Raih 10 Piala dan Penghargaan Media Agency of The Year di Ajang Citra Pariwara

Akhir tahun 2020, dentsu Indonesia--melalui dentsu MainAd, Isobar, dan dentsu One--berhasil memborong 10 penghargaan di ajang “Citra Pariwara 2020”. Di ajang penghargaan nasional ini, 46 karya dentsu sukses menjadi finalis, dengan menyisihkan 800 submission yang masuk. Tak hanya itu, dentsu juga menjadi satu-satunya agensi yang mampu meraih Gold di ajang “Citra Pariwara ke-33 ini, dengan mendapatkan predikat “Media Agency of The Year”. Sebelumnya, di tahun yang sama, dentsu Indonesia juga sukses memboyong enam penghargaan tingkat Asia Tenggara, “Campaign Asia Agency of the Year 2020”.

Diungkapkan Enita Budiyanti, COO dentsu MainAd, Citra Pariwara tahun 2020 sepertinya berusaha ditingkatkan kualitasnya. “Selain kompetisinya sangat ketat, pada Citra Pariwara 2020, banyak kategori yang no winner atau tanpa pemenang. Bahkan, jumlah yang meraih Silver kurang dari 10 dan yang meraih Gold hanya satu, yakni dentsu Indonesia,” terangnya.

Sepuluh penghargaan (9 Bronze dan 1 Gold) yang diraih dentsu, diakui Enita, mayoritas adalah inisiatif sosial terkait Covid-19. Kampanye sosial ini sejatinya menjadi kontribusi dentsu bersama klien untuk membantu masyarakat dalam menghadapi tantangan di masa pandemi. “Sebab, salah satu corporate value dentsu Indonesia adalah Giving Back to Society,” ucapnya. 

Wisnu Satya Putra, Managing Director Alpha-Isobar & dentsu One, mengatakan,  kampanye “Toa Basmi Corona” di kategori Out of Home (OOH), Brand Experience, dan Citra Pariwara for Good, menjadi karya yang berhasil meraih Gold di ajang “Citra Pariwara 2020”. Melalui toa mesjid, dentsu bersama berbagai koperasi di Indonesia, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pada awal pandemi, banyak masyarakat yang abai dengan protokol kesehatan. Oleh karena itu, kami melakukan pendekatan kepada para marbot dan pengelola mesjid untuk memanfaatkan toa mesjid dalam menyebarkan informasi tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Rekaman ini berdurasi lima menit,” urai Wisnu.

Sementara itu, penghargaan Bronze diraih dentsu melalui kampanye “Donasikan Ongkosmu” (kategori Media), “Karaoke Karo Kowe” (kategori Digital), “Save 20” (kategori Media), “Sepuluh Meter” (kategori Digital), dan Still Alive (kategori Radio Craft).

Diterangkan Wisnu, pada kampanye “Donasikan Ongkosmu”, dentsu menjadi pionir dalam mengajak masyarakat menyisihkan ongkos mereka untuk membantu para ojek online (ojol) yang terdampak pandemi. “Kami mengajak masyarakat untuk menyisihkan ongkos kerja mereka untuk memesan makanan lewat ojol, di mana pesanan makanan itu kemudian didonasikan ke ojol yang mengantarkan,” urainya.

Kampanye “Save 20” dan “10 Meter” meru-pakan kampanye untuk OCBC NISP. Melalui kampanye “Save 20”, OCBC NISP mengajak generasi muda terutama yang berumur 20an untuk berinvestasi dengan menyisihkan Rp 20 ribu per hari untuk mewujudkan keinginan dan harapan masa depannya. Kampanye ini dipilih, karena faktanya anak-anak muda lebih tinggi angka spending-nya dibandingkan saving.

Sementara itu, kampanye “10 Meter” meru-pakan social media campaign OCBC NISP  berupa film pendek yang dibintangi Nirina Zubir dan Agus Ringo. Film pendek tentang “mental health” ini bercerita tentang seorang sahabat yang mengajak untuk bergerak maju dan tidak putus asa dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pada kampanye “Karaoke Karo Kowe”, bersama merek Sarimi, dentsu mengajak masyarakat untuk mempertahankan kekayaan bahasa daerah di Indonesia agar tidak punah, dengan bersama-sama mengikuti karaoke lagu berbahasa Jawa kekinian bareng Didi Kempot. Adapun “Still Alive” merupakan kampanye yang mengusung pesan tentang ketangguhan G-Shock melalui audio.  

Diakui Wisnu, “Suksesnya dentsu meraih penghargaan di ajang Citra Pariwara 2020 karena semua kampanye relevan dengan isu terkini, berangkat dari kebutuhan konsumen, dan kampanye memiliki dampak positif bagi masyarakat alias tidak semata keuntungan.”

Enita menambahkan, “Kunci sukses lainnya adalah kuatnya partnership atau kolaborasi, terutama dengan klien serta munculnya kepekaan yang kuat untuk bersama-sama menghadapi tantangan di masa pandemi.”  •

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)