Deposito Valas Jadi Instrumen Pelindung Rupiah Dari Fluktuasi Akibat Pandemi

Sejak pandemi Covid melanda Indonesia pada awal 2020 lalu, nilai mata uang Rupiah terus berfluktuasi. Bahkan nilai mata uang rupiah terhadap dolar sempat menyentuh Rp 16.000 pada akhir bulan Maret 2020. Meskipun perlahan Rupiah pulih dan menguat tetapi fluktuasinya tetap berulang. Ditengah kondisi seperti itu, salah satu instrumen investasi yang menjadi pilihan investor adalah deposito valuta asing atau valas. Instrumen ini dipilih karena kemampuannya melindungi investasi terhadap jatuhnya nilai Rupiah.

Deposito valas adalah deposito berjangka dalam berbagai pilihan mata uang asing. Karena sifatnya berjangka, maka penarikan atau pencairan dana pada deposito valas dilakukan pada jangka waktu tertentu sesuai perjanjian antara nasabah dan bank.

Selain sebagai pelindung nilai Rupiah terhadap fluktuasi nilai tukar, ada beberapa hal lagi yang menjadi kelebihan deposito valas.  Pertama, tingkat bunga memikat dibanding tabungan konvensional karena bank akan memberikan bunga deposito sesuai nilai dan tenornya. Kedua, jangka waktu investasi fleksibel, dengan begitu perencanaan keuangan dapat berjalan dengan mudah dan lancar. Ketiga, menjadi pilihan yang cocok bagi anda yang mendapatkan penghasilan (gaji atau hasil bisnis) dalam dolar atau mata uang asing lainnya.  Dari pada menukar valas ke rupiah, lalu disimpan dalam bentuk tabungan, malah akan tergerus inflasi.

Salah satu yang menyediakan deposito valas adalah digibank by DBS Bank dimana digibank merupakan digital banking dari Bank DBS Indonesia yang dapat diakses 24/7 sehingga kapanpun kita mau membuka rekening valas ataupun deposito valas semuanya dapat dilakukan tinggal klik di aplikasi tanpa harus ke cabang.

Di aplikasi digibank, nasabah bisa membuka rekening valas ataupun deposito valas dengan 10 mata uang asing:  USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY & NZD. Penempatannya mulai dari US$ 100 dengan bunga kompetitif, dan tenor 1-12 bulan. Deposito valas dari digibank by DBS ini juga bisa menjadi salah satu diversifikasi investasi khususnya untuk investasi dollar.

Kemudahan layanan lewat aplikasi ini juga tentu sangat tepat dengan kondisi kita yang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dan mengurangi aktivitas keluar rumah. Karena dengan Aplikasi digibank by DBS kita tetap bisa mengelola & mengembakan keungan kita dengan berinvestasi meski pandemi belum membaik.

Dan apabila ada sejumlah rencana yang tertunda akibat pandemi, misalnya liburan ke luar negeri atau membuka bisnis baru seperti eksport import, inilah saat yang tepat untuk Anda menyimpan uangnya dalam deposito valas sehingga tetap bisa menghasilkan dan nilainya terlindung.

Untuk informasi lengkapnya bisa diperoleh di go.dbs.com/depositovalas

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)