Pembangkit Jawa Bali meraih Indonesia Most Admired Companies Award 2017

Setiap perusahaan pasti ingin menjadi perusahaan idaman, tetapi bukanlah hal yang mudah untuk mencapai predikat tersebut. Menjadi perusahaan yang diidamkan oleh para karyawan dan pencari kerja merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Bagi perusahaan, menyandang predikat perusahaan idaman memberikan keunggulan dalam berkompetisi (competitive advantage). Dengan menjadi perusahaan idaman para karyawan menunjukkan bahwa terdapat kepuasan kerja bagi para karyawan dalam perusahaan tersebut. Kepuasan kerja ini yang mendorong peningkatan kinerja para karyawan. Selain itu, perusahaan yang diidamkan oleh para pencari kerja juga membuat perusahaan tersebut dapat memilih kandidat karyawan dengan kemampuan terbaik di antara kandidat lainnya.

Melalui Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2017 yang dilaksananakan pada tanggal 19 Mei lalu, memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki citra baik dan menurut para karyawan dan pembaca majalah Warta Ekonomi merupakan perusahaan idaman untuk bekerja.

Pada IMACO Award 2017 kali ini tanpa diduga PT Pembangkitan Jawa-Bali pun dipercaya menjadi salah satu diantara Special Mention Winner dengan kategori Energy dengan judul The Most Selected Subsidiary of State-Owned Enterprises.

Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU) melakukan penelitian sejak 6 Maret hingga 17 April 2017. Tim riset menggunakan metode desk research dan quantitative research untuk mendapatkan data sekunder dan data primer yang digunakan dalam riset IMACO 2017. Desk research dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder berupa Laporan Keuangan Kuartal III-2016 dan data lainnya yang menggambarkan kinerja perusahaan di Indonesia sepanjang tahun 2016. Desk research kemudian menghasilkan nominasi perusahaan-perusahaan terpilih yang akan dinilai oleh para responden pada quantitative research.

Quantitative research dilakukan untuk mengumpulkan data primer melalui survei telepon dan online. Survei telepon dilakukan terhadap 5.000 responden yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Responden survei telepon merupakan karyawan tetap yang telah bekerja minimal satu tahun dan maksimal lima tahun serta menempati posisi staf hingga manajer di BUMN, perusahaan swasta nasional, dan perusahaan swasta asing di Indonesia. Survei online dilakukan terhadap 1.000 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Responden survei online merupakan para pekerja dengan karakteristik yang serupa dengan survei telepon.

Pada quantitative research, responden diminta menyebutkan nama perusahaan yang mereka kagumi dan menurut mereka pantas untuk menyandang predikat perusahaan yang dikagumi dan menjadi tempat yang diidam-idamkan sebagai tempat bekerja. Selain itu, responden juga diminta untuk memberikan penilaian terhadap perusahaan yang dipilih. Kriteria yang dinilai adalah sebagai berikut:

1. Corporate Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal popularitas, nama baik, dan kepercayaan publik.

2. Financial Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal tingkat keuntungan, investasi yang dilakukan, dan prospek kinerja perusahaan di masa depan.

3. HR Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal jenjang karir, standar gaji, dan pengelolaan sumber daya manusia.

4. Product/Service Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal kualitas produk/jasa yang ditawarkan.

5. Global Competitiveness Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal kemampuan bersaing di pasar global, inovasi yang dilakukan, perkembangan pangsa pasar dalam negeri dan luar negeri, serta proses bisnis yang mutakhir.

6. Social Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal aktivitas sosial yang dilakukan perusahaan dalam tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat dan lingkungannya.

Riset tahun juga menghasilkan nama-nama perusahaan dengan awareness tertinggi dan image terbaik berdasarkan persepsi responden sebagai perusahaan yang diidam-idamkan seperti PT Perkebunan Nusantara, PT Mandiri (Persero), PT Google Indonesia, PT IBM Indonesia, PT KAI (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero), PT Astra Internasional Tbk, PT Pertamina (Persero), dll. (Adv.)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
BSM Gelar Tarhib Ramadhan dan Santunan 10 Ribu Anak Yatim

Menyambut bulan suci Ramadhan,  Bank Syariah Mandiri (BSM) menggelar acara “Tarhib Ramadhan” di Jakarta. Senior Executive Vice President (SEVP) BSM,...

Close