Implementasi Cloud ERP Soltius Dukung Akselerasi dan Efisiensi Bisnis

Agar dapat memenuhi kebutuhan transformasi digital, perusahaan memerlukan solusi dan layanan yang tepat, guna mendukung kontrol proses bisnis secara real time dan akurat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengadopsi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis cloud. Dengan adanya Cloud ERP, sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan sistem ERP dengan waktu yang cukup singkat dan bisa segera merasakan manfaat yg didapat dari proses bisnis yang lebih optimal dan efisien serta terintegrasi.

Implementasi sistem ERP di masa lalu identik dengan biaya investasi yang cukup besar dari segi hardware dan software dan hanya dinikmati oleh korporasi besar saja. Teknologi Cloud ERP menjadi solusi bagi perusahaan dimana dapat mempersingkat waktu implementasi sekaligus menghemat biaya investasi awal yg cukup besar.

PT Soltius Indonesia sebagai salah satu SAP Global Platinum Reseller, yang merupakan status partner SAP yang tertinggi, turut mendukung transformasi digital dengan portfolio produk Cloud ERP yang lengkap mulai dari SAP Business ByDesign untuk segmen small and medium-sized enterprises (SME) hingga SAP S/4HANA Cloud untuk segmen large enterprises.

“Investasi awal untuk On-premise ERP yang membutuhkan nilai yang besar sering kali menjadi kendala bagi banyak perusahaan untuk melakukan ‘digital transformation’. Lain halnya dengan Cloud ERP yang menyediakan model berlangganan (subscription), biaya investasi TI akan berubah dari capex menjadi opex dan ini akan sangat membantu meringankan beban perusahaan,” ujar Budi L. Halim, Director PT Soltius Indonesia.

Keuntungan lainnya adalah bahwa Cloud ERP memudahkan update karena dilakukan secara reguler dan terjadwal oleh vendor ERP tersebut. “SAP menyediakan update sistem secara berkala dan otomatis, sehingga perusahaan selalu memiliki akses terhadap inovasi terbaru,” tambah Budi.

SAP Business ByDesign memberikan single end-to-end cloud solution yang dinamis
dan dapat dikon figurasi sebagai pendukung proses sinergi semua fungsi yang ada dalam perusahaan sehingga menjadi lebih efisien dan terintegrasi. SAP Business ByDesign mengakomodir area bisnis yang luas, termasuk finansial, manajemen sumber daya manusia, penjualan dan pemasaran, pengadaan dan pembelian, customer relationship management (CRM), dan supply chain management (SCM).

Menurut Veronica Widyanti Sutasurya, Division Manager PT Soltius Indonesia, penerapan ERP memberikan dampak terhadap perbaikan kontrol perusahaan dalam menjalankan proses bisnis sehari-hari. “Perusahaan yang berkembang atau scaling- up, umumnya akan menghadapi isu yaitu kontrol yang semakin longgar. Hal ini terjadi karena kompleksitas proses bisnis semakin bertambah. Namun dengan cloud ERP dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan ekspansi yang dinamis,” ungkap Veronica.

Adapun SAP S/4HANA Cloud memberikan keuntungan dari beragam kapabilitas untuk berbagai industri yang berbeda dan kelengkapan fungsi-fungsi serta adopsi inovasi baru yang sangat cepat, seperti predictive analytics, machine learning dan fungsi-fungsi baru lainnya.

Soltius dengan tagline “Beyond ERP” tidak hanya menawarkan ERP sebagai fondasi dalam digitalisasi perusahaan, namun juga menawarkan solusi-solusi baru, seperti Big Data Analytics, Data Science as a Service (DSaaS), Mobile Supply Chain, Supply Chain Optimization, cloud-based HCM & CRM dan Enterprise Information Management yang memungkinkan para pelaku usaha untuk malakukan transformasi digital secara maksimal.

“Soltius ingin menjadi strategic business partner yang menghadirkan solusi end-to- end bagi customer kami, karena, dalam menyambut transformasi digital, seperti, trend Industry 4.0, ERP diperlukan sebagai fondasi dan digital-hub dalam mengintegrasikan seluruh proses dan sistem yang digunakan,” kata Budi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)