PermataBank Menjadi Bank Pilihan di Pasar Digital

THERESIA KUSUMANINGTYAS, Division Head, Learning and Development-PermataBank (tengah-baju batik) bersama beberapa tim HR Learning and Development

Pandemi Covid-19 telah memicu munculnya tren baru dalam perilaku pelanggan dan meningkatkan ekspektasi untuk mendapatkan peng­alaman digital yang mulus. Realitas ini sangat dirasakan oleh PermataBank.

Sebagai salah satu bank dengan KBMI 3 — PermataBank merasakan terjadinya persaingan yang ketat dalam merebut dan mempertahankan nasabah. Persaingan ini tidak hanya datang dari bank-bank lain, tapi juga dari perusahaan fintech yang berkembang pesat. Menurut data Fintech.id, per kuartal IV/2021 terdapat hampir 100 perusahaan fintech.

Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana PermataBank menjadi bank pilihan di pasar digital yang kompetitif, serta membina hubungan dan menciptakan nilai bagi para pemangku kepen­tingan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pada tahun 2021, bank ini memiliki strategic imperatives yang bertumpu pada tiga pilar, yaitu skala bisnis, pro­fit, dan digital. Ketiganya menjadi pilar strategi yang dijalankan demi mewujudkan bisnis yang berkelanjutan (sustainable).

PermataBank meyakini bahwa inovasi adalah strategi utama untuk memenangkan pasar saat ini, karena penerapan teknologi akan semakin mendorong transformasi perbankan yang akan membentuk masa depan industri perbankan.Di balik setiap transformasi ada peran manusia di dalamnya. Budaya perusahaan yang selaras, pemimpin yang handal serta staff yang kompeten diperlukan untuk memastikan terciptanya transformasi yang diharapkan. Strategi HR PermataBank pun harus mendukung strategi bisnis perusahaan melalui penguatan di ber­bagai peran HR dalam organisasi.

Cara belajar dan cara bekerja merupakan dua hal utama yang paling ba­nyak mengalami perubahan karena pandemi serta akselerasi pemanfaatan teknologi, karenanya Divisi Learning Development PermataBank meramu strategi yang terdiri dari penguatan kemampuan business leadership, membudayakan digital learning serta menciptakan digital talent.  

Theresia Kusumaningtyas
Division Head, Learning and Development PermataBank

Sedangkan untuk mempertahankan talent Bank, strategi reward and benefit yang relevan disusun.

Dalam mengembangkan business leadership, sejak 2020 bank ini menjalankan Business Leadership Training dilanjutkan dengan Business Leadership Challenge (2020-2021), lalu saat ini terus dikembangkan  dengan membangun #PermataNextLead (Future Business Leaders – pool). Hasilnya, pada 2021-2022 (kuartal I) pertumbuhannya sang­at signifikan. Revenue yang dihasilkan cabang  dan relationship manajer pun meningkat sebagai dampak dari pe­ningkatan kemampuan para leadernya dalam menajamkan sasaran bisnis di area mereka masing-masing.

Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)