Strategic Solution to VUCA

Dalam menghadapi jaman yang semakin berubah ini, kita dihadapkan pada ketidak pastian. Apa yang mebuat kita sukses dulu, sekarang tidak lagi. Apa yang dulu jelas, sekarang jadi kabur. Semuanya serba tidak pasti, semuanya ambigu. Lalu apa yang harus kita lakukan?

VUCA terdiri dari 4 elemen: Volatility (Kecepatan Perubahan), Uncertainty (Ketidakpastian), Complexity (Kompleksitas), Ambigity (Ketidak-jelasan akan Realitas). Ini adalah jaman baru, yang penuh ketidak pastian keadaan. Yang membutuhkan sebuah strategi solusi. Ada 4 strategi yang dapat membuat kita lebih baik dalam menghadapi VUCA ini.

 

Satu. Agile Learning. Belajar terus menerus dengan tangkas. Karena perubahan bisnis yang tidak ada habisnya, maka perbaikan dan pembelajaran jadi kunci. Menciptakan suasana bejalar yang kondusif di perusahaan, mempelajari hal2 yang bahkan bukan bidang kita, serta memperkaya skills kita dalam banyak hal akan membuat kita semakin mampu menghadapi perubahan yang cepat ini.

 

Dua. Adeptness to Ambiguity. Mampu menghadapai ketidakpastian. Bisa beradaptasi pada hal2 yang rumit dan kompleks. Punya keyakinan pribadi yang baik, dapat selalu bangkit dari kegagalan - kegagalan yang dilalui. Punya kelebaran pemikiran dan daya adaptasi tinggi terhadap bisnis dan prosesnya.

 

Tiga. Thinking Strategically. Mampu berpikir secara strategis. Mampu mengerjakan permintaan yang sulit, dalam informasi yang tidak lengkap. Bisa berpikir lebih panjang dari yang diharapkan. Bisa menginspirasi orang lain akan masa depan dan goal yang positif.

 

Empat. Drive to Execute. Mendorong Eksekusi. Berani mengambil resiko yang diperhitungkan dan mendorong pelaksanaan strategi dengan tegas dan cepat. Mampu mendorong dan mempengaruhi orang lain untuk menyelesaikan semua tantangan. Leader juga harus bisa mendorong anak buahnya supaya juga mau dan mampu mengambil resiko tertentu dalam mengeksekusi bisnis.

 

Diharapkan ke-empat meta kompetensi itu dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi, fleksibel dalam pelaksanaan, dan tetap focus pada arah tujuan hidup kita dan perusahaan kita. Tidak selalu kita bisa menghadapi semua hal yang berubah dengan cepat, tetapi setidaknya 4 hal ini mampu membuat kita menjadi lebih “sakti” dalam menjalankan bisnis kita dijaman ini. Salam sukses untuk kita semua.

 

Tanadi Santoso.

Penulis adalah Entrepreneur dan Pembicara Public dan Corporate Trainer yang berpengalaman.

www.tanadisantoso.com; www.facebook.com/tanadisantoso. fb; @tanadisantoso

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)