EQUINE TECHNOLOGIES GROUP Menjadi Icon di Industri TI melalui Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Teknologi

Lahirnya revolusi Industry 4.0 ditandai dengan penggunaan teknologi secara masif. Era ini memaksa perusahaan untuk berinovasi sejalan dengan perkembangan teknologi agar dapat bersaing dan bertumbuh. Kemampuan inilah yang dimiliki oleh Equine Technologies Group (EQUINE), sebuah grup perusahaan penyedia solusi dan jasa di bidang Teknologi Informasi (TI). Eko Heryanto, CEO Equine Technologies Group menjelaskan EQUINE yang berdiri sejak tahun 2011, dibangun berlandaskan pada 3 idealisme. Pertama, industri TI merupakan industri dengan pasar yang tidak pernah mengalami penurunan, bahkan grafiknya terus menanjak dari tahun ke tahun. Kedua, perkembangan pasar mid-market di Indonesia yang sangat besar. Dan ketiga adalah pengelolaan potensi sumber daya manusia sebagai aset utama industri TI.

Diawali dengan 5 orang karyawan dengan satu entitas bisnis, kini EQUINE memiliki 4 entitas bisnis utama dengan 800 karyawan. EQUINE mentargetkan akan mencapai 1000 karyawan pada tahun 2020. People menjadi aset terpenting yang kami miliki,” ujarnya menegaskan.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar akan sumber daya manusia yang berkualitas, EQUINE membangun Xsis Academy, yaitu lembaga pelatihan yang di khususkan untuk para lulusan yang ingin berkarir di industri TI. “Kami berusaha untuk menjembatani antara pendidikan dan kebutuhan industri yang selama ini memiliki gap yang cukup lebar. Awalnya kami melakukan rekrutmen di kampus-kampus lalu diberikan pelatihan selama beberapa bulan. Setelah lulus mereka akan menjadi profesional yang mengantongi sertifikasi bertaraf internasional. Para lulusan ini kemudian di tempatkan di proyek-proyek Equine Technologies Group.”

PT. Xsis Mitra Utama, sebagai pemilik brand Xsis Academy, merupakan salah satu dari 4 entitas bisnis EQUINE. 3 bisnis lain yang saat ini tengah dijalankan adalah PT. Equine Global, yakni perusahaan yang menawarkan solusi di bidang IT Consulting yang mencakup IT strategic, IT operation dan IT risk & security. Selain itu, PT. Equine Global juga memiliki bisnis penyedia aplikasi dan jasa ERP SAP, yang saat ini sudah mencapai SAP Gold Partner level.

Entitas bisnis yang ketiga adalah PT. Optima Data Internasional dengan bisnis utamanya sebagai penyedia aplikasi Oracle, termasuk beberapa aplikasi yang banyak diminati seperti Oracle NetSuite, Oracle Fusion Cloud, Oracle Transportation dan Customer Experience. Sementara itu, entitas terakhir yang dimiliki EQUINE yakni PT. Niagaprima Paramitra, yaitu perusahaan penyedia solusi dan layanan IT infrastructure, Network & Security, serta Big Data/analytic solution. Selain itu beberapa solusi aplikasi bisnis seperti Infor dan Board, dan solusi manajemen aset Maximo dan Hardcat.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)