Deretan Alasan Kenapa Jeep Rubicon Jadi Andalan Saat Off-Road

Jeep merupakan salah satu mobil legendaris di dunia yang telah ada sejak tahun 1941. Lucunya, di Indonesia apalagi untuk anak-anak generasi 90-an, Jeep identik dengan mobil penculik. Padahal hal tersebut sangat salah kaprah. Ini merupakan mobil yang bisa dibilang sangat tangguh di segala medan, baik itu di tempat berlumpur atau jalan raya.

Sekarang ini, merek Jeep yang banyak melenggang di jalan raya dan lokasi off-road adalah Wrangler Rubicon. Tidak hanya desainnya saja yang mempesona, mobil memiliki habitat di medan-medan yang sulit. Ada banyak alasan kenapa Rubicon sangat diandalkan untuk off-road.

1. Mesin Jauh Lebih Besar

Berbagai Jeep Rubicon dibekali dengan mesin yang buas di jalanan non aspal. Misalnya saja untuk generasi yang baru keluar awal tahun 2021 dibekali dengan mesin 2.0 Direct Injection Turbo with Etorque dengan 8 percepatan. Mesinnya 2.000 cc 4 silinder dengan daya 270 daya kuda dengan torsi maksimal 400 Nm. Masih sangat tangguh untuk berbagai medan off-road.

Sementara itu untuk Jeep Rubicon 392 2021 dibekali mesin V8, dengan 470 daya kuda plus 637 Nm. Angka-angka tersebut tentunya lebih besar dibandingkan mobil yang digunakan untuk jalanan aspal. Setiap variasi Jeep memiliki mesin yang berbeda-beda tergantung dengan tipenya. Jadi tinggal cari saja mana yang paling cocok untuk off-road.

2. Ban Garang di Area Off-Road

Mesinnya memang memiliki habitat di areal off-road, begitu pula dengan desain dari ban. Anti selip di tempat-tempat yang licin, garang di area berpasir, bahkan di wilayah yang memiliki banyak air pun bisa diandalkan. Bentuk bannya sendiri memiliki banyak gerigi, tebal, dan besar. Karena itulah, ini menjadi tunggangan yang tepat di segala medan. Pun jika digunakan di jalanan aspal pun bisa berjalan dengan sangat lancar.

3. Dilengkapi Kaca Gorilla Glass

Semakin mendukung berbagai aktivitas off-road, vendor dari Jeep Rubicon terus berinovasi. Kerikil dan bebatuan yang ada di medan berat tidak hanya terkena pada body mobil yang terbuat dari besi saja, namun juga bisa mengenai kaca. Guna mencegah kaca pecah saat aktivitas off-road, sekarang Jeep dilengkapi dengan Gorilla Glass.

Mungkin selama ini Anda banyak mendengar Gorilla Glass untuk smartphone, ini juga bisa dimanfaatkan ke mobil. Dengan kaca tersebut, pengalaman off-road akan tambah menyenangkan. Tidak akan ada lagi retak-retak kecil yang membahayakan.

Jangan salah ya, retak-retak kecil akibat kerikil itulah yang kerap kali mengakibatkan kaca jadi pecah. Apalagi ditambah dengan berbagai guncangan di medan yang berat. Dikhawatirkan, pecahan kaca tersebut akan mengenai anggota tubuh sang pengemudi dan penumpang di dalamnya.

4. Lampu Menyala Otomatis

Jeep Rubicon ini memiliki banyak sekali keunggulan yang bisa dibanggakan. Tak salah jika harganya bisa cukup menguras isi kantong. Contoh lainnya fitur yang terdapat pada lampu mobil. Baik itu untuk high atau low beam sudah mengadaptasi sistem otomatis. Jadi jika berada di area yang minim cahaya, bisa menyesuaikan.

Sementara jika Anda berada di wilayah berkabut juga sudah ada lampu kabut berbasis LED. Medan-medan untuk off-road tidak hanya jalanannya saja yang menantang, namun tidak jarang iklim atau cuaca di sekitar juga menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika menjelang sore atau pagi buta.

5. Fitur-fitur Unggulan Off-Road

Jeroan dari Jeep Rubicon ini memang pantas diunggulkan, namun fitur-fitur off-roadnya tidak boleh diremehkan begitu saja. Banyak sekali fitur yang mempermudah aktivitas off-road. Misalnya saja ada fitur Select-Speed Control yang bisa membuat mobil makin lincah bermanuver di areal off-road.

Sementara untuk fitur Command Track 4x4 bisa digunakan untuk bermanuver off-road di berbagai cuaca. Kemudian untuk fitur hiburan, mobil satu ini telah dibekali dengan Uconnect 4 C NAV layar 8,4 inci.Bisa terkoneksi dengan Apple Carl Play atau Android Auto. Sistem audio-nya juga unggulan, Anda bisa mendengarkan musik dengan menyenangkan.

Tidak kalah penting dari sebelum-sebelumnya, Anda juga perlu mengetahui fitur keamanan yang ditawarkan oleh Rubicon. Banyak sekali fitur keselamatan, jumlahnya bahkan sampai puluhan. Contohnya saja ada empat kantong udara, Tire Pressure Monitoring System, Park View Rear Camera, dan lain-lainnya.

6. Memiliki Struktur yang Kokoh

Body dan desain dari Jeep Rubicon ini sendiri bisa dibilang sangat kokoh. Andalan untuk berbagai medan susah. Bahkan digunakan di berbagai pelosok Indonesia pun masih sangat direkomendasikan. Sebagai informasi, mayoritas dari bagian dalam mobil ini dibuat dari besi yang membuat bobot dari Jeep Rubicon mencapai 2 ton.

Versi yang lebih baru, Rubicon memiliki bobot yang lebih ringan dengan penggabungan beberapa material baru. Seperti halnya magnesium dan aluminium. Di rangka kaca bagian depan, pintu, engsel, dan lain-lain. Meski dikurangi beratnya tetap membuat mobil ini sangat aman untuk off-road.

Miliki Jeep Rubicon jika Anda sangat gemar melakukan off-road di berbagai medan berat. Jika masih menabung, bisa dilihat berbagai spesifikasi, keunggulan serta harganya di Blibli. Ada official store yang mempermudah pemesanan Jeep Rubicon yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)