6 Lokasi Unik Tempat Pelaksanaan Upacara 17 Agustus

Shutterstock

Sejak naskah proklamasi dibacakan oleh presiden pertama Indonesia, masyarakat negeri ini rutin mengikuti upacara setiap tanggal 17 Agustus untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

Biasanya, upacara dari tahun ke tahun dilakukan di sebuah area yang luas seperti lapangan atau alun-alun. Namun, beberapa tahun terakhir, banyak segelintir orang yang berinovasi dengan mengadakan upacara 17 Agustus di tempat yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh masyarakat luas.

Ya, memang masyarakat Indonesia terkenal dengan keunikannya dalam merayakan hari kemerdekaan. Selama kaki bisa berpijak dan bendera Indonesia bisa dikibarkan di tiang tegak, maka upacara 17 Agustus pasti bisa dilaksanakan dengan khidmat.

Berikut ini adalah deretan tempat unik yang pernah dijadikan lokasi pelaksanaan upacara 17 Agustus--yang mungkin bisa ditiru.

 

  1. Di Laut

Shutterstock

Upacara 17 Agustus di dasar laut pernah dilakukan oleh Organisasi Aceh Diving Competition (ADC) pada tahun 2014 di kedalaman 15 meter. Lalu pada tahun 2016 diadakan juga upacara bendera di tengah laut tepatnya di Pantai Baron, kota Yogyakarta dengan jarak 200 meter dari pantai.

Uniknya upacara di atas kapal tersebut dilakukan oleh para peserta yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari nelayan, komunitas pecinta alam, relawan, tim SAR, hingga warga sekitar. Bahkan pasukan pengibar bendera yang diturunkan berupa barisan yang terdiri dari 17, 8, dan 45 orang.

 

  1. Di Dalam Goa

Shutterstock

Lokasi yang satu ini memang terdengar aneh untuk melakukan upacara bendera, namun ini memang fakta.

Diawali pada tahun 2009 dengan kegiatan Lawalata atau Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam dari Institut Pertanian Bogor yang kerap kali mengadakan upacara bendera di Goa Leang Pute, Taman Nasional Bantimurung, Makasar dengan kedalaman 270 meter. Tahun 2010 upacara kembali dilakukan di lain tempat yaitu di Goa Sigodawang di kedalaman 17 meter.

 

  1. Di Tambang Bawah Tanah

Shutterstock

Yang pertama kali menggagas upacara ini adalah karyawan PT Freeport Indonesia tahun 2014 silam. Upacara 17 Agustus tersebut dilaksanakan tepatnya di tambang bawah tanah Tembagapura, Timika, Papua di kedalaman sekitar 1,4 km.

Lalu kemudian satu tahun berikutnya bendera merah putih kembali dikibarkan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 70.

 

  1. Di Akuarium

Shutterstock

Upacara bendera yang dilakukan di bawah air rasanya memang terdengar seperti hal yang mustahil. Namun, demi mewujudkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air diadakan upacara 17 Agustus di dalam akuarium, tepatnya di Sea World Ancol, Jakarta.

Acara ini rutin dilakukan dari tahun ke tahun, hanya saja apabila sedang ada perbaikan dan juga perawatan fasilitas, upacara tersebut ditunda hingga tahun depannya.

 

  1. Di Kebun Binatang

Shutterstock

Upacara 17 Agustus tahun ini turut dirayakan oleh para penghuni kebun binatang Bali Safari and Marine Park. Upacara yang digelar di area pintu masuk utama kebun binatang tersebut diikuti oleh sejumlah satwa dengan khidmat.

Menurut Manajer Operasional kebun binatang tersebut, upacara 17 Agustusan ini rutin diadakan setiap tahunnya. Agar tidak monoton, di setiap upacara diberikan nuansa yang berbeda. Satwa yang diikutsertakan juga berbeda-beda setiap tahunnya.

Tidak hanya kebun binatang di Bali saja yang melakukan upacara tersebut, kebun binatang di wilayah lain juga turut mengadakan upacara bendera. Salah satunya adalah Taman Safari Indonesia di Jawa Timur.

 

  1. Di Puncak Gunung

Shutterstock

Tidak ada yang bisa mengalahkan rasa bangga ketika berhasil mencapai puncak gunung dan kemudian melakukan upacara bendera dan mengibarkan sang merah putih dengan khidmat. Melaksanakan upacara 17 Agustusan di puncak gunung maupun di sekitar lereng gunung, telah menjadi sebuah kegiatan turun temurun di kalangan para pendaki dan pecinta alam.

Tujuannya adalah untuk menunjukkan rasa cinta pada alam dan juga tanah air sekaligus dalam satu waktu. Tahun ini upacara bendera di atas puncak gunung untuk memperingati HUT ke-72 RI dilaksanakan di Gunung Slamet dengan dihadiri ribuan peserta yang merupakan pendaki dan masyarakat sekitar.

Sebagai warga negara Indonesia tidak ada salahnya ketika Anda ingin mencoba pengalaman upacara di lokasi yang telah diseebutkan di atas. Tidak perlu khawatir masalah akomodasi.

 

Cari hotel murah di Reservasi.com dan temukan hotel yang paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, dengan booking hotel di Reservasi.com Anda bisa menikmati promo hotel terbaik diskon hingga Rp1 Juta tanpa minimum transaksi.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)