CSR BAF PEDULI BANJIR BAF Bantu Korban Banjir di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Senior Management BAF memberikan bantuan kepada warga korban banjir di Pesing Koneng, Kedoya Utara, Jakarta Barat dalam Program CSR BAF Peduli Banjir

Jakarta, 16 Januari 2020, Bencana banjir yang terjadi di awal tahun 2020 merupakan dampak nyata perubahan iklim yang terjadi belakangan ini. Ditambah pengalihan fungsi lahan yang tidak diimbangi dengan penambahan area hijau yang berfungsi sebagai resapan air juga turut menjadi penyebab masalah banjir di Jakarta dan sekitarnya. Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten sejak 1 Januari 2020 tercatat sebagai bencana banjir terparah sejak tahun 2007 di wilayah Jadetabek. Data BNPB mencatat per 6 Januari 2020 jumlah pengungsi mencapai 36.419 jiwa.

Sebagai perusahaan pembiayaan yang memiliki andil dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia, BAF menunjukkan kepeduliannya terhadap korban banjir dengan memberikan bantuan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) bertema CSR BAF Peduli Banjir. Kegiatan CSR ini diselenggarakan secara serentak pada Kamis, 16 Januari 2020 di 3 (tiga) titik di wilayah terdampak banjir yang tersebar di Kelurahan Kranji, Bekasi Barat; Kelurahan Pedurenan, Karangtengah, Tangerang; dan Kelurahan Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Bantuan yang diberikan diantaranya adalah pemberian sembako dan alat kebersihan. Para karyawan di Kantor Pusat BAF juga turut memberikan sumbangsihnya dengan memberikan bantuan pakaian layak pakai sebagai bentuk kepedulian kepada korban banjir.

Acara yang dihadiri beberapa Management BAF Kantor Pusat dan karyawan cabang BAF setempat mendapat sambutan hangat dari para korban banjir yang ada di tiap lokasi. Secara simbolis, penyerahan bingkisan/bantuan diberikan oleh Senior Management BAF kepada Ketua RT setempat sebagai perwakilan warga korban banjir.

Kegiatan CSR BAF Peduli Banjir merupakan salah satu upaya tanggap bencana dan komitmen rasa kepedulian perusahaan terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar. Kegiatan ini merupakan pembuka rangkaian CSR perusahaan yang akan dilaksanakan rutin selama tahun 2020. Tidak hanya bantuan untuk warga, BAF juga memberikan bantuan kepada karyawan BAF yang terkena musibah banjir berupa donasi / santunan dana yang terkumpul dari seluruh Karyawan. BAF berharap bantuan yang diberikan mampu mendorong semangat para korban banjir untuk tidak putus asa di tengah bencana yang sedang dihadapi. Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan dan masyarakat.

Bapak-Sigit-Sembodo-(Managing-Director-BAF)-menyampaikan-sambutannya-dalam-Program-CSR-BAF-Peduli-Banjir-di-hadapan-warga-Pesing-Koneng,-Kedoya-Utara,-Jakarta-Barat

Tentang PT Bussan Auto Finance (BAF)

Perjalanan PT Bussan Auto Finance (“Perseroan”) diawali pada tahun 1995 dengan nama PT Pembiayaan Getraco Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan, dan menjadi perusahaan joint venture antara PT Danamon Sanggrahan, Mitsui dan Yamaha pada tahun 1997 yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor baru Yamaha. Nama Perseroan pun berubah menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance dan tanggal 24 September 1997 diperingati sebagai hari ulang tahun Perseroan hingga saat ini. Pada tahun 1998, Mitsui & Co., Ltd. membeli seluruh kepemilikan PT Danamon Sanggrahan sehingga mengakibatkan Mitsui & Co., Ltd. menjadi pemegang saham utama dengan kepemilikan sebesar 75%, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Lenggara Gunasejahtera (15%), Yamaha Co., Ltd., Jepang (7%) dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (3%). Sebagai akibat dari akuisisi tersebut, nama Perseroan diubah menjadi PT Bussan Auto Finance dengan fokus bisnis tetap sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor baru khusus merek Yamaha. Pada tahun 2004, seluruh saham milik PT Lenggara Gunasejahtera dijual kepada PT Mitsui Indonesia. Pada tahun 2013, Perseroan melakukan peningkatan modal melalui penerbitan saham baru yang seluruhnya diambil bagian oleh PT Ciptadana Capital, salah satu perusahaan afiliasi dari Grup Lippo dan Yamaha. Pada tahun 2018, Mitsui & Co., Ltd. menambah kepemilikan sahamnya dengan mengakuisisi seluruh kepemilikan saham PT Ciptadana Capital, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 68,3%, PT Mitsui Indonesia sebesar 11,7%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7% dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3%. Pada tahun 2019, Mitsui & Co., Ltd. menjual sebagian kepemilikan sahamnya b ersamaan dengan PT Mitsui Indonesia yang menjual seluruh kepemilikan sahamnya kepada PT Sinergi Autoindo Abadi sehingga komposisi pemegang saham Perseroan hingga saat ini menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 65,0%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7%, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3% dan PT Sinergi Autoindo Abadi sebesar 15%.

Seiring pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat, Perseroan terus berinovasi untuk menjadi solusi pembiayaan bagi kebutuhan masyarakat. Perseroan tidak hanya menyediakan produk pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha tetapi juga pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek, Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah, pembiayaan multiproduk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga, pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.

Kegiatan usaha Perseroan terus berkembang dan per tanggal 31 Desember 2019, Perseroan telah beroperasi di 245 lokasi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 191 kantor cabang, 37 point of services (“POS”) dan 17 Griya yang didukung oleh lebih dari 6.400 karyawan. Perseroan juga telah memperluas jaringan pelayanannya dengan menambah titik-titik pembayaran angsuran melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang meliputi jaringan layanan perbankan, gerai ritel dan platform pembayaran elektronik. Perseroan telah terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan juga Biro Kredit. Dalam melaksanakan bisnisnya, Perseroan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)