Kesempatan Meraih Loyalitas Konsumen Produk dalam Kemasan

Pasar konsumen yang sedang berkembang di ASEAN menciptakan potensi besar bagi produk konsumsi dalam kemasan. Perusahaan harus berani dan bergerak cepat agar dapat menjaring konsumen baru.

Ryanto Marino, Managing Director, Products – consumer goods and automotive industries Ryanto Marino, Managing Director, Products – consumer goods and automotive industries

Menurut laporan Accenture, peningkatan konsumsi masyarakat yang didorong oleh peningkatan pendapatan individu serta urbanisasi memberikan peluang pengeluaran konsumen sebesar US$ 770 miliar di kawasan ASEAN dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagai salah satu yang mengalami pertumbuhan tercepat di dunia, perekonomian ASEAN diharapkan mencapai nilai US$ 3 triliun di tahun 2020. Accenture memprediksi bahwa dalam lima tahun mendatang terdapat 60 juta konsumen baru yang memiliki kemampuan membeli barang di luar kebutuhan pokok.

Pertumbuhan ini menunjukkan salah satu peluang terbesar di dunia untuk perusahaan consumer goods saat ini, dengan nilai konsumsi tambahan sebesar $770 miliar di tahun 2020, di mana Indonesia merupakan pasar terbesar pembelian produk konsumen dengan nilai pertumbuhan yang akan mencapai $613 miliar.

Selain pasar yang mengalami perubahan pesat, di saat yang bersamaan teknologi digital diharapkan mampu memberikan pengalaman berinteraksi yang dirancang lebih personal dengan pendekatan yang menarik. Nasihat terbaik yang bisa diberikan kepada perusahaan produk konsumsi dalam kemasan yang ingin memasuki kawasan ASEAN atau mengembangkan bisnisnya di pasar ASEAN dapat terangkum dalam empat kata – bergeraklah agresif, sekarang juga.

Kawasan ini memiliki pasar-pasar yang beragam – terdiri dari kota-kota besar dengan konsumen yang memiliki daya beli cukup tinggi, area urban baru, aneka budaya serta jaringan distribusi berlapis dengan data pasar yang minim – sehingga membuat perusahaan produk konsumsi dalam kemasan sulit untuk menjangkau pelanggannya secara efisien.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)