduanya akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Bisnis pun terus menggelinding mulus. Kepercayaan pelanggan adalah yang utama. Itu artinya, perusahaan harus menjaga bisnisnya terus tumbuh.

Di tengah arus infomasi yang semakin kuat, peran tim R&D sangat penting dalam menjaga laju bisnis di titik positif. Perusahaan harus bisa beradaptasi seiring perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan. Nah, seberapa sehatkah perusahaan Anda?

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)