Menggunakan KPI untuk Mencapai Tujuan Bisnis

Menurut David Parmenter dalam bukunya Developing, Implementing, and Using Winning KPIs, Key Performance Indicator (KPI) adalah  indikator yang berfokus pada aspek kinerja organisasi yang paling penting bagi keberhasilan organisasi saat ini dan di masa depan. Agar sebuah perusahaan bisa mengetahui apakah bisnisnya sudah berjalan dijalur yang tepat dan targetnya akan tercapai, maka KPI adalah panduan utamanya. Berhard Saragih, HCM Consulting Manager PT Soltius Indonesia menjelaskan, KPI dirumuskan dari tujuan organisasi yang akan diturunkan menjadi lebih spesifik di setiap unit sampai ke level karyawan di dalam organisasi.

Berhard Saragih, HCM Consulting Manager PT Soltius Indonesia

“KPI itu diturunkan menjadi goals yang sesuai dengan role masing-masing divisi, dengan tetap mengacu dan searah dengan key objective perusahaan,” jelasnya.  

Lebih lanjut Berhard juga menjelaskan KPI yang baik itu harus memenuhi kriteria SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound). Jadi KPI harus bisa menjawab pertanyaan berikut, pertama, apakah objectivesnya spesifik/Specific? Apabila tidak spesifik maka karyawan akan sulit untuk menginterpretasikannya. Kedua, apakah objectivesnya bisa diukur/measureable? semakin jelas ukurannya semakin baik. Ketiga, apakah objectivesnya bisa dicapai/achievable? organisasi harus memberikan objectives yang mungkin untuk dicapai. Keempat, apakah objectivesnya relevan? artinya harus ada kaitannya dengan tujuan organisasi sehingga tujuan karyawan selaras dengan tujuan organisasi. Kelima, apakah objectivesnya punya batas waktu/time-bound? artinya untuk mencapai objectives yang ditetapkan harus memiliki jangka waktu.  

KPI yang baik juga akan mampu menumbuhkan motivasi, serta sense of belonging karyawan pada perusahaan. “Karena setiap individu akan bisa melihat bagaimana kontribusinya berdampak penting bagi tujuan perusahaan, hal ini akan memberikan semangat untuk terus memberikan yang terbaik,” lanjutnya.   

Kemudian hal penting yang harus dibangun dan dijaga setelah KPI dirumuskan dan dimplementasikan yaitu tracking progress dan komunikasi. Tracking progress harus bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, tujuannya agar organisasi dapat memastikan setiap karyawan yang sudah memiliki target dapat mencapainya.

Untuk bisa menjalankan semua itu, kini hadir SAP SuccessFactors Goal Performance. Solusi untuk KPI yang berbasiskan cloud. Dengan sistem ini perusahaan dapat mengatur dan menurukan goal perusahaan menjadi KPI karyawan. Sistem ini dilengkapi lebih dari 500 SMART goals yang sudah siap digunakan.  “Jadi mudah untuk diedit atau ditambah sesuai kebutuhan,” ujar Berhard. Selain itu sistem ini juga dilengkapi fitur yang sangat penting yaitu Continuous Performance Management (CPM), yang berguna untuk tracking progress. “Dengan CPM akan mendorong komunikasi yang bisa dilakukan antara karyawan dan manager dimanapun dan kapanpun dengan teknologi mobile, sehingga karyawan dapat memberikan update terkait progress Goals, dapat mencatat activity ataupun achievement yang sudah dicapai, dan dari sisi manager dapat memberikan feedback, coaching, serta pengembangan yang diperlukan. Seluruh data ini akan tercatat dan dapat digunakan untuk Penilaian akhir, sehingga manager akan dapat memberikan penilaian yang objective karena didukung oleh data yang cukup,” jelas Berhard. Penilaian 360 juga bisa dikerjakan dengan sistem ini, sehingga penilaian bisa datang dari peer-nya karyawan, atasan lintas divisi dan bahkan customer pun bisa memberi penilaian.

SAP SuccessFactor Goal Performance ini juga dilengkapi Kalibrasi, sehingga seluruh penilaian dari masing-masing divisi bisa diuji lagi sehingga menjadi lebih objective. Hasilnya setiap orang bisa mendapat nilai yang benar-benar fair. Contohnya setiap karyawan yang diberi nilai A dikumpulkan dan kembali diuji untuk melihat siapa yang paling unggul. Dengan fitur Nine box di kalibrasi maka organisasi dapat menentukan Performance VS Potential, Risk VS Impact, Performance VS Compensation. Sehingga organisasi dapat memberikan penghargaan kepada top performer sesuai dengan kontribusi mereka.

www.soltius.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)