Chubb Life Indonesia Strategi Untuk Dunia Pasca Pandemi

Di tengah situasi pandemi, PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia) tetap hadir memberikan layanan terbaik untuk nasabah Indonesia. Sejumlah prestasi dan inovasi pun berhasil ditorehkan.

Pandemi Covid-19 memang telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor bisnis, termasuk industri asuransi yang secara umum juga mengalami penurunan kinerja. Namun, realitas itu tampaknya tak menyurutkan semangat tim manajemen (Chubb Life Indonesia) untuk terus secara aktif hadir di pasar Indonesia, berkarya, dan lincah beradaptasi dengan situasi terkini. Di tengah pandemi, perusahaan asuransi ini tetap agresif mengembangkan produk dan layanannya dengan sejumlah inovasi untuk memuaskan nasabah. Tak mengherankan, kinerja perusahaan ini tetap positif di era yang sulit ini.

“Asuransi masih menjadi hal penting dan esensial yang harus dimiliki semua keluarga di Indonesia, karena itu kami tetap fokus menyediakan produk dan layanan terbaik terutama di masa di mana asuransi menjadi sangat dibutuhkan.” Kumaran Chinan, Presiden Direktur Chubb Life Indonesia menjelaskan.

Situasi pandemi dan cepatnya dinamika pasar menjadi tantangan tersendiri, namun demikian Kumaran meyakini, perusahaannya akan bisa melewatinya dengan baik. Dikarenakan kemampuan yang baik dari seluruh tim dalam menjalankan nilai-nilai dan budaya kerja Chubb Life Indonesia guna menjalankan strategi dan mencapai visi perusahaan untuk dunia pasca pandemi.

Salah satu nilai yang ditanamkan Chubb Life Indonesia yang paling mendasar adalah cara pandang dalam memberikan pelayanan. “Kami selalu mengutamakan nasabah kami. Hal ini menjadi dasar setiap tindakan kami dalam seluruh proses bisnis,” terang Kumaran. Orientasi pada nasabah itu tampak melalui bentuk respon Chubb Life Indonesia dalam menyikapi pergeseran kebiasaan konsumen di era digital dan juga perubahan market karena pandemi. Perusahaan ini sigap menjawab kebutuhan konsumen dengan melakukan  transformasi proses bisnis dan produk untuk memberikan kenyamanan dan kecepatan layanan ke konsumen.

Kumaran memberikan contoh, karena di era ini nasabah membutuhkan hal-hal yang cepat dan praktis, Chubb Life Indonesia banyak melakukan digitalisasi dan otomatisasi produk dan layanan. “Kami mengembangkan berbagai fitur layanan nasabah seperti eClaim, dan gateway pembayaran, serta meningkatkan pengalaman nasabah ke layanan online melalui omnichannel,” ia menjelaskan. Contoh lainnya untuk memudahkan para agen dan nasabah, sudah dikembangkan eSmart dengan fitur menarik, yakni pengiriman melalui digital (100% digital submission), Customer diberikan kesempatan melakukan pemeriksaan secara digital terhadap PPAJ nya (Customer Self Review), dan perlindungan keamanan data yang sesuai dengan standar keamanan data yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Selain aspek orientasi ke nasabah, Chubb Life Indonesia juga memiliki budaya kerja yang diyakini akan membantu perusahaan untuk berkinerja semakin solid di era yang penuh tantangan ini. Dalam hal ini ada lima nilai dalam budaya Chubb, yakni Integrity, Focus, Respect, Excellence, dan Teamwork. Nilai “Excellence” misalnya, akan mendorong karyawan untuk selalu mencoba berkinerja di level tertinggi. Sedangkan nilai “Teamwork” akan memacu karyawan untuk saling berkomunikasi dan berkolaborasi untuk membuahkan hasil terbaik.

Kumaran Chinan-
Presiden Direktur Chubb Life Indonesia

Kumaran menjelaskan, nilai-nilai tersebut akan terus didorong dan diterapkan pada setiap proses bisnis Chubb Life Indonesia, termasuk dalam formulasi produk, proses rekrutmen, juga dalam keseharian para karyawan dalam bekerja. “Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa agen dan karyawan baru memiliki pemahaman yang terinternalisasi, dan mampu menghadirkan pengalaman terbaik kepada nasabah,” kata Kumaran.

Di masa pandemi, salah satu nilai yang terus ditekankan oleh manajemen Chubb Life Indonesia adalah ketangguhan dan kemampuan beradaptasi. Selama pandemi, Chubb meluncurkan Chubb Strong agar tim Chubb Life Indonesia tetap aktif hadir di masa sulit ini. “Chubb Strong adalah cara kami menanamkan budaya dan semangat ‘can-do’ (bisa melakukan).  Di Chubb, kami membuat cerita, komentar, gambar, dan contoh kehidupan nyata yang memperlihatkan bagaimana kami menemukan cara baru untuk bekerja, melayani nasabah dan mitra bisnis, serta bagaimana kami mendukung dan menjaga satu sama lain,” Kumaran menjelaskan.

Kumaran juga menyoroti bagaimana Chubb Life Indonesia akan  merangkul budaya Bekerja Dari Rumah (WFH) sebagai bagian dari keseharian dunia pasca pandemi  “Sejauh ini, kami telah berhasil mendukung kesejahteraan karyawan kami sembari tetap memastikan semua orang tetap fokus pada kinerja yang unggul. Hal ini dapat tercapai berkat persiapan menyeluruh dari tim kami dan penerapan otomatisasi kerja dari berbagai platform dan aplikasi yang dirancang untuk mendukung efektivitas kerja tim. Setiap tim memiliki fleksibilitas untuk membuat format virtual briefing untuk memastikan kinerja tetap terjaga meskipun bekerja dari jarak jauh. ”

Sejak menjadi Presiden Direktur Chubb Life Indonesia dari April 2020 lalu, Kumaran berusaha menerapkan model kepemimpinan leading by example, artinya ia akan menunjukkan perilaku terbaik untuk diikuti timnya. Sebagai pemimpin ia juga memperhatikan kesejahteraan karyawan, terutama saat terjadi pandemi. Ia menjelaskan, bagi Chubb Life Indonesia, setiap karyawan dan agen adalah aset berharga. Oleh karena itu, di saat pandemi manajemen Chubb Life Indonesia membuat sejumlah program untuk mendukung kesejahteraan fisik dan mental karyawan salah satunya melalui Employee Assistance Program (EAP) dengan menunjuk konsultan khusus untuk seluruh karyawan beserta keluarganya secara gratis.

“Kami juga mengadakan berbagai webinar untuk memberikan pelatihan kepemimpinan dan ketahanan diri karyawan. Chubb Life Indonesia memprioritaskan keselamatan karyawan dan keluarga dengan segera mengimplementasikan WFH. Kami terapkan Business Continuity Plan sehingga karyawan dapat bekerja dengan aman dari rumah dan operasional perusahaan tidak terganggu,” paparnya.

Kumaran juga selalu tertarik dengan perkembangan diri setiap karyawan dan mendorong mereka untuk menginvestasikan waktu, terus belajar dan terus mengikuti perkembangan industri terkini karena lanskap bisnis asuransi yang terus berubah. Selain itu, ia pun mendorong karyawan untuk terus memperbaiki diri dengan pengetahuan perkembangan perilaku nasabah dan apa saja yang dilakukan kompetitor, agar mampu memberikan pengalaman dan produk terbaik bagi nasabah.

Kumaran yang memiliki pengalaman 30 tahun di industri  asuransi  ini optimis masa depan Chubb Life di Indonesia ke depan sangat cerah. Pasalnya, pihaknya akan terus memberikan solusi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, termasuk dengan melakukan berbagai otomasi proses bisnis dan layanan. “Nasabah kini membutuhkan hal-hal yang cepat dan praktis. Kami menjawab tantangan tersebut dengan merangkul teknologi dan membangun platform otomasi untuk memudahkan agen dan nasabah,” ungkap Kumaran.

Ke depannya, memasuki usia ke-35 tahun, Chubb Life Indonesia akan semakin memperkuat kehadirannya di Indonesia, Chubb Life Indonesia juga akan semakin aktif mengembangkan proses, budaya, dan inovasi bisnis berbasis digital. Pihaknya pun berencana mengembangkan berbagai program untuk nasabah dan agen, serta memperluas jaringan distribusi dengan menggandeng mitra dari kalangan bank, multifinance, serta affinity & digital business partner. Di lain sisi, agar semakin dekat dengan konsumen, pihaknya akan semakin aktif mengedukasi mereka mengenai manfaat dan pentingnya asuransi bagi kehidupan, termasuk ke generasi milenial.§

Chubb Life Indonesia, terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)