Temukan Tujuan Karirmu sebelum Mencari Info Lowongan Kerja

Dalam mencari pekerjaan ada bagusnya mempunyai tujuan yang jelas terlebih dahulu. Tujuan karir yang sudah ditentukan dari awal akan membantu memotivasi anda dalam bekerja.

Forbes menulis bahwa ada 2 tahapan kehidupan dalam menentukan karir, tahap eksploratif dan tahap pembentukan. Tahap eksploratif dimulai dari umur 14-24. Pada umur tersebut manusia cenderung masih mencoba segala hal, dari hobi, kelas yang diambil saat kuliah hingga pengalaman bekerja. Sedangkan tahapan pembentukan yang dimulai dari umur 24-44 mempunyai tanggung jawab dan tugas yang lebih besar terutama saat terjun di dunia kerja.

Pada tahap pembentukan biasanya manusia harus lebih mengenal kultur kerja dan cara membangun sikap positif pada lingkungan kerja. Kedua tahapan tersebut akhirnya membantu kita mendapat kekuatan yang profesional dan referensi untuk bekerja.

Dalam mencari info lowongan kerja, kedua tahapan tersebut dapat kita adaptasikan. Semua pengalaman dan tanggung jawab yang kita lalui akan membentuk pandangan kita terhadap masa depan. Sehingga, ketika melihat info lowongan kerja, kita sudah mempunyai gambaran akan karir seperti apa yang ingin kita geluti.

Sebenarnya apa sih pentingnya menentukan tujuan karir? Selain untuk memotivasi kita untuk meraih jenjang karir ternyata mempunyai tujuan karir berguna untuk hal lainnya.

Membantu Mengenal Potensi Diri

Menentukan tujuan karir dapat membantu mengenal potensi dalam diri anda. Jika sebelumnya anda belum mengetahui apa tujuan karir anda, pekerjaan yang dijalani sekarang bisa saja belum sesuai potensi diri. Dengan mengenal potensi diri, itu akan membantu anda berkembang di karir yang anda ingin geluti.

Membantu Menganalisis Kultur Kerja

Ketika sudah memiliki tujuan karir, anda akan lebih gampang menganalisa kultur sebuah perusahaan yang anda tuju. Anda akan mempunyai gambaran seperti apa flow kerja dan jobdesc anda. Sehingga ketika melihat sebuah info lowongan kerja, anda sudah bisa mengeliminasi pekerjaan apa yang ingin anda lamar.

Untuk Meraih Jenjang Karir

Saat mencari info lowongan kerja, anda harus memikirkan adakah kesempatan anda untuk meraih jenjang karir yang lebih besar. Jika anda belum fokus dalam tujuan karir, akan lebih susah merencanakan karir hingga tahun-tahun berikutnya. Dengan tujuan karir yang jelas dan perkembangan jenjang karir yang bagus, anda bahkan bisa merancang keuangan untuk beberapa tahun sekaligus.

Ada beberapa tips untuk menentukan karir anda:

  1. Menentukan Target yang Jelas

Sebelum mencari info lowongan kerja, pastikan anda sudah membayangkan ada dimana anda beberapa tahun kedepan. Jadikan target anda itu sebagai kompas karir anda. Beberapa situs pencarian kerja biasanya juga membantu mencarikan referensi pekerjaan yang sesuai target anda

  1. Persiapkan Diri

Mempersiapkan diri sebelum mengisi aplikasi kerja penting agar pencari kerja dapat menjalani tanggung jawab saat bekerja nanti. Jika anda sudah siap menghadapi industri yang ingin anda geluti, nantinya akan lebih mudah untuk mengikuti flow kerja.

  1. Komitmen

Jika target dan diri sendiri sudah siap, anda harus komitmen dengan tujuan karir tersebut. Menunjukkan rasa komitmen dengan diri sendiri akan memudahkan anda untuk berkomitmen dengan pekerjaan anda di masa depan. Pastikan saat melihat info lowongan kerja, anda sudah yakin akan berkomitmen menjalani proses rekrutmen hingga sampai nantinya diterima.

Jika anda sudah menentukan karir anda mungkin bisa memulai mencari lowongan kerja. Anda bisa memulai dari mencari lowongan kerja secara online agar mempermudah akses pencarian kerja anda. Untuk anda yang sedang mencari pekerjaan, bisa mencoba program JobSearchisSelfLove dari Glints. Program ini memberikan hiring bonus untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan terbaik sesuai tujuan karir anda. Semoga tips di atas membantu anda mencari lowongan kerja impian anda.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)