Merancang Tabungan Pensiun yang Mengakomodir Kebutuhan Karyawan

JovitaSeiring meningkatnya usia harapan hidup, tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup setelah pensiun terus bertambah. Merancang program pensiun sangat penting untuk mempertemukan keinginan karyawan terkait keamanan finansial di masa depan dengan kebutuhan pemberi kerja untuk mempertahankan bakat terbaik. Oleh karena itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan menyelenggarakan program jaminan pensiun yang wajib diikuti semua perusahaan sektor formal di Indonesia mulai 1 Juli 2015. Program ini akan melengkapi jaminan pensiun yang telah diterapkan di Indonesia, yaitu tunjangan hari tua dan pesangon.
Jovita Sadrach, Retirement Business Leader dari Mercer mengatakan, pemberi kerja harus dapat memberikan replacement ratio atau persentase tertentu dari gaji semasa bekerja yang memungkinkan karyawan pensiunan untuk tetap hidup secara layak. Sejumlah tindakan yang disarankan Mercer untuk memperbaiki sistem di Indonesia di antaranya menghitung perkiraan pendapatanan minimum/ layak bagi orang berusia lanjut, meningkatkan promosi akan pentingnya dana pensiun dalam angkatan kerja, memperbaiki regulasi / persyaratan untuk dana pensiun swasta, serta mengkaji kemungkinan penentuan / meningkatkan batas usia pensiun.

Sebagai konsultan yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di Indonesia, Mercer melayani jasa aktuaria bagi pemberi kerja untuk menghitung dana pensiun yang harus disiapkan setiap tahun. Selain itu, Mercer dapat membantu perusahaan dalam merancang sistem dana pensiun, mengkaji pengelolaan dana pensiun yang ada, mengganti dari satu sistem ke sistem lain, hingga melakukan komunikasi ke karyawan terkait perencanaan pensiunnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)