Kecerdasan Emosional Katalis Bagi Perkembangan Perusahaan

Andry Lie, Chief Operating Officer Andry Lie, Chief Operating Officer

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, faktor kecerdasan emosi menjadi semakin penting disamping kemampuan akademis. Bagaimana cara memanfaatkan kecerdasan emosional dan mengimplementasikannya?

Thomas J. Watson, CEO IBM pada tahun 1956-1971 merupakan salah satu tokoh pemimpin revolusioner. Saat salah seorang eksekutifnya melakukan kesalahan yang merugikan perusahaan jutaan dolar, beliau tidak memecat sebagaimana dikhawatirkan sang eksekutif. Thomas mengatakan “IBM baru saja menyekolahkan Anda senilai beberapa juta dolar – Saya tidak akan memecat Anda.” Hal seperti ini memerlukan kedewasaan dalam bersikap dan sebagai timbal baliknya, akan menimbulkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.

Aristoteles pernah mengatakan “Anybody can become angry - that is easy, but to be angry with the right person and to the right degree and at the right time and for the right purpose, and in the right way - that is not within everybody’s power and is not easy.”

Pemimpin yang sukses adalah mereka yang mampu mencapai target perusahaan dan pribadi melalui strategi bisnis dengan mengatur kinerja orang lain. Dalam kaitannya dengan kerja sama dengan timnya ini, seorang pemimpin harus mulai menyadari pentingnya Kecerdasan Emosional diri sebagai salah satu indikator tercapainya kesuksesan target perusahaan dan pribadi.

Kecerdasan Emosional dapat dimanfaatkan secara optimal bila kita terlebih dahulu mengetahui berbagai aspek yang terlibat dengannya. Beberapa aspek tersebut diantaranya adalah pemahaman emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, memahami emosi orang lain, dan mengatur emosi dalam hubungan dengan orang lain.

Lalu bagaimana kita dapat memahami secara lebih baik emosi, mengatur emosi diri untuk memotivasi dan dalam kaitannya dalam hubungan dengan orang lain?

TEIQ TEIQ

Thomas International telah membantu banyak organisasi selama lebih dari 30 tahun di lebih dari 100 negara untuk melakukan proses recruitment, retention, development dan managing sumber daya manusia. Salah satu alat yang di pergunakan adalah The Trait Emotional Intelligence Questionnaires (TEIQue) yang dalam waktu singkat dapat memberikan gambaran mengenai keadaan emosional seseorang dalam kaitan dengan dunia pekerjaan.

Menurut K.V. Petrides, PhD, yang mengembangkan TEIQue, ada 4 dimensi utama yang diukur untuk kecerdasan emosional dalam tempat bekerja Well-Being, Self Control, Emotionality dan Sociability. Ada 2 dimensi tambahan berupa Adaptability dan Self-Motivation yang melengkapi pengukuran kecerdasan emosional.

Seseorang yang telah mendapatkan laporan mengenai hasil asesmennya ini akan memiliki informasi mengenai persepsi diri dan orang lain, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengatur emosi dalam keadaan penuh tekanan, tingkat kepercayaan diri, fleksibilitas dalam berbagai situasi yang dihadapi, kemampuan networking, dorongan mencapai target, kontrol diri, derajat kepuasan hidup, dan optimisme terhadap masa depan.

Pertanyaan umum yang paling sering dilontarkan adalah apakah Kecerdasan Emosional dapat dilatih? Kemampuan seseorang dalam mengelola emosilah yang dapat dikembangkan. Informasi dari hasil asesmen ini memudahkan seseorang untuk menentukan rencana pengembangan pribadinya.

Bagaimana seseorang yang memiliki skor rendah pada tingkat kepercayaan diri rendah dan kemampuan berkomunikasi dapat menjadi seorang yang lebih sukses dalam pekerjaannya?

Temukan jawabannya pada tanggal 15-16 Oktober 2014, Thomas Indonesia akan mengadakan program akreditasi TEIQue selama 2 hari untuk publik. Program ini akan mengajarkan teori dasar mengenai kecerdasan emosional dan bagaimana mengaplikasikanya dalam tempat kerja, termasuk berbagai tips untuk menggunakannya dalam pengembangan diri sendiri dan tim. Perusahaan akan bergerak lebih cepat dan efektif dengan mengimplementasi kecerdasan emosional.

PT NBO Indonesia
Wisma 46-Kota BNI, Level 2
Jl Jend Sudirman Kav 1,
Jakarta 10220
Phone: 021-5746229
Fax : 021-5746228

NBO Group | Thomas

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)