Nusantara Regas Meretensi Talent dengan Reward Atraktif | SWA.co.id

Nusantara Regas Meretensi Talent dengan Reward Atraktif

Bagi PT Nusantara Regas (NR), meretensi karyawan yang memiliki skill dan pengalaman merupakan keharusan. Pasalnya, bidang bisnis yang ditekuni NR membutuhkan keahlian atau kompetensi khusus yang tidak bisa di-develope dalam waktu singkat. NR, seperti dituturkan Sri Andayani, Kepala Divisi SDM dan Umum NR, merupakan perusahaan patungan antara PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Gas Negara Tbk yang didirikan pada tahun 2010 guna mengatasi krisis suplai energi pembangkit listrik pada masa itu. Aktivitas utama NR adalah melakukan regasifikasi LNG (liquid natural gas) menjadi gas. Gas inilah yang digunakan untuk menyokong 60 persen kebutuhan energi pembangkit listik di DKI Jakarta dan Jawa Barat dimana area operasionalnya berada di Teluk Jakarta dan Muara Karang, DKI Jakarta.

Sri Andayani
Kepala Divisi SDM dan Umum
PT Nusantara Regas

NR adalah perusahaan pertama di Asia yang mengoperasikan Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) sehingga menjadi pelopor pengoperasian FSRU. FSRU merupakan fasilitas penyimpanan gas dan regasifikasi terapung. FSRU menerima LNG atau gas dalam bentuk cair dari kapal pengangkut LNG kemudian diubah menjadi wujud gas kembali untuk dialirkan melalui pipa ke konsumen gas. Pasokan gas FSRU Nusantara Regas didapatkan dari Kilang LNG Bontang dan Tangguh. FSRU NR sejak dioperasikan tahun 2012, mampu memasok gas rata-rata 150 MMSCFD untuk tiga pembangkit listrik di Muara Karang, Tanjung Priok dan Muara Tawar.

”Karena kami merupakan pelopor, inilah yang membuat delegasi dari beberapa negara sudah melakukan benchmarking untuk melihat teknologi regasifikasi NR. Kami terus berkomitmen untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gas nasional sebagai energi transisi tidak hanya untuk sektor kelistrikan, namun juga untuk sektor lainnya,” kata Sri.

Sedikitnya perusahaan yang bergerak dalam bidang regasifikasi LNG, menjadikan para talenta (talents) yang menguasai keterampilan dan mampu mengembangkan serta mengoperasikan teknologi di bidang regasifikasi jumlahnya terbilang terbatas. Di sisi lain, penguasaan dan implementasi teknologi terbaru di bisnis regasifikasi itu juga membutuhkan waktu tidak sebentar dan biaya yang tidak murah.

“Itulah yang membuat kami harus mampu menjaga talent kami. Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, beberapa karyawan NR telah pindah ke perusahaan lain baik perusahaan di dalam maupun di luar negeri. Karena hal tersebut maka manajemen berupaya untuk melakukan perbaikan dengan melakukan survei berkala kepada karyawan,’” terang Sri kembali.

Survei yang dilakukan bukan hanya Employee Engagement Survey, tetapi juga Employee Satisfaction Survey yang dinilai dari aspek Commitment to Departemen, Commitment to Task dan Commitment to Organization serta Employee Satisfaction Survey yang dinilai dari aspek Personal Development, Policy & Procedure, Benefit, Workgroup, dan Your Manager. Mulai tahun 2019, Perusahaan juga melakukan Work Life Balance Survey kepada Karyawan.

”Hasil survei inilah yang menjadi pertimbangan manajemen untuk membuat kebijakan SDM di Perusahaan. Kami tidak ingin best talent yang telah kami develop pindah ke perusahaan lain,” kata Nuri Mayang Sari, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia NR.

Kendati begitu, ada sejumlah tantangan dalam meretensi best talent NR. Pertama, karyawan NR yang sudah ahli banyak dilirik perusahaan lain dengan tawaran karir yang lebih baik. Kedua, saat ini NR masuk dalam second life-cycle dengan melakukan inisiasi dan pengembangan bisnis yang baru. Hal ini memerlukan upaya lebih dari sebelumnya untuk meyakinkan karyawan tentang prospek bisnis perusahaan ke depannya. Menghadapi tantangan tersebut di atas, apa saja respon pihak manajemen NR? “Kami merasa bahwa strategi reward management sangat penting untuk mempertahankan best talent yang sudah dipersiapkan,” ujar Sri.

NURI MAYANG SARI.
Kepala Departemen SDM
Nusantara Regas.

Secara umum ada sejumlah strategi retensi yang dijalankan NR. Di antaranya, dengan menawarkan peluang pertumbuhan karier (career growth). Untuk pengembangan karier ini, NR melakukan talent movement. Pergerakan kariernya tidak hanya di NR, tetapi juga di lingkungan Pertamina Group. “Peluang kariernya sangat dinamis dan terbuka,” tambah Sri. NR juga menyediakan paket kompensasi kompetitif. Perusahaan ini berupaya meyakinkan karyawan bahwa kompensasinya kompetitif, dengan melakukan benchmarking; tidak hanya ke Pertamina, tetapi juga ke perusahaan di industri yang sejenis.

Memberikan penghargaan kepada karyawan merupakan faktor penting untuk meretensi karyawan, karena menghargai kontribusi karyawan dapat membuat karyawan merasa dihargai atas perannya terhadap keberhasilan perusahaan. Hal inilah yang dapat meningkatkan lingkungan kerja yang positif. Sebagai bagian dari upaya meretensi karyawan, NR mengupayakan terciptanya work life balance. Sejak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, NR telah menerapkan pola kerja flexible working arrangement, yang berjalan hingga saat ini. NR juga punya program pengukuran dan pengurangan tingkat stres kerja karyawan, baik karyawan di darat (onshore) maupun di lepas pantai (offshore). Untuk mengelola tingkat stres karyawan ini, NR menjalankan Employee Assistant Program, yang diperkuat tenaga psikolog.

“Selain itu, bersama Serikat Pekerja, manajemen NR pun membangun lingkungan kerja yang positif. Dalam lingkungan kerja seperti itu, manajemen NR mendorong karyawan untuk bisa memberikan umpan balik untuk perbaikan proses bisnis di perusahaan. Hal ini juga menunjukkan adanya penghargaan perusahaan kepada pandangan karyawan,” ujar Nuri

Salah satu yang terpenting, Sri menyatakan bahwa NR berupaya memberikan tunjangan/benefit (employee perks) yang lebih baik. Untuk itu, pihaknya melakukan scoping dengan melihat besaran bisnisnya; kemudian melakukan grading dengan memperhatikan aspek-aspek seperti functional knowledge dan business expertise. Berkat program retensi dan reward management seperti itu, menurut Sri, dalam lima tahun terakhir tidak ada karyawan berkinerja bagus yang mengajukan pengunduran diri (resign). Pencapaian tersebut rasanya sesuai dengan penilaian Dewan Juri Indonesia HR Excellence Award 2023. Pada kategori Reward Management & Talent Retention Strategy, NR mendapatkan predikat “Very Good”.§

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)