Catat! Panduan Liburan Asyik ke Wisata Bromo Bareng Keluarga

Bromo merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang ingin dikunjungi banyak orang. Wisata alam yang indah dengan hamparan pemandangan gunung Bromo ini menjadi daya tarik tersendiri.

Kemudian, udara yang dingin dan sejuk membuat masyarakat betah menikmati wisata gunung satu ini. Meski memang, untuk menikmati sepenuhnya keindahan tersebut tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit.

"Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 Meter dari atas permukaan laut dan berada dalam empat lingkup kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam gunung Bromo bertautan pula dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas sekitar 10 kilometer," demikian informasi di situs resmi East Java.

Nah, jika anda berdomisili di luar kota Malang, lantas berapa budget yang harus dikeluarkan untuk Travel Malang Surabaya termasuk Bromo? Berikut adalah tips untuk berwisata ke kawasan tersebut dengan asyik dan tentunya biaya lebih terjangkau. Sebagai catatan, informasi seputar harga tidak disampaikan secara detail mengingat perubahan harga sewaktu-waktu dapat terjadi.

Gambaran Transportasi

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Bromo. Termasuk menjelajah dengan Sewa Jeep Bromo. Sebelum melakukan itu, tentu kamu harus tahu bagaimana gambaran transportasinya.

Sebagai contoh, jika kamu bertolak dari Stasiun Pasar Senen Jakarta, maka kamu harus memilih tujuan untuk menuju Stasiun Kota Malang. Pilihan moda transportasi jatuh pada Kereta Ekonomi Matarmaja. Jangan lupa bawa jaket. Meskipun hanya kelas Ekonomi, AC dalam gerbong kereta ini sudah cukup dingin terlebih perjalanan dilakukan pada malam hari.

Jika sudah tiba di Stasiun Kota Malang, kamu bisa lanjutkan perjalanan menuju Terminal Arjosari. Untuk bisa tiba di Arjosari cari angkutan umum Suzuki Carry berwarna biru seri AL dengan garis merah-putih.

Jika kamu memutuskan untuk sarapan terlebih dahulu, tidak jauh dari Stasiun banyak terdapat berapa kedai makan yang menjajakan makanan khas nan menggiurkan.

Setelah sampai di Terminal Arjosari Malang, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Terminal Bayuangga, Probolinggo. Kemudian, perjalanan dilanjutkan menuju Cemoro Lawang dengan kendaraan umum ELF.

Setelah tiba di Cemoro Lawang dan memilih Homestay, langkah yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan adalah mencari sewa Jeep. Untuk makan malam, ada banyak terdapat warung makan di Cemoro Lawang.

Bersiap Menuju Penanjakan 1

Perjalanan menikmati Bromo kamu mulai sekitar jam 3.30 pagi, dari Cemoro Lawang menuju Penanjakan 1. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian tebal, syal, topi, sarung tangan, dan pakaian penghangat lain.

Jika kamu tidak mempersiapkan perlengkapan tersebut dari keberangkatan, banyak pedagang yang menjajakan topi bertuliskan Bromo di kawasan Cemoro Lawang. Sedangkan bagi Anda yang lupa membawa jaket, Anda bisa menyewa jaket tebal di area penanjakan 1.

Untuk kamu umat muslim, tersedia pendopo di sekitar area penanjakan yang biasa digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan Shalat Subuh berjamaah.

Tips, jika kamu biasa menjaga wudhu, maka berwudhulah di tempat penginapan karena kamu dapat berwudhu dengan kondisi suhu air yang dapat disesuaikan. Namun jika kamu harus berwudhu di area Penanjakan 1, di kawasan tersebut tersedia toilet umum atau tersedia juga tempat wudhu di samping pendopo.

Area penanjakan 1 adalah view point yang ramai dikunjungi wisatawan karena di tempat ini kita dapat menyaksikan sunrise.

Kamu akan disajikan pemandangan alam yang begitu memukau yang menjadikan setiap detik terasa begitu sangat berarti. Menikmati sunrise di sini terasa begitu spesial dan berbeda bila dibandingkan dengan view point lainnya. Sebab, area penanjakan 1 memiliki latar pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi dan Gunung Semeru di kejauhan.

Menuju Kawah Bromo

Perjalanan kemudian bisa kamu lanjutkan menuju Kawah Bromo. Namun sebelumnya, bagi kamu yang ingin sarapan terlebih dahulu, ada banyak kedai cemilan di area penanjakan 1 ini. Makanan yang dijajakan juga cukup bervariasi, seperti aneka wedang hangat, jagung bakar, pisang goreng, dan ketan.

Setelah tiba di tempat jeep parkir dekat area menuju kawah, kamu akan didatangi orang-orang penyedia kuda yang menawarkan jasa antar menuju kawah. Jasa antar kuda ini sebenarnya sangat membantu, karena sanggup membawa kamu naik gunung Bromo hingga ke anak tangga penanjakan. Namun kamu harus pintar menawar.

Pemandangan alam di kawah Bromo sangat menakjubkan. Di tempat ini kamu bisa bertafakur alam, mencoba memahami kebesaran Tuhan sang Maha Pencipta, yang sudah menciptakan alam semesta ini dengan segala keindahannya.

Untuk kamu yang belum puas, Anda dapat menambahkan perjalanan Anda menikmati keindahan Bukit Teletubies dan Pasir Berbisik. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menggunakan jasa kuda dengan biaya yang jauh lebih murah. Selamat menikmati waktu liburan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)