Implementasi Analytics Dorong Bisnis Raih Peluang Baru

Data kini adalah sebuah resource berharga yang memegang peranan penting bagi perusahaan. Ibarat minyak, data is the new oil apabila perusahaan memiliki data dan mampu mengolahnya dengan baik dan benar sehingga menjadi sebuah informasi dan pengetahuan untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan yang tepat untuk bisnis. Meski demikian, banyak perusahaan tidak bisa memperoleh informasi atau pengetahuan dari data yang ada karena tidak bisa mengumpulkan dan mengolahnya dengan cara yang benar.

Untuk dapat mendorong perusahaan menjadi data-driven culture company, PT Soltius Indonesia menawarkan solusi analytics yang lengkap mulai dari penarikan data dari berbagai macam sumber, membersihkan (data cleansing), mengolah dan membuat data menjadi informasi dan juga pengetahuan bagi semua orang di dalam organisasi. Agar setiap organisasi dapat lebih bersaing di dalam bisnis, tidak hanya informasi-informasi yang bersifat masa lalu atau historikal yang harus dianalisa tetapi juga setiap organisasi harus dapat memprediksi apa yang akan terjadi nanti atau ke depannya.

Divisi Analytics PT. Soltius Indonesia memiliki portfolio analytics yang lengkap bagi perusahaan yang terdiri dari lima pilar, yakni:

1. Business intelligence, yang memberikan kemudahan kepada seluruh level di dalam organisasi dan terutama para analis atau jajaran direktur dalam mengambil keputusan melalui data dan informasi yang ditampilkan dalam bentuk dashboard yang jauh lebih mudah dan cepat dipahami oleh para pengambil keputusan bisnis.

2. Data   management,   yang   membantu   perusahaan   untuk mengintegrasikan, melakukan harmonisasi, membersihkan dan mengkonsolidasikan data dari banyak sistem OLTP. Kami memberikan jasa dalam pembuatan enterprise data warehouse yang baik agar setiap perusahaan memiliki single point of truth of information.

3. Enterprise  performance  management,  yang  membantu perusahaan dalam melakukan proses budgeting, forecasting dan juga financial consolidation. Terutama bagi perusahaan yang sudah public listed maka akan membutuhkan laporan keuangan yang harus dikonsolidasikan dengan melakukan eliminasi transaksi antar anak perusahaan. Pilar ketiga ini akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan hal tersebut.

4.  Big  data,  di  era  digital  ini,  data  berkembang  dengan  kecepatan yang sangat cepat dan dibutuhkan suatu platform yang mampu untuk menampung kecepatan pertumbuhan data ini. Konsep big data tidak luput dari konsep 3V yaitu Volume, Velocity dan Variety. Platform big data dapat membantu perusahaan dalam melakukan ingestion data baik terstruktur, semi terstruktur maupun tidak terstruktur.

5.  Predictive  &  Prescriptive,  pilar  terakhir  ini  menjadi  ujung  tombak bagi setiap perusahaan yang ingin mendapatkan manfaat dari data yang dimiliki secara optimal. Dan dengan konsep Predictive & Prescriptive yang baik, perusahaan dapat memiliki keunggulan dalam bersaing di setiap sektor bisnis. Dengan analisa predictive & prescriptive setiap perusahaan dapat memprediksi apa yang akan terjadi dan apa saja yang harus direkomendasikan kepada para pelanggan.

Menurut Bernardy Suhendra, Head of Analytics PT Soltius Indonesia, dengan produk portfolio analytics yang luas, Soltius mendorong kesadaran yang tinggi bagi perusahaan dalam mengelola data dengan baik dan benar. “Tantangan di berbagai sektor perusahaan dapat diatasi dengan mengandalkan solusi analytics. Contohnya, dalam sektor manufaktur adalah predictive maintenance dengan konsep ini, perusahaan mampu untuk memprediksi mana saja mesin atau bagian mesin yang akan rusak sebelum mesin tersebut rusak (pepatah lama berkata “mencegah lebih baik daripada mengobati”), lalu pada sektor distribusi seperti demand forecasting melakukan peramalan permintaan pasar menggunakan konsep atau algoritma machine learning akan sangat membantu perusahaan untuk menentukan berapa banyak barang yang akan terjual di masa depan, dan sektor retail melalui personalized marketing atau product recommendation yang di mana di setiap ritel akan membutuhkan informasi untuk melakukan marketing campaign yang lebih terarah dan juga barang apa yang harus direkomendasikan kepada setiap pelanggan,” ujar Bernardy.

Tidak hanya itu, Soltius menawarkan keunggulan layanan yang unik di Soltius berupa Data science as a service (DSaaS) yang membantu klien dalam menganalisis data, serta memandu strategi bisnis berdasarkan insights yang diperoleh. Soltius berperan dalam mengumpulkan data dari klien, proses analisis, menjalankan algoritma analisis terhadap data dan memberikan hasil temuan yang dihasilkan kepada klien.

“DSaaS memberikan kemudahan bagi klien agar tidak perlu membeli infrastruktur hardware maupun software, melainkan menggunakan layanan Soltius yang ready-made atau siap pakai. Untuk mengurangi risiko perusahaan dalam memilih solusi, kami menawarkan layanan yang tidak memerlukan investasi infrastruktur yang besar atau merekrut data scientist internal,” kata Bernardy.

Diharapkan dengan implementasi solusi analytics, perusahaan dapat mampu meningkatkan efisiensi serta kemampuan pengambilan keputusan karena pandangan bisnis yang utuh dan menyeluruh berdasarkan beberapa sumber data dan peramalan yang lebih akurat. Selain itu, dampaknya juga akan dirasakan melalui bertambahnya kepuasan pelanggan berkat pemahaman yang lebih baik terhadap kebutuhan pelanggan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)