Sepekan Terakhir BAZNAS Salurkan Berbagai Bantuan dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) aktif menyalurkan berbagai donasi dalam upayanya menanggulangi pandemi Covid-19. Tercatat sejak Senin (13/7) hingga Kamis (15/7), BAZNAS telah mendistribusikan 70 tabung oksigen ke berbagai faskes di Jabodetabek, 150 paket logistik keluarga, berbagai alat pelindung diri (APD) serta vitamin untuk para penggali kubur, dan terkini menyalurkan 750 paket makanan kepada faskes.

"Pendistribusian ini merupakan upaya aktif BAZNAS dalam membantu penanganan Covid-19 yang berdampak ke berbagai sektor. Selain kepada masyarakat terdampak, bantuan ini juga menyasar mereka yang berada di garda terdepan dalam melawan pandemi, seperti tenaga kesehatan dan para penggali kubur," kata Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan, MA., di Jakarta, Kamis (15/7).

Saidah melanjutkan, donasi ini merupakan rangkaian dari delapan program darurat yang dicanangkan BAZNAS dalam menanggulangi pandemi Covid-19, yang angkanya terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Berbagai program ini, kata Saidah, merupakan bentuk implementasi dukungan dana zakat, infak, dan sedekah dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanggulangan Covid-19.

Saidah menuturkan, penyaluran beragam donasi tak akan berhenti sampai di sini, namun akan dilakukan secara bertahap di masa pandemi ke berbagai lapisan masyarakat yang terkena imbas.

"Berbagai bantuan akan terus dilakukan BAZNAS secara bertahap. Sejak Senin kemarin BAZNAS bergerak cepat dalam mencukupi kebutuhan para keluarga terdampak pandemi, dengan bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyalurkan 150 Paket Logistik Keluarga (PLK) bagi warga yang terkena dampak Covid-19," ucap Saidah.

"Kemudian pada Selasa, BAZNAS telah menyalurkan sebanyak 70 tabung oksigen untuk sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Jabodetabek. Penyaluran bantuan ini diberikan secara bertahap kepada faskes yang mengalami kekurangan tabung oksigen. Penyaluran tabung juga akan dilanjutkan di berbagai tempat," kata Saidah.

Ketepatan sasaran juga menjadi perhatian BAZNAS dengan melakukan koordinasi intensif dengan Dinas Kesehatan setempat untuk menentukan faskes yang menerima bantuan.

Kemudian pada keesokan harinya, Rabu (14/7), BAZNAS mendistribusikan alat pelindung diri (APD) dan vitamin untuk para penggali kubur di dua tempat pemakaman Covid-19, yaitu di TPU Rorotan Jakarta Utara dan TPU Situ Gede Kota Bogor. APD yang diberikan terdiri dari hazmat, kaca mata safety, masker N95, sarung tangan, sepatu boots, dan multivitamin.

"Penyaluran bantuan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan para penggali kubur di tengah meningkatnya kasus penularan Covid-19. Terlebih saat ini angka positif terus bertambah setiap harinya," ujar Saidah.

Aksi terkini yang dilakukan BAZNAS adalah penyaluran donasi 750 paket makanan dari Laukita ke tiga rumah sakit masing-masing 250 paket, yakni RS Mayapada, RS Syarif Hidayatullah, dan RS Hermina Ciputat.

"Kami sangat berharap secepatnya kita bisa keluar dari krisis akibat pandemi ini, yang telah menjalar ke berbagai aspek kehidupan. Mari kita terus menjaga protokol kesehatan, dan segera divaksinasi. Serta mengikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak terlalu mendesak," kata Saidah.

Anda bisa turut ambil bagian dalam upaya BAZNAS menanggulangi pandemi Covid-19 dengan menyalurkan donasi melalui bit.ly/donasikebencanaan. Mari saling bantu dan mengulurkan tangan agar kita semua bisa segera keluar dari krisis pandemi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)