PLN Jalankan Transformasi Sistematis di Bawah Koordinasi Transformation Office

PT PLN (Persero) terus berbenah melakukan perubahan besar dalam cara kerja per­usahaan serta tata kelola melalui program transformasi untuk menjawab tantangan per­ubahan zaman. Sebelumnya, BUMN kelistrikan ini telah memetakan secara menyeluruh kondisi perusahaan dan tantangan, baik eksternal maupun internal.

Tantangan eksternalnya mencakup isu-isu dekarbonisasi, desentralisasi, dan digitalisasi, Di samping itu, juga ada tantang­an kondisi internal di mana terjadi oversupply tenaga listrik, dan banyaknya pembangkit PLN yang didominasi bahan bakar fosil.

Rahmi Harhap Trsformation Corporate officer PLN

“Inilah yang mengharuskan PLN mengubah arah strateginya,” kata Rahmi Harahap, VP Perencanaan dan Valuasi Manajemen Transformasi dari Corporate Transformation Office PLN.

Tantangan tersebut juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi per­usahaan. Mulai dari adanya tekanan finansial, banyaknya PLTU yang akan retired, ada­nya kebutuhan untuk mening­katkan kompetensi SDM (gap kompetensi), serta munculnya unutilized asset.

Karena itu, pada April 2020, PLN meluncurkan program transformasi yang memiliki empat aspirasi arah perubahan, yaitu Green, Lean, Innovative, dan Customer Focus.

Untuk dapat menwujudkan keempat strategi utama tersebut, PLN membutuhkan strategi pendukung, dari aspek technology advancement, financial sustainability, organization & people, dan national development. “Ini semua yang kami sebut sebagai strategy enabler,” ujar Rahmi.

PLN, menurutnya, telah memetakan sumber daya transformasi secara holistik, dan sinergi dibentuk melalui kolaborasi antara Divisi Transformation Office dan organisasi lini untuk mengawal dan memacu transformasi. Keduanya punya peran dan tugas masing-masing di bawah arahan direktur utama dan direksi. “Pembagian peran utama yang tepat antara organisasi lini dan Transformation Office mendorong deliverability program-program perubahan secara akurat dan terukur,” katanya.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)