EQUINE TECHNOLOGIES GROUP Menjadi Icon di Industri TI melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Teknologi

Lahirnya revolusi Industry 4.0 ditandai dengan penggunaan teknologi secara masif. Era ini memaksa perusahaan untuk berinovasi sejalan dengan perkembangan teknologi agar dapat bersaing dan bertumbuh. Kemampuan inilah yang dimiliki oleh Equine Technologies Group (EQUINE), sebuah grup perusahaan penyedia solusi dan jasa di bidang Teknologi Informasi (TI). Eko Heryanto, CEO Equine Technologies Group menjelaskan EQUINE yang berdiri sejak tahun 2011, dibangun berlandaskan pada 3 idealisme. Pertama, industri TI merupakan industri dengan pasar yang tidak pernah mengalami penurunan, bahkan grafiknya terus menanjak dari tahun ke tahun. Kedua, perkembangan pasar mid-market di Indonesia yang sangat besar. Dan ketiga adalah pengelolaan potensi sumber daya manusia sebagai aset utama industri TI.

Diawali dengan 5 orang karyawan dengan satu entitas bisnis, kini EQUINE memiliki 4 entitas bisnis utama dengan 800 karyawan. EQUINE mentargetkan akan mencapai 1000 karyawan pada tahun 2020.  People menjadi aset terpenting yang kami miliki,” ujarnya menegaskan.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar akan sumber daya manusia yang berkualitas, EQUINE membangun Xsis Academy, yaitu lembaga pelatihan yang di khususkan untuk para lulusan yang ingin berkarir di industri TI. “Kami berusaha untuk menjembatani antara pendidikan dan kebutuhan industri yang selama ini memiliki gap yang cukup lebar. Awalnya kami melakukan rekrutmen di kampus-kampus lalu diberikan pelatihan selama beberapa bulan. Setelah lulus mereka akan menjadi profesional yang mengantongi sertifikasi bertaraf internasional. Para lulusan ini kemudian di tempatkan di proyek-proyek Equine Technologies Group.”

PT. Xsis Mitra Utama, sebagai pemilik brand Xsis Academy,  merupakan salah satu dari 4 entitas bisnis EQUINE. 3 bisnis lain yang saat ini tengah dijalankan adalah PT. Equine Global, yakni perusahaan yang menawarkan solusi di bidang IT Consulting yang mencakup IT strategic, IT operation dan IT risk & security. Selain itu, PT. Equine Global juga memiliki bisnis penyedia aplikasi dan jasa ERP SAP, yang saat ini sudah mencapai SAP Gold Partner level.

Entitas bisnis yang ketiga adalah PT. Optima Data Internasional dengan bisnis utamanya  sebagai penyedia aplikasi Oracle, termasuk beberapa aplikasi yang banyak diminati seperti Oracle NetSuite, Oracle Fusion Cloud, Oracle Transportation dan Customer Experience. Sementara itu, entitas terakhir yang dimiliki EQUINE  yakni PT. Niagaprima Paramitra, yaitu perusahaan penyedia solusi dan layanan IT infrastructure, Network & Security, serta Big Data/analytic solution. Selain itu beberapa solusi aplikasi bisnis seperti Infor dan Board, dan solusi manajemen aset Maximo dan Hardcat.

Sutanto Tanuwijaya, Direktur Equine Technologies Group, mengatakan bahwa berjalannya bisnis EQUINE ditunjang dengan sales management, project management, dan management review yang dilakukan secara rutin. “Atas konsistensi kerja kami dalam menjamin kualitas dan mutu layanan, ETG telah berhasil mendapatkan beberapa  penghargaan, antara lain  SAP Innovation Partner of the Year 2017, Oracle Partner of the Year 2017 for ODP Cloud Application & HCM Cloud, dan TOP IT Consulting 2015 Award dari Asosiasi Perusahaan Konsultan Dan Telematika Indonesia (ASPEKTI)”, ujar Sutanto.

Hendra Kusumawidjaja, Direktur Equine Technologies Group, mengatakan untuk menjawab tantangan persaingan yang semakin ketat, serta menjawab kebutuhan pelanggan, EQUINE telah dan akan selalu mengikuti perkembangan TI dunia. Misalnya dengan penyediaan solusi cloud, machine learning, Big Data, dan  Internet of  Things (IoT). “Bidang IoT dan machine learning saat ini sedang booming, dan kami tentunya tidak ingin ketinggalan. Saat ini kami tengah menjajaki kerjasama dengan beberapa pemain TI kelas dunia untuk mengadopsi dan mengimplementasikan solusi Cloud,  IoT dan machine learning ke beberapa konsumen kami di industri seperti finance, plantation dan manufacturing. Tak terkecuali, kami sedang melihat peluang kerjasama di bidang fintech dan block chain.” ujar Hendra. Rencana tersebut merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk bisa menjadi yang terbaik dan tetap sejalan dengan perkembangan teknologi informasi di era Industry 4.0 ini. 

 

“For more than 6 years, EQUINE GLOBAL has always becoming one of the top SAP technologies adopting partners for their remarkable achievement especially in professionalism, expertise, and business growth. They also could deliver the best implementation and support to the customers. For that, SAP Indonesia awarded EQUINE GLOBAL as The Best Innovation Partner of the Year of 2017. I am proud of EQUINE GLOBAL. “

Andreas Diantoro, Managing Director of SAP Indonesia

Thanks to OPTIMA DATA INTERNASIONAL as one of our most reliable ORACLE Application Business Partners for best support in delivery our solution to our customers with great knowledge and capability in business process and ORACLE technology”

Iman Muhammad, Senior Director of ORACLE Application Indonesia

“As an IT Provider and Consultant, EQUINE GLOBAL shows its excellent capabilities, strong professionalism and commitment to achieve the best quality of implementation services and customer satisfaction.”

Rika Juniaty, CFO of Dwidaya World Wide Group

“OKE. Full support dan bisa jadi pilihan untuk perusahaan yang mencari partnership strategis jangka panjang”

Donny Fernando, IT General Manager of Vivere Group

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)