CATAPA

Karyawan Senang, Bisnis Pun Lancar Di Era Pandemi Dengan 7 Keunggulan CATAPA

Mutasi varian Delta dari virus COVID-19 menyebabkan laju pandemi yang sebelumnya sudah membaik kembali melonjak. Keadaan darurat ini menyebabkan pemerintah harus menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menurunkan mobilitas dan aktivitas masyarakat guna mengendalikan laju penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat.

Sektor bisnis yang kegiatan operasionalnya sudah mulai berangsur normal kini harus kembali beradaptasi dengan adanya pemberlakuan WFH hingga 100% untuk sektor bisnis yang dianggap non-esensial dan 50% untuk sektor esensial.

Pekerjaan administratif seperti proses penggajian karyawan, pencatatan data kehadiran karyawan, pengajuan cuti, lembur, klaim reimbursement, hingga pengajuan pinjaman yang dulunya perlu dilakukan di kantor, kini harus ikut berubah mengikuti kebijakan yang menuntut karyawan untuk bekerja dari rumah.

Karena itu, perlu ada suatu solusi yang dapat membuat bisnis lebih adaptif dalam menghadapi perubahan, termasuk perubahan kebijakan terkait COVID 19 yang berpengaruh besar terhadap kegiatan operasional bisnis.

Transformasi digital dari kegiatan operasional dapat menjadi salah satu solusi untuk membuat bisnis menjadi lebih adaptif. Dengan transformasi digital, sebuah bisnis tak lagi harus mengandalkan kantor untuk melakukan kegiatan operasional mereka.

Atas dasar inilah, CATAPA sebagai solusi penggajian digital dan pengelolaan SDM berbasis Artificial Intelligence (AI) menghadirkan solusi CATAPA Work from Anywhere yang memungkinkan karyawan Anda bekerja dari mana saja.

Berikut ini adalah 7 keunggulan CATAPA yang dapat membantu bisnis Anda tetap adaptif dan produktif di masa pandemi ini.

Penggunaan mesin fingerprint yang masih membutuhkan kontak manusia, diduga kuat menjadi salah satu faktor penyebaran COVID 19 di wilayah perkantoran . Permukaan kaca sensor fingerprint bisa saja terekspos droplet dari orang yang terinfeksi sehingga dapat berpotensi untuk menyebarkan virus kepada puluhan atau ratusan orang yang menyentuh sensor tersebut.

Dengan adanya fitur Absensi Bebas Kontak (Contactless Attendance) yang dimiliki CATAPA, resiko penyebaran virus melalui mesin fingerprint tersebut bisa dicegah. Karena dengan fitur Absensi Bebas Kontak CATAPA, karyawan dapat melakukan proses absensi di mana saja dengan hanya bermodal smartphone pribadi yang terkoneksi jaringan internet.

Tim SDM atau HRD juga tak perlu khawatir kesulitan untuk memonitor proses absensi karyawan. Fitur Absensi CATAPA juga sudah dilengkapi dengan pendeteksi lokasi dan wajah karyawan yang dapat memudahkan proses monitoring kehadiran karyawannya yang sedang WFH maupun WFO secara online. Fitur Absensi ini juga sudah langsung terintegrasi dengan sistem penggajian CATAPA.

Jika bisnis Anda termasuk sektor esensial atau kritikal sehingga membutuhkan karyawan untuk tetap bekerja di kantor, CATAPA juga memiliki kemitraan dengan produsen mesin absensi yang dilengkapi dengan pendeteksi masker dan suhu dan dapat diintegrasikan dengan mudah dalam sistem CATAPA

2. Proses Penggajian Lebih Mudah dengan One-Click Payroll

Pada umumnya proses penggajian karyawan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan cara manual, proses penggajian karyawan bahkan bisa memakan waktu hingga 2-3 hari kerja.

Namun dengan adanya fitur one-click payroll dari CATAPA, proses penggajian karyawan hanya membutuhkan waktu 1 jam saja. Proses tersebut juga sudah termasuk dengan perhitungan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan PPh 21 karyawan. Dapat dikatakan, dengan fitur one-click payroll dari CATAPA, proses penggajian dapat dilakukan 15x lebih cepat dan efisien.

Sistem CATAPA juga dapat menghasilkan slip gaji, laporan penggajian, serta laporan pajak secara otomatis dan berbasis cloud sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Karena berbasis cloud, fitur payroll CATAPA juga lebih ramah lingkungan karena tak membutuhkan kertas (paperless) dalam seluruh prosesnya. Bahkan karyawan juga bisa mengunduh slip gaji dan SPT tahunan (1721-A1) mereka melalui ESS (Employee Self-Service) CATAPA yang dapat diakses dengan smartphone mereka masing-masing.

Hal ini juga membuat proses penggajian karyawan dapat dilakukan dengan lebih efisien karena dapat memudahkan kolaborasi antar divisi yang terkait dengan proses payroll, seperti divisi keuangan dengan HRD yang tak perlu lagi bertemu secara fisik untuk saling bertukar berkas yang diperlukan.

3.Urusan Cuti dan Klaim Reimbursement Lebih Mudah dengan ESS CATAPA

Pengajuan cuti, izin sakit, maupun reimbursement untuk kebutuhan tes antigen atau PCR semakin meningkat di era pandemi ini. Proses administrasi pun menjadi semakin membludak sehingga akan menurunkan efisiensi tim HRD perusahaan Anda karena menjadi tidak fokus mengerjakan kewajiban mereka yang lain.

Karena itu, CATAPA menyediakan fitur Employee Self Service (ESS) yang dapat memudahkan urusan administratif karyawan seperti untuk mengajukan cuti atau klaim klaim reimbursement yang dapat langsung diakses melalui smartphone atau laptop karyawan.

Karyawan dapat dengan mudah mengajukan izin sakit maupun cuti lewat menu manajemen waktu pada halaman ESS mereka Selanjutnya karyawan tinggal menyesuaikan jumlah cuti atau izin yang diinginkan.

Untuk mengajukan pinjaman dan klaim reimbursement, karyawan juga dapat mengakses bagian menu reimbursement atau pinjaman yang dapat mereka sesuaikan sendiri nominalnya.

Pengajuan tersebut nantinya akan langsung akan diteruskan ke HRD atau atasan terkait untuk disetujui. Tim HRD atau atasan terkait juga dapat dengan mudah melakukan persetujuan karena dilakukan secara digital lewat ESS Catapa atau dashboard CATAPA mereka.

Selain itu, melalui kemitraan CATAPA, karyawan dari perusahaan yang menggunakan CATAPA juga dapat memanfaatkan fasilitas Salary Advance atau pengambilan gaji sebelum tanggal gajian untuk memudahkan karyawan yang memiliki kebutuhan mendadak. Fitur ini sifatnya opsional sehingga perusahaan dapat memilih untuk menggunakan fitur ini atau tidak.

4.Mengelola Inventaris Perusahaan Lebih Efisien

Pengelolaan inventaris merupakan proses yang cukup menghabiskan waktu dan memakan banyak paperwork. Ditambah lagi dengan kebijakan WFH seperti sekarang, perusahaan harus menyediakan aset penunjang bagi karyawannya, seperti laptop atau komputer, printer, alat tulis, kendaraan, handphone, modem wifi, meja dan kursi. Hal ini membuat pengelolaan aset semakin sulit karena keberadaanya tak lagi berada di bawah satu atap kantor.

Menggunakan CATAPA, seluruh barang yang dipinjamkan kepada karyawan bisa tercatat dengan rinci dan lengkap dalam sistem. Seluruh data inventaris juga dapat diakses melalui satu dashboard, sehingga karyawan dapat lebih efisien dalam mengelola inventaris perusahaan karena tak perlu lagi disibukan lagi dengan paperwork yang tak sedikit jumlahnya.

5.Membuat dan Menyebarkan Pengumuman dengan Cepat

Kebijakan pemerintah terkait pandemi yang dapat dengan cepat berubah, membuat bisnis juga harus dengan cepat beradaptasi untuk turut menyesuaikan kebijakan perusahaannya. Dengan fitur Pembuatan Pengumuman CATAPA, perusahaan dapat mengumumkan perubahan kebijakan baru atau pengumuman lainya melalui email atau ESS CATAPA kepada seluruh karyawan dengan lebih cepat, mudah dan fleksibel.

6.Claudia Chatbot

Claudia Chatbot merupakan asisten pribadi karyawan untuk melihat saldo cuti, menanyakan informasi seputar perusahaan, pengajuan izin, lembur maupun cuti, serta melakukan persetujuan atau penolakan atas pengajuan izin, lembur, dan cuti. Pengguna cukup melakukan percakapan dengan Claudia, kemudian Claudia akan memberikan jawaban atas pertanyaan atau permohonan yang diajukan oleh penggunanya.

Claudia dapat diakses dengan mudah melalui berbagai aplikasi pengiriman pesan yang umum digunakan karyawan seperti Whatsapp, Telegram, Facebook Messenger, LINE dan Slack dari smartphone pengguna masing-masing.

7.Fitur Keamanan yang Terjamin

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih untuk menyimpan data sensitif mereka secara digital, semakin banyak pula oknum pelaku kejahatan tak bertanggung jawab yang berusaha mencuri dan menyalahgunakan data-data tersebut.

Karena itu CATAPA memiliki fitur keamanan yang sangat terjamin dengan standar perlindungan ganda. Selain menggunakan sistem pengamanan menggunakan username dan password, akun CATAPA juga dilengkapi juga dengan fitur verifikasi dua langkah (2-step verification) menggunakan kode otentikasi yang berasal dari aplikasi otentikasi yang Anda gunakan, seperti Google Authenticator, Authy, Microsoft Authenticator, dan lain sebagainya.

Itulah 7 keunggulan CATAPA yang dapat membantu proses operasional perusahaan Anda, khususnya dalam segi layanan SDM, agar tetap optimal di masa PPKM darurat ini. Jika Anda tertarik, anda dapat mencoba CATAPA, GRATIS, dengan program CATAPA Free for UMKM melalui website www.catapa.com. Mari wujudkan solusi penggajian digital dan pengelolaan SDM yang lebih praktis dan efisien dengan CATAPA!


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved