Business Update

Cara ACE Hardware Beradaptasi Mengikuti Kebutuhan Konsumen

Cara ACE Hardware Beradaptasi Mengikuti Kebutuhan Konsumen

Untuk beradaptasi dengan situasi sulit akibat pandemi Covid-19, ACE Hardware, perusahaan ritel peralatan rumah tangga & gaya hidup, menerapkan inovasi digital terutama pada area pelayanan pelanggan. Anak usaha PT Kawan Lama Sejahtera ini melebarkan kanal belanjanya, mulai dari layanan aplikasi mobile, hingga layanan omnichannel melalui ruparupa.com.

Yoelius Saputra, General Manager Marketing Communication ACE, mengatakan, yang menjadi dasar dari inovasi ACE Hardware adalah misi perusahaan sebagai “The Helpful Place”. Hal ini juga yang menjadi pijakan perusahaan dalam mengembangkan strategi inovasi selama pandemi.

Ia menjelaskan, demi memenuhi kebutuhan konsumen yang lebih banyak di rumah selama pandemi, ACE mengembangkan pengalaman belanja online, antara lain meluncurkan aplikasi MISS ACE (Mobile Interactive Shopping Solution) dengan fitur interaktif seperti Personal Assistant, Scan & Shop, dan Home Shopping.

Melalui fitur-fitur tersebut, lanjutnya, konsumen dapat berbelanja dengan cepat dan mudah tanpa perlu antre pembayaran di kasir, sehingga mengurangi kepadatan di toko. Di samping itu, ACE juga menyediakan Virtual Shopping Assistant untuk melihat produk secara real-time layaknya di toko dengan video call WhatsApp.

“Kami memastikan konsumen bisa mendapatkan kebutuhan lebih cepat dengan meningkatkan layanan belanja online. Kami juga menerapkan protokol kesehatan yang tetap di semua toko,” ujar Yoelius.

Selain berinovasi pada aspek digital, ACE juga melancarkan ekspansi dengan membuka 8 toko baru pada 2021 di kota besar maaupun kota kedua. ACE tetap mengembangkan lini produk-produknya yang kini terdapat lebih dari 60 ribu produk dari merek lokal dan internasional.

Terkait produk tersebut, Yoelius menambahkan, ACE berupaya menyesuaikan situasi pandemi dengan menyediakan kebutuhan sterilisasi dan medis dalam beragam fungsi dan jangkauan. Antara lain produk UV Light, Mesin Cold Fogging Portabel yang bisa untuk disinfektan, Air Purifier, Oksigen Konsentrator, hingga Oksimeter.

“Khususnya selama pandemi, ACE menyediakan alat kesehatan untuk penggunaan di rumah dan skala industri,” tambahnya.

Di sisi lain, lanjutnya, layanan-layanan yang telah hadir sebelum pandemi pun masih terus diterapkan secara berkelanjutan. Di antaranya ACE menjamin produknya dengan harga bersaing, fasilitas pengembalian atau penukaran produk dalam kurun waktu 14 hari, fasilitas cicilan menggunakan Danakini lembaga pembiayaan dari Kawan Lama Group, hingga ACE Protection yang bekerja sama dengan Adira Insurance.

Meskipun situasi belakangan masih sangat menantang, namun ACE Hardware optimistis untuk mencatatkan pertumbuhan yang positif ke depannya berkat melakukan berbagai langkah inovatif di atas.

“Kami optimis akan mengalami pertumbuhan yang positif karena telah meluncurkan aplikasi MISS ACE dan whatsapp shopping untuk pengalaman berbelanja yang lebih baik, serta program Boom Sale yang menawarkan harga hemat hingga 70% untuk beragam produk perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup,” Helen Tanzil Investor Relations ACE Hardware menambahkan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved