Ragu Gunakan Pinjaman KTA Sebagai Sumber Dana?

Saat ini telah beredar beragam jenis kredit yang bisa dipilih oleh nasabah, ragam jenis kredit inipun bisa digunakan oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan pinjaman dana. Contohnya saja seperti jenis kredit kendaraan, kredit rumah, kartu kredit yang ditawarkan oleh bank sebagai salah satu fasilitas untuk nasabahnya. Tak cukup hanya itu, masih ada pula kredit agunan lainnya. Masing-masing ragam kredit ini memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Namun pada dasarnya setiap produk yang ditawarkan oleh pihak bank bertujuan untuk membantu keuangan nasabahnya.

Kredit Tanpa Agunan sebut saja, merupakan salah satu produk pinjaman yang diberikan oleh bank untuk para nasabahnya. Namun, tidak seperti jenis kredit lain, kredit tanpa agunan ini memang merupakan jenis kredit yang paling mudah untuk diajukan, nilai pinjaman nya pun juga terbilang besar. Meskipun terdengar mencurigakan, namun produk pinjaman ini banyak juga yang berminat. Apabila Anda ragu untuk menggunakan pinjaman KTA, simak ulasan berikut.

KTA memiliki berbagai keuntungan bagi nasabahnya, diantara nya:

1. Waktu Pencairan Dana Cepat

Prose kredit yang diberikan oleh bank sering kali dianggap lama dan cukup ribet. Namun berbeda dengan KTA, pinjaman satu ini membutuhkan waktu yang tidak lama. Untuk pengajuan pinjaman ini rata-rata lembaga keuangan mematok waktu pencairan dana sekitar 1 minggu. Namun ada pula yang bisa memberikan dana dalam kurun waktu hanya 3 hari. Jangka waktu proses hingga pencairan dana yang cepat menjadi salah satu keuntungan bagi nasabah KTA, mengingat pinjaman ini tidak mempunyai surat berharga atau aset yang harus dijadikan jaminan. Selain itu proses pengajuan pinjaman ini juga tidak memerlukan proses survei seperti kebanyakan pinjaman atau kredit.

2. Pengajuan Aplikasi yang Mudah

Tidak hanya proses pencairan dana yang cepat serta tidak adanya survei. Produk KTA ini juga memiliki proses pengajuan yang cepat dan mudah. Secara umum jika ingin mengajukan pinjaman, calon nasabah harus memiliki kartu kredit dari bank resmi yang telah disetujui oleh Bank Indonesia. Untuk nasabah perbankan, Anda bisa memilih dua proses pengajuan KTA, yaitu KTA manual dan KTA elektronik.

Untuk KTA Manual, nasabah hanya perlu mengunjungi bank bersangkutan dan membawa semua dokumen yang berkaitan dengan syarat pengajuan KTA. Setelah itu nasabah tinggal mengisi formulir yang akan diberikan dan mengisi data dengan benar.

Sedangkan untuk KTA elektronik, nasabah juga hanya perlu mengisi formulir yang bisa diakses secara online dan kemudian mengunggah semua file dokumen yang bersangkutan. Proses pengajuan ini terhitung lebih singkat dan praktis dibandingkan dengan KTA manual.

3. Jangka Tenor Cicilan Terbilang Lama

Setiap jenis kredit memiliki tenor kredit yang berbeda pula. Misalnya saja, untuk kredit rumah biasanya akan memiliki jangka waktu tenor cicilan antara 10 tahun hingga 15 tahun. Sedangkan untuk kredit lainnya seperti kredit kendaraan ataupun kartu kredit biasanya hanya sekitar 2 tahun.

Namun, tidak demikian untuk kredit tanpa agunan. Untuk kredit tanpa agunan bank biasanya memberikan jangka tenor cicilan yang terbilang cukup lama. Tenor cicilan yang biasanya diberikan antara 2-3 tahun seperti KTA Permata Bank. Tenor cicilan yang lama ini bertujuan untuk meringankan beban cicilan bagi nasabah. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa waktu cicilan yang lama berarti persentase bunga yang harus dibayarkan akan lebih besar akhirnya.

4. Hampir Tidak Ada Beban Pelunasan

Selain tenor cicilan yang terbilang lama, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari Kredit Tanpa Agunan adalah tidak adanya beban pelunasan. Jadi apabila Anda ingin melunasi pinjaman sebelum waktu pinjaman yang disepakati tiba, maka Anda bisa langsung melunasi pinjaman tersebut, tanpa ada beban pelunasan seperti jenis kredit lain yang ada denda pelunasan lebih awal.

Namun ada baiknya untuk memastikan langsung kepada bank penyedia kredit berapa biaya yang harus Anda bayar apabila melunasi kredit tanpa agunan sebelum waktunya. Pasalnya setiap bank masing-masing akan memiliki kebijakan sendiri mengenai perhitungan biaya, denda dan lain-lain untuk pelunasan ini.

5. Plafon Pinjaman Besar

Bukan hal yang rahasia jika kredit dengan agunan pada umumnya memang memiliki plafon pinjaman yang cukup besar. Tergantung dari besarnya nilai appraisal asset dari aset yang dijaminkan. Pada kredit tanpa agunan seperti judulnya tidak ada aset yang dijaminkan, namun memberi plafon pinjaman yang besar, tentu menjadi daya tarik dan kemudahan bagi calon nasabah. Beberapa bank bahkan ada yang berani memberikan nilai plafon pinjaman untuk kredit tanpa agunan ini dengan jumlah yang hampir sama dengan kredit yang mewajibkan agunan.

Itulah beberapa keuntungan yang dimiliki jika mengajukan pinjaman KTA. KTA memang mempunyai banyak kelebihan yang menjadikannya primadona dalam bidang kredit. Tentunya produk ini ada untuk membantu Anda para nasabah.

Demikian untuk artikel ini semoga bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan pengajuan kredit. Semoga sukses.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)