Setelah Terima Vaksin COVID-19, Ini Langkah Bio Farma Selanjutnya

Bio Farma saat ini sedang mempersiapkan solusi digital untuk kebutuhan pemenuhan distribusi vaksin COVID-19 skema pemerintah maupun mandiri.

Honesti Basyir, Direktur Utama Bio Farma menjadi pembicara dalam konferensi pers mengenai perencanaan distribusi dan quality control vaksin COVID-19 di Jakarta, Selasa, 8 Desember 2020. FOTO: Dok KPCPEN

JAKARTA - Bio Farma dan Badan POM mengalokasikan 568 vial vaksin COVID-19 yang telah ada di Indonesia untuk pengujian mutu. Pengujian dilakukan untuk untuk proses quality control dan kemudian pendistribusian. Saat ini, 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 single dose telah disimpan di Bio Farma, Bandung.

“Selanjutnya, Bio Farma akan fokus pada penyimpanan vaksin dan akan melakukan berbagai persiapan agar siap dalam pendistribusian vaksin COVID-19 setelah mendapatkan izin penggunaan dan edar dari Badan POM,” ungkap Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam Keterangan Pers ‘Perencanaan Distribusi dan Quality Control Vaksin COVID-19’ di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (8/12/2020).

Distribusi vaksin dikatakan Honesti harus memenuhi good distribution practice dimanadalam proses distribusi vaksin COVID-19 hingga ke klinik ataupun fasilitas kesehatan. Bio Farma juga memperhatikan sistem rantai dingin atau cold chain untuk menjamin kualitas vaksin tetap terjaga. “Bio Farma saat ini sedang mempersiapkan solusi digital untuk kebutuhan pemenuhan distribusi vaksin COVID-19 baik untuk pemerintah maupun mandiri,” ungkap Honesti Basyir.

Suatu sistem end to end dalam pengadaan mandiri maupun pemerintah sedang dikembangkan oleh Bio Farma. “Kami bekerjasama dengan berbagai pihak seperti kementerian termasuk sinergi BUMN dengan Telkom dan beberapa pihak lainnya,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan walaupun vaksin telah tiba di Indonesia, protokol kesehatan harus tetap dijalankan. ”Masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan,” tegasnya. Sebagaimana diketahui, Bio Farma telah memiliki pengalaman yang panjang dalam distribusi vaksin, baik untuk kebutuhan pemerintah maupun untuk swasta.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)