Solusi Lengkap Depot Kontainer di Timur Indonesia

Kelancaran arus barang eksporimpor menjadi salah satu faktor penentu dalam meningkatkan daya saing Indonesia di kancah perdagangan internasional. Menyongsong MEA 2015, peran depot kontainer yang mampu menghadirkan layanan prima semakin dibutuhkan.

PT Indra Jaya Swastika PT Indra Jaya Swastika

Dalam lima tahun terakhir, rata-rata volume ekspor dan impor di wilayah Indonesia Timur mengalami kenaikan sebesar 15 persen per tahun. Demi menunjang kelancaran dan efi siensi arus barang dalam aktivitas perdagangan internasional yang kompleks ini, peran aktif dari berbagai pihak sangatlah dibutuhkan. Mulai dari eksporter, importer, perusahaan pelayaran, asuransi, hingga depot kontainer.

Kiprah PT Indra Jaya Swastika (IJS) bermula tahun 1984, di tengah meningkatnya kebutuhan pengguna jasa akan depot peti kemas yang mampu menyediakan solusi total. Djojo Rahardjo selaku pendiri IJS mengawali bisnis ini dari satu gudang sederhana, hingga akhirnya kini memiliki dua belas gudang logistik (35.000 m2) berfasilitas lengkap dan bereputasi baik di Indonesia. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden pada tahun 1992, bersamaan dengan peresmian pelabuhan
Tanjung Perak di Surabaya (PT Terminal Petikemas Surabaya) dan perluasan pelabuhan di Banjarmasin di bawah PELINDO III. Terletak di area seluas 360.000 m2 yang didukung oleh peralatan dan fasilitas modern serta SDM berkualitas, IJS telah berhasil mewujudkan misinya sebagai one-stop container depot.

“Mengingat biaya logistik menyumbangkan persentase yang cukup besar pada pertumbuhan domestik, kami tertantang untuk terus berinovasi dan melakukan perbaikan demi terciptanya efi siensi proses logistik. Dengan diberlakukannya MEA, kami melihat potensi yang sangat besar di bisnis ini. Populasi penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta juga membuka peluang untuk tingkat kebutuhan yang sangat tinggi,” papar Djojo selaku Direktur Utama IJS.

PT Indra Jaya Swastika

Komitmen IJS untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan tercermin dalam serangkaian pengembangan yang dilakukannya. Salah satunya, untuk memudahkan arus barang dari dan menuju pelabuhan, IJS mendirikan divisi transportasi yang berlokasi dekat dengan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Guna mengurangi kongesti peti kemas di pelabuhan, tahun 1998 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pun memberikan kepercayaan kepada IJS sebagai salah satu mitra untuk membangun Gudang Berikat dan Depot Peti Kemas di bawah Pengawasan Pabean (DP3).

Listya Sastrawati, generasi kedua yang kini dipercaya sebagai General Manager IJS, menyatakan bahwa perusahaannya tak henti untuk memperbarui sarana, prasarana dan menemukan solusi manajemen yang lebih baik. “Tantangan bagi kami adalah untuk terus berinovasi dan melakukan improvement baik untuk SDM, infrastruktur maupun teknologi, sehingga memperkecil human error serta menghasilkan percepatan dan efi siensi proses logistik,” ujarnya.

Terhitung tahun 1990, IJS menerapkan sistem informasi berbasis komputer dan Electronic Data Interchange yang memungkinkan setiap pelanggan untuk mendeteksi status dan pergerakan peti kemas setiap saat dari lokasi manapun. Sistem ini merupakan bagian dari sistem manajemen pelanggan terintegrasi yang aman dan tepat waktu. Sebagai pengganti metode manual yang dipakai sebelumnya, kini pelanggan juga dapat melakukan transaksi secara online via internet.

“Kami dapat memberikan pelayanan lebih baik karena keterkaitan seluruh kegiatan ekspor-impor tersedia di IJS, yang meliputi Container Stacking Yard, Repair and Cleaning Station, Reefer Facilities, Bonded Warehouse, Commercial and Consolidator Warehouse, Inland Clearance Depot, Customs Clearance, Port Clearance, Container Sales, Modifi cation and Rental, Storage Vehicle hingga Transportation,” terang Listya seraya menyebutkan pihaknya telah memperoleh sejumlah pengakuan, di antaranya sebagai Depot Terbesar Se-Asia Tenggara, Depot of The Year, dan ISO 9001:2008.

Dalam lima tahun ke depan, IJS mencanangkan target untuk menjadi depot dan pergudangan dominan di beberapa wilayah Indonesia dan berstandar internasional. Untuk itu, IJS siap memberikan layanan terbaiknya bagi para eksporter, importer, perusahaan pelayaran internasional, logistik, dan freight forwarding yang membutuhkan layanan satu atap yang dapat diandalkan.

PT Indra Jaya Swastika

PT Indra Jaya Swastika
Jl Kalianak Barat No 57A Surabaya 60183
Telp : +62 31 7481388
Fax : +62 31 7490293 / +62 31 7492368
Hotline : +62 851 0146 816
Email : submkt@ijs.co.id
Twiter : @ijsdepo

 


 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)