Program HERoic,Gaya FWD Insurance Memberdayakan Kaum Hawa

Sebagai perusahaan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, FWD Insurance tidak hanya berupaya memberikan pelayanan yang prima bagi nasabahnya, tapi juga menaruh perhatian besar pada isu keberagaman (diversity) dan inklusivitas dalam operasio­nalnya sehari-hari. Mereka percaya bahwa keberagaman dan inklusivitas merupakan keniscayaan universal. Selain itu, mereka pun meyakini bahwa dengan menghargai keberagaman dan inklusivitas, pada gilirannya bisa membantu mereka dalam memahami nasabah secara lebih baik.

KORAN SINDO/YORRI FARLI

“Kami percaya, dengan menciptakan budaya yang beragam dan inklusif, semua orang dapat dihargai karena keunikannya, sekaligus bisa membawa versi yang terbaik dari diri mereka. Hal ini juga membantu kami memahami nasabah dengan lebih baik karena mereka juga memiliki beragam kebutuhan dalam hal perlindungan,” kata Anantharaman Sridharan, Direktur Utama FWD Insurance.

Lantas, apa yang dilakukan FWD Insu­rance dalam strategi keberagaman dan inklusivitas itu?

Ditinjau dari sisi strategi, sebagai payung besarnya keberagaman dan inklusivitas yang dijalankan FWD Insurance fokus pada empat area. Pertama, everyone belongs (kebijakan dan prosedur yang menanamkan budaya inklusi ke dalam struktur organisasi). Kedua, diverse talent (menghargai perbedaan latar belakang setiap orang, kepribadian, serta kebutuhan aksesibilitas).

Ketiga, inclusive leadership (menciptakan lingkungan yang menerapkan prinsip level-playing field sehingga inklusi dapat diberlakukan secara setara di setiap level di organisasi). Keempat, FWD anywhere (inklusi dalam menerima gaya bekerja yang beragam melalui cara kerja yang fleksibel).

Berpegang pada strategi tersebut, mereka selalu berupaya menghargai keberagaman talenta dalam perusahaan, baik perempuan dan laki-laki. Dengan jumlah karyawan yang hampir mencapai 400 orang dan komposisi cukup seimbang antara perempuan (49%) dan laki-laki (51%), FWD Insurance menciptakan aneka program yang dapat memberikan pengembangan berkelanjutan kepada seluruh karyawannya dengan memperhatikan keberagaman dan inklusivitas. Termasuk, pada aspek kesetaraan gender.

Anantha mengungkapkan, FWD Insurance menaruh perhatian pada pemberdayaan kaum perempuan. Mengapa?

Sebab perempuan, katanya, senantiasa memiliki multiperan (multirole) dalam hidup, seperti mengatur waktu antara bekerja di kantor dan di rumah, mengelola keuangan rumah tangga, serta mengurus suami dan anak. Melihat multitasking-nya kaum hawa, FWD Insurance ingin mengajak semua perempuan untuk dapat menghadapi tantangan multitasking dan multirole tersebut sehingga dapat mengejar passion mereka, meraih semua peluang yang datang, serta menikmati dan merayakan hidup, tanpa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan.

Berangkat dari hal itu, FWD Insurance membesut program yang disebut HERoic. Diluncurkan pada 8 Maret 2021 —bertepatan dengan perayaan Hari Perempuan Internasional— program ini didedikasikan bagi karyawan perempuan FWD Insurance untuk mengembangkan diri secara personal maupun profesional. Kegiatan yang dijalankan secara berkesinambungan selama sembilan bulan ini dirancang untuk berbagai level, mulai dari tingkat awal karier hingga tingkat manajerial, terbuka bagi mereka yang ingin memberikan dampak positif bagi kesuksesan diri dan perusahaan.

Anantha mengungkap bahwa FWD Insurance percaya keberagaman (perempuan dan laki-laki) di jajaran pemimpin senior dapat menawarkan pandangan keahlian yang lebih luas dan mendalam, serta memberikan nilai tambah dari pengalaman dan sudut pandang yang berbeda. Di sinilah program HERoic memiliki nilai penting, karena dapat menjadi salah satu wahana bagi kaum perempuan untuk mencapai aspirasi karier yang mereka miliki.

“Kami ingin menginspirasi perempuan Indonesia untuk berani menjadi seorang career woman, working mother, dan leader di mana pun mereka berada. Perempuan Indonesia tetap bisa merayakan hidup (celebrate living) dan dapat memegang kendali penuh atas hidup mereka,” katanya.

Sebagai bagian dari strategi keberagaman dan inklusi ini, program HERoic merupakan komitmen FWD Insurance untuk terlibat aktif membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan  (Sustainable Development Goals/SDGs) dari PBB, khususnya tujuan ke-5 yang menargetkan kesetaraan gender.

“Melalui program HERoic, para partisipan dapat membangun kesadaran dan memiliki kepercayaan diri untuk memimpin serta mengembangkan potensi dirinya, tidak hanya untuk berkontribusi lebih baik demi karier di FWD Insurance, tapi juga untuk keluarga mereka di rumah dan masyarakat sekitar,” kata Anantha penuh antusias.

Hal ini dapat dilihat dari respon positif karyawan FWD Insurance terhadap program HERoic, dimana sebanyak lebih dari 120 karyawan telah terlibat dalam program launch yang akan berlanjut dengan assessment, in-class workshop, dan mentoring dengan para ahli pemberdayaan perempuan, serta e-learning melalui platform FWDKampus. Para partisipan percaya bahwa program HERoic dapat memberdayakan mereka sehingga menjadi career woman, working mother, dan leader yang inspiratif.§

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)