Berkenalan dengan P2P lending, investasi mulai Rp 100.000 dengan manfaat sosial

Kalau mendengar kata investasi, mungkin di benak kita terbayang para investor kakap yang memiliki uang berlebih-lebihan sehingga bisa disisihkan sebagiannya untuk membeli instrumen investasi. Tapi kini ada banyak cara berinvestasi yang tak membutuhkan modal besar ataupun keahlian khusus dalam membaca grafik pergerakan harga di pasar saham.

Kini hanya dengan Rp 100.000 saja, Anda sudah bisa berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang saat ini mulai banyak diminati yaitu investasi pada pinjaman peer to peer (P2P) yang bisa memberikan keuntungan lebih tinggi daripada bunga deposito bank pada umumnya.

Apa itu investasi pinjaman P2P atau P2P lending? Pada dasarnya, investor pada jenis investasi ini bertindak sebagai pemberi pinjaman. Pemberi pinjaman meminjamkan uang kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha mereka melalui perantara sebuah platform online yang memastikan keamanan transaksi. Pemberi pinjaman lalu akan menerima pembayaran kembali pokok pinjaman beserta sebagian dari bunga pinjaman sebagai keuntungan.

Investasi murah dan berdampak sosial

Salah satu platform P2P lending yang menawarkan investasi pada pinjaman usaha adalah MEKAR. Didirikan oleh Putera Sampoerna, platform MEKAR memberi kesempatan bagi investor di seluruh Indonesia untuk berinvestasi mulai dari Rp 100.000 saja dan mendapatkan keuntungan finansial serta menciptakan dampak sosial dengan investasi mereka.

Dalam menjalankan layanannya, MEKAR bermitra dengan empat koperasi besar yang membantu MEKAR dalam mencari peminjam dan menyalurkan dana pinjaman dari investor (disebut juga “funder”) kepada peminjam. Mitra penyalur pinjaman MEKAR juga bertanggung jawab dalam melakukan penagihan pinjaman kepada peminjam dan memastikan bahwa dana pinjaman yang disalurkan benar-benar membawa manfaat dan membantu mengembangkan usaha yang dijalankan oleh peminjam.

“Di sinilah bedanya model bisnis MEKAR dengan kebanyakan platform P2P lending lainnya. Di MEKAR, dana pinjaman yang disalurkan oleh funder digunakan untuk membiayai kegiatan yang sifatnya produktif dan bukan untuk tujuan konsumtif,”  kata Chief Operating Officer MEKAR, Pandu Aditya Kristy, di kantor MEKAR hari Kamis (7/2/2019) lalu.

Dengan cara ini, MEKAR memastikan bahwa peminjam memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengembalikan dana pinjaman kepada para funder agar funder bisa merasakan keuntungan finansial dari investasi mereka. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh funder yaitu mulai dari 7,18% per tahun atau lebih besar lagi. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan bunga deposito bank yang umumnya di kisaran 5%-6% saja per tahunnya.

Selain itu, funder di MEKAR juga membantu menciptakan dampak sosial yang positif. “Dengan mendanai pinjaman UMKM, berarti funder ikut mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia. Ini tentunya akan mendorong terciptanya lapangan kerja baru, meningkatkan perekonomian lokal dan memperbaiki taraf hidup para pelaku usaha,” ujar Pandu.

Chief Operating Officer MEKAR, Pandu Aditya Kristy, sebagai pembicara pada acara diskusi tentang investasi bagi milenial Indonesia yang diadakan di bulan Januari lalu di Jakarta.

Beramai-ramai mendanai UMKM Indonesia

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa investasi Rp 100.000 yang Anda tanamkan mampu membantu pelaku usaha kecil mengembangkan usaha mereka? Kalau Anda mengunjungi website MEKAR, Anda akan melihat bahwa pinjaman usaha yang dibutuhkan oleh peminjam besarnya dimulai dari kisaran Rp 1 juta sampai lebih dari Rp 10 juta. Nah, seorang funder di MEKAR bisa mendanai satu pinjaman secara penuh atau mendanai sebagian saja; sisanya bisa didanai oleh funder lainnya. Ini disebut juga sebagai pendanaan gotong royong atau bahasa kerennya crowdfunding.

Dengan menggunakan skema crowdfunding, seorang funder tidak perlu bermodal terlalu tinggi untuk bisa mendanai pinjaman di MEKAR. Ini berarti jika Anda memiliki modal investasi Rp 1 juta hingga Rp 2 juta, Anda bisa memecah modal investasi Anda untuk mendanai beberapa pinjaman. Dengan begitu, Anda bisa mendiversifikasi investasi Anda untuk meminimalisir risiko investasi.

Investasi dengan risiko rendah

Bagi investor, risiko adalah salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan investasi. Sebagai penyelenggara layanan P2P lending, sebuah industri yang masih terbilang baru di Indonesia, MEKAR memberi perhatian sangat tinggi dalam hal mitigasi risiko.

Langkah-langkah yang dilakukan MEKAR untuk meminimalisir risiko investasi bagi para funder dimulai dengan melakukan seleksi ketat bagi koperasi ataupun lembaga keuangan yang menjadi mitra penyalur pinjaman MEKAR. MEKAR hanya memilih lembaga yang sangat profesional dan kredibel serta mempunyai angka Non-Performing Loans (pinjaman bermasalah) yang sangat rendah yaitu di bawah 2%.

Selain itu, MEKAR juga melakukan seleksi bagi pinjaman yang bisa didanai melalui platform MEKAR. Hanya pinjaman produktif yang tidak pernah terlambat dibayarkan dan juga tidak pernah direstrukturisasi saja yang ditampilkan pada website MEKAR.

MEKAR juga memiliki berbagai strategi mitigasi risiko lainnya. Dengan melakukan hal-hal tersebut, terbukti MEKAR mampu meminimalisir risiko investasi bagi para funder. Hingga Februari 2019, pembayaran pinjaman kepada funder pun selalu dilakukan secara tepat waktu.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)