Mobile Supply Chain, Model Tata Kelola Rantai Pasok Yang Efisien Di Era Digital

Rahmad Heri Wibowo, Consulting Manager Mobility

Perkembangan teknologi digital saat ini sudah sedemikian pesatnya. Hal ini juga ditambah dengan dukungan infrastruktur internet yang semakin baik dan juga perangkat portable seperti smartphones dan PDA yang semakin canggih dan dengan harga yang semakin terjangkau. Penggunaan teknologi digital ini semakin merambah ke seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali dunia ekonomi dan bisnis dimana proses digitalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis di perusahaan.

Rahmad Heri Wibowo, Consulting Manager Mobility Departmen Soltius menjelaskan salah satu area yang paling terdampak dari digitalisasi ini adalah sepanjang  proses rantai pasokan barang atau yang sering dikenal dengan istilah supply chain process. Dimulai dari proses me-manage opportunity, sales activity hingga penjualan secara mobile (Sales Force Automation) oleh pihak sales yang bisa dilengkapi dengan peta digital dan juga melacak posisi para sales di lapangan. Area Inventory dan Warehouse juga tidak kalah pentingnya, proses penerimaan barang bisa dilakukan secara mobile, dimulai dari security checking, goods unloading, hingga proses perpindahan barang ke setiap area di gudang. Di Area produksi, aplikasi mobile ataupun penggunaan tablet di setiap line produksi bisa membantu operasional  produksi sehari-hari, seperti pencatatan data hasil produksi, dan pencatatan critical issue sepanjang proses produksi. Hal yang sama juga bisa dilakukan utk mencatat secara akurat semua konsumsi penggunaan bahan baku. Selain itu, untuk menjamin hasil produksi yang baik, proses pencatatan hasil inspeksi kualitas juga perlu ditingkatkan, tidak hanya melibatkan hanya data tapi juga gambar dan tanda-tangan digital. Tidak berhenti sampai disitu, Pihak engineering dan maintenance juga bisa mendapat manfaat dari teknologi mobile ini untuk mencatat seluruh Aktivitas perawatan mesin produksi dilapangan secara langsung menggunakan smartphone. Hal lainnya, untuk menjamin kepuasan pelanggan, proses delivery ke customer oleh tim ekspedisi juga bisa dilacak secara mobile hingga proses penerimaan barang oleh customer. 

“Dengan mobile supply chain ini tentu membantu efisiensi biaya dan waktu, karena paperless dan terjamin akurasinya sehingga pekerjaan bisa lebih optimal dan perusahaan  bisa lebih hemat. Informasi mengenai potensi adanya critical task dalam operasi misalnya mesin rusak pun bisa didapat secara dini sehingga bisa ditangani lebih cepat oleh perusahaan.” ungkap Rahmad.

Menjawab tantangan dan peluang diatas, Soltius membawa salah satu solusi mobile terkemuka berupa ‘DSI Mobile Supply Chain Platform. Dengan solusi DSI, Soltius membantu perusahaan membangun aplikasi bisnis dengan metode pengembangan yang cepat dan mudah dimana dilakukan melalui pemrograman visual, drag-and-drop dan juga low-code. Dengan kemudahan ini, maka fleksibilitas bisa dijaga dan hasil yg diperoleh juga akan dengan mudah menyesuaikan dengan arah pergerakan akan kebutuhan mobile solution ini. Solusi DSI juga mendukung proses penyimpanan data local atau Offline Mode. Solusi DSI ini merupakan mobile platform yg sudah ter-sertifikasi untuk integrasi dengan banyak ERP dunia, seperti SAP, Oracle, Infor, Netsuite, IFS, dll. Dengan adanya sertifikasi ini membuktikan bahwa mobile platform ini bisa mendukung dan melengkapi solusi-solusi yang sudah di sediakan oleh ERP. 

“Platform ini bisa menjadi solusi bagi semua pihak dan divisi yang terlibat dalam sebuah rantai pasok sebuah perusahaan, selain mudah operasionalnya, DSI Mobile Supply Chain ini juga mudah dalam hal teknis pemeliharaan, sehingga praktis seluruhnya bisa dikerjakan sendiri oleh tim IT internal perusahaan” jelas Rahmad.

PT Soltius Indonesia, salah satu anak perusahaan dari metrodata group dan member dari UnitedVARS, juga merupakan Gold Partner dari DSI Global untuk wilayah asia-pacific. Soltius berkomitment untuk membantu dan mendampingi para customer menuju sukses ber-transformasi di era digital ekonomi ini. Dengan pengalaman implementasi System SAP dan mobile yang ter-integrasi menjadikan PT Soltius Indonesia sebagai partner terbaik untuk pengembangan aplikasi mobile yang ter-integrasi dengan ERP anda.

www.soltius.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)