Strategi XL Business Solutions Menjaga Stabilitas Koneksi dan Produktivitas Masyarakat dalam Bekerja di Kala Pandemi

Pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia dan tak terkecuali Indonesia, menjadi ujian paling berat baik bagi pemerintah maupun pelaku usaha.  Wabah virus ini menular dengan cepat dan mudah antar manusia.  Oleh karena itu menjaga jarak aman atau social distancing adalah sebuah keharusan agar siklus penularan dapat diputus.  Sejumlah Pemerintah Daerah juga telah memberlakukan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang melarang adanya pergerakan dan kerumunan massa .  Bahkan  Pemda DKI telah mengumumkan perpanjangan masa PSBB selama 28 hari sejak 24 April hingga 22 Mei 2020.

Karena itu, bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) menjadi pilihan paling bijak bagi institusi bisnis manapun di tengah pandemi Covid-19 ini. Bekerja dari rumah artinya bekerja dengan cerdas menggunakan perangkat pintar agar kita tetap produktif. Perlu digarisbawahi bahwa bekerja dari rumah sama pentingnya dengan bekerja di kantor. Klien atau rekan kerja dengan mudah bisa menghubungi Anda atau karyawan Anda untuk meminta bantuan kapan pun. Oleh karena itu ada baiknya  pastikan dulu koneksi seluler dan jaringan internet yang Anda pergunakan agar bisa diandalkan.  

Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata

Diakui  Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, sejak marak institusi bisnis, pemerintah, dan pendidikan memberlakukan bekerja dan belajar dari rumah, kebutuhan akan data meningkat signifikan. “Sejak diberlakukan WFH ada kenaikan traffic layanan data sebesar 18% pada seluruh layanan data dalam cakupan nasional.” ungkap Feby. Menurutnya, untuk menghadapi hal tersebut, sejak awal XL Axiata terus melakukan monitoring terhadap performa dan kualitas jaringan XL Axiata selama 24 jam untuk mengantisipasi potensi lonjakan traffic. “Kami juga telah melakukan penambahan kapasitas jaringan di 1.400 titik/site serta mengikuti perkembangan peningkatan trafik harian.” jelas Feby.  

Tak hanya dari sisi jaringan dan konektivitas yang dijaga, tetapi dari sisi produk dan layanan XL Axiata, lewat unit bisnis XL Business Solutions juga berupaya memberikan yang terbaik untuk mendukung masyarakat yang harus bekerja dan belajar dari rumah. Seperti kita ketahui di masa WFH ini banyak dari masyarakat yang belum siap dengan perubahan suasana kerja. Jika sebelumnya saat bekerja di kantor, kita fokus dan menyelesaikan di kantor, kemudian bisa pulang ke rumah untuk beristirahat. Saat WFH, kita harus bisa beradaptasi dengan urusan kantor dan rumah sekaligus. Ditambah lagi keterbatasan untuk berdiskusi dengan rekan kerja. Semua pekerjaan harus dilakukan melalui perantara: telepon, email, aplikasi, dan sebagainya. Hal itu berakibat membuat kewalahan, stress, bahkan bisa memicu burnout.

Menanggapi fenomena itu, XL Business Solutions punya solusi yang tepat untuk mendukung produktivitas bekerja walaupun dari rumah. Salah satunya dengan produk BIZ. Produk ini merupakan solusi komunikasi yang memiliki beragam kegunaan selain untuk berkomunikasi pada umumnya. BIZ ini juga sudah di bundling dengan layanan Office 365 untuk mendukung kelancaran bisnis para pelanggan. “Mengapa ada Office 365 di dalamnya? Karena kami tahu bahwa Office 365 adalah salah satu productivity tools terbaik sehingga akan sangat membantu produktivitas pelanggan kami.” jelas Feby.

Dengan layanan berbasis Cloud yang sudah mencakup ​Microsoft Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook yang sangat banyak digunakan selama periode work from home, diyakini akan membuat pelanggan dapat menjalankan bisnis dengan aman tanpa rasa khawatir.​ Office 365 juga sudah memiliki penyimpanan Cloud OneDrive dan juga mendukung email dengan domain bisnis yang kapasitas mailbox-nya cukup besar.

Selain itu dalam Office 365 juga ada Microsoft Teams yang merupakan platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang terintegrasi penuh dengan Word, Excel, PowerPoint, dan OneDrive. Hal ini memudahkan seluruh tim untuk tetap produktif karena dengan Microsoft Teams kita bisa tetap melaksanakan rapat, memperlihatkan materi presentasi secara langsung, dan yang terpenting dan perlu digarisbawahi jaringan komunikasi online ini aman karena dikeluarkan oleh Microsoft. Pengguna Microsoft Teams juga bisa saling mengunggah file dan mengedit file di dalam aplikasi itu sendiri sehingga kolaborasi menjadi jauh lebih mudah. “Kolaborasi seperti ini juga sudah diterapkan di XL dan it works. Produk ini sangat cocok untuk semua pelaku bisnis baik itu large enterprise, medium dan small,” jelas Feby  

Kedua, ada Infinet Go yang merupakan wujud komitmen XL Business Solutions untuk membantu kebutuhan para pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnya melalui ketersediaan akses internet mobile berkecepatan tinggi 4G LTE dengan kuota yang besar. Infinet Go ini cocok untuk pelanggan kami yang memiliki mobilitas tinggi, karena perangkat yang praktis, mudah untuk dibawa, dapat digunakan di mana saja, memiliki battery yang bisa bertahan selama 6 jam, ditambah dengan pilihan kuota yang cukup besar jadi cocok sekali untuk pekerja yang mobile tanpa takut kehilangan konektivitas.

Lebih lanjut Feby juga mengingatkan pandemi Covid-19 ini telah melahirkan era dan kultur baru dalam bekerja.  Program WFH misalnya, bisa jadi akan tetap menjadi pilihan sejumlah perusahaan pada pascakrisis nanti.  Mereka akan tetap mempertahankan program kerja dari rumah ini selepas badai Covid-19 karena dinilai lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda didukung koneksi seluler dan jaringan internet yang andal agar dapat terus terhubung dengan mitra-mitra bisnis Anda. •

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)