BAF Resmikan Kantor Regional Jakarta Langkah Strategis Perusahaan Dalam Memberikan Pelayanan Maksimal Kepada Konsumen

Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF, memberikan sambutan dalam acara Grand Oppening BAF Jakarta Regional

Jakarta, 31 Januari 2020, PT Bussan Auto Finance (BAF) secara resmi melakukan grand opening Kantor Regional Jakarta. Peresmian ini ditandai dengan akan bergabungnya 4 (empat) Kantor Cabang BAF kedalam satu atap di Gedung Ra Mampang yang beralamat di Jalan Mampang Prapatan Raya No.66, RT 09 / RW 03, Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Saat ini, Kantor Cabang BAF Jakarta 1 yang sebelumnya berlokasi di Bendungan Hilir sudah bergabung ke Kantor Regional Jakarta. Menyusul Kantor Cabang Jakarta 2 (Cempaka Putih), Kantor Cabang Jakarta 3 (Kedoya) dan Kantor Cabang Jakarta 4 (Bandengan) akan bergabung dalam waktu dekat.
BAF Jakarta Regional Centre sendiri sudah beroperasi memberikan pelayanan administrasi konsumen BAF sejak tanggal 2 Januari 2020. Area Mampang, Jakarta Selatan dipilih BAF dengan pertimbangan lokasinya yang cukup strategis dan merupakan kawasan sentral dari lokasi konsumen yang saat ini tesebar di seluruh area Jakarta. Selain itu, lokasi Kantor Regional Jakarta ini juga berdekatan dengan lokasi Kantor Pusat BAF di Tanjung Barat, Jakarta Selatan, sehingga diharapkan mampu mempermudah koordinasi antara kantor pusat dan kantor cabang.

Peresmian BAF Jakarta Regional Centre dihadiri oleh Direksi BAF berlokasi di Gedung Ra Mampang, Jakarta Selatan

Penggabungan 4 (empat) Kantor Cabang di area Jakarta ini dilatarbelakangi oleh keinginan perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen agar dapat bersaing di industri multifinance yang semakin kompetitif. “Perkembangan pasar, industri dan kemajuan teknologi saat ini menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk membentuk strategi baru, salah satunya dengan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan konsumen. BAF merasa perlu untuk menyatukan pelayanan administrasi konsumen yang lebih cepat dalam satu atap sehingga perusahaan tidak perlu memiliki 4 kantor cabang namun cukup satu kantor yang dapat melayani konsumen di seluruh area Jakarta” ujar Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF. Sebagai gantinya perusahaan akan menyediakan unit-unit pelayanan yang tersebar di area Jakarta untuk mempermudah akses bagi konsumen dalam mendapatkan jasa pembiayaan BAF yang lebih mudah dan cepat, saat ini kita kenal dengan nama Griya BAF Dana Syariah
BAF Jakarta Regional Centre memiliki standar pelayanan yang sama seperti Kantor Cabang BAF di 4 (empat) area Jakarta sebelumnya, yakni pembayaran & pelunasan angsuran, pengambilan BPKB serta akses untuk mendapatkan pembiayaan baru untuk produk yang dimiliki BAF saat ini, seperti pembiayaan sepeda motor baru Yamaha, pembiayaan Dana Syariah, pembiayaan mobil baru, pembiayaan multiproduk, serta tidak ketinggalan pembiayaan sepeda motor bekas. Namun konsumen akan mendapatkan fasilitas dengan tingkat kenyamanan yang lebih baik mengingat kantor regional BAF nantinya hanya akan berada di kota-kota besar di Indonesia.

BAF meresmikan Kantor Regional Jakarta untuk meningkatkan pelayanan konsumen area Jakarta

Dengan diresmikan BAF Jakarta Regional Centre ini, BAF berharap dapat melayani konsumen dengan lebih cepat dan mudah dalam mendapatkan jasa pembiayaan BAF, dimana para karyawan BAF yang bertugas di Kantor Regional Jakarta akan dibekali dengan aplikasi berbasis mobile untuk mempermudah pelayanan kepada konsumen.

Tentang PT Bussan Auto Finance (BAF)
Perjalanan PT Bussan Auto Finance (“Perseroan”) diawali pada tahun 1995 dengan nama PT Pembiayaan Getraco Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan, dan menjadi perusahaan joint venture antara PT Danamon Sanggrahan, Mitsui dan Yamaha pada tahun 1997 yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor baru Yamaha. Nama Perseroan pun berubah menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance dan tanggal 24 September 1997 diperingati sebagai hari ulang tahun Perseroan hingga saat ini. Pada tahun 1998, Mitsui & Co., Ltd. membeli seluruh kepemilikan PT Danamon Sanggrahan sehingga mengakibatkan Mitsui & Co., Ltd. menjadi pemegang saham utama dengan kepemilikan sebesar 75%, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Lenggara Gunasejahtera (15%), Yamaha Co., Ltd., Jepang (7%) dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (3%). Sebagai akibat dari akuisisi tersebut, nama Perseroan diubah menjadi PT Bussan Auto Finance dengan fokus bisnis tetap sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor baru khusus merek Yamaha. Pada tahun 2004, seluruh saham milik PT Lenggara Gunasejahtera dijual kepada PT Mitsui Indonesia. Pada tahun 2013, Perseroan melakukan peningkatan modal melalui penerbitan saham baru yang seluruhnya diambil bagian oleh PT Ciptadana Capital, salah satu perusahaan afiliasi dari Grup Lippo dan Yamaha. Pada tahun 2018, Mitsui & Co., Ltd. menambah kepemilikan sahamnya dengan mengakuisisi seluruh kepemilikan saham PT Ciptadana Capital, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 68,3%, PT Mitsui Indonesia sebesar 11,7%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7% dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3%. Pada tahun 2019, Mitsui & Co., Ltd. menjual sebagian kepemilikan sahamnya b ersamaan dengan PT Mitsui Indonesia yang menjual seluruh kepemilikan sahamnya kepada PT Sinergi Autoindo Abadi sehingga komposisi pemegang saham Perseroan hingga saat ini menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 65,0%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7%, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3% dan PT Sinergi Autoindo Abadi sebesar 15%.

Seiring pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat, Perseroan terus berinovasi untuk menjadi solusi pembiayaan bagi kebutuhan masyarakat. Perseroan tidak hanya menyediakan produk pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha tetapi juga pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek, Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah, pembiayaan multiproduk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga, pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.
Kegiatan usaha Perseroan terus berkembang dan per tanggal 31 Desember 2019, Perseroan telah beroperasi di 245 lokasi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 191 kantor cabang, 37 point of services (“POS”) dan 17 Griya yang didukung oleh lebih dari 6.400 karyawan. Perseroan juga telah memperluas jaringan pelayanannya dengan menambah titik-titik pembayaran angsuran melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang meliputi jaringan layanan perbankan, gerai ritel dan platform pembayaran elektronik. Perseroan telah terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan juga Biro Kredit. Dalam melaksanakan bisnisnya, Perseroan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)