OneHR Indonesia Gelar Kopi Darat Bersama Sudirman Said

OneHR Indonesia, yang terdiri dari para praktisi HRD (Human Resource Department), menggelar kegiatan Kopi Darat (KopDar). Kegiatan yang digelar pada (24/11) di Universitas Trisakti itu mengusung tema “Organization Transformation for Future Sustainability”. Menurut Dr. Erny Tajib, Ketua Program MM Universitas Trisakti (Usakti), “Tujuan dari penyelenggaraan KopDar kali ini adalah untuk menyamakan persepsi antara teori dengan praktik di lapangan, khususnya tentang organization development.”

Sebelumnya, ia menambahkan, pertengahan November 2016 lalu sudah ada kesepakatan antara Pimpinan MM Usakti dengan perwakilan OneHr Indonesia, yakni kesepakan untuk membangun bersama manusia Indonesia lewat kegiatan bersama antara praktisi dengan akademisi.

OneHR Indonesia Sudirman Said dan peserta sharing

Dalam kesempatan tersebut. OneHR Indonesia mengundang mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk sharing. Erny Tajib mengungkapkan, dengan berbagai pengalamannya, Sudirman Said diundang untuk berbagi atau sharing kepada mahasiswa-mahasiwa yang hadir pada kegiatan KopDar, khususnya mahasiswa yang konsentrasi studinya adalah SDM. Sementara itu, bagi dosen dan praktisi SDM yang tergabung dalam komunitas OneHR Indonesia, juga membutuhkan wawasan tentang bedanya transformasi struktural antara organisasi sekular dengan pemerintah, khususnya kementerian RI, yang bisa diperoleh dari sharing pengalaman dari Sudirman Said.

Menurut Sudirman Said, ada 3 faktor yang mempengaruhi organisasi supaya sustainable: top leader support, core team dan stakeholder management. Kemudian, salah satu peserta bertanya mengenai mendapatkan core team yang baik, Sudirman said menjawab “ Biasa nya saya ajak traveling, saya ajak jalan-jalan 1-2 hari karena dengan demikian kita bisa melihat kepribadian seseorang.

Sudirman Said juga menceritakan pengalamannya selama di Pertamina, PT Pindad, dan perusahaan BUMN lainya hingga menjadi menteri. Menurutnya. banyak organisasi yang perlu di benahi, dan beliau di percaya untuk develop etika organisasi yang berkaitan dengan sdm serta membenahi bidang HR. (Muhammad Adni)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)