Super Indo Express Jadi Agen Pertumbuhan Super Indo

PT Lion Super Indo (Super Indo) kian ekspansif dalam membuka gerai supermarket waralaba Super Indo Express. Pembukaan gerai terbaru Super lndo Express Tanah Merdeka di Ciracas, Jakarta Timur pada 20 Desember 2019 ini menjadi gerai yang ketujuh dengan konsep franchise untuk supermarket berukuran compact. Peresmian gerai dilakukan oleh Vice President of Legal Super Indo Bambang Triwicaksono dan General Manager of Franchise Super Indo Eric Rinaldo Syah.

Menurut Bambang Triwicaksono, bisnis waralaba melalui merek Super Indo Express merupakan bentuk komitmen Super Indo untuk membuka gerai di area-area komunitas balk perumahan maupun apartemen. “Tentunya kehadiran supermarket waralaba juga turut mendukung program pemerintah untuk membuka peluang bagi investor lokal maupun pelaku UMKM yang ingin menjadi bagian dari bisnis supermarket,” kata Bambang dalam keterangan resminya.

Berdasarkan laporan International Franchise Association yang berjudul Franchise Business Economic Outlook bahwa stabilitas ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan belanja konsumen menunjukkan sinyal positif. Franchise di seluruh dunia tumbuh sekitar 2,6 persen yang juga didukung dengan laporan positif International Monetary Fund (IMF) bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara global IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi hanya berkisar 3,7 persen, sementara lndonesia diprediksi memiliki pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen.

Merujuk pada hasil laporan tersebut, bisnis waralaba juga berperan penting dalam mendukung ekosistem pertumbuhan ekonomi nasional dari sisi perdagangan dan konsumsi rumah tangga. Dengan bisnis waralaba, investor tidak perlu lagi merancang ide, penamaan atau manajemen usaha. Tentunya ini akan memudahkan para investor untuk mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan dan mengimplementasikan pada lokasi yang berbeda. Terlebih jika perusahaan induk waralaba tersebut sudah memiliki reputasi yang unggul dan dipercaya masyarakat, sehingga pemasaran pun akan semakin mudah.

Pada kesempatan yang sama, Eric mengungkapkan bahwa di tengah bergugurannya bisnis ritel pasar swalayan di Indonesia akhir-akhir ini, Super Indo tetap optimistis dapat bertumbuh. “Sejak tahun 1997 kami konsisten dengan format supermarket yang menyasar segmen kelas menengah. Hal ini juga didukung dengan keberadaan masyarakat kelas menengah yang terus bertambah. Harga kami tetap acceptable dan value for money dengan kualitas yang dapat diandalkan,” kata Eric.

Konsep dari Super Indo Express adalah compact supermarket dengan ukuran kurang lebih 500m2 yang menyediakan berbagai jenis varian produk nasional dan private brand. Hingga saat ini, Super Indo Express telah beroperasi di 7 lokasi yang tersebar di wilayah Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang. Sementara Super Indo reguler telah mencapai 169 gerai yang tersebar di 40 kota di Pulau Jawa dan bagian selatan Sumatera. “Super Indo Express menjadi salah satu vehicle kami sebagai agent of growth,” tambah Eric.

Adapun keunggulan yang ditawarkan oleh Super Indo Express kepada para calon investor yaitu sistem investasi yang ditawarkan yaitu bersifat passive investor, di mana calon investor hanya perlu menyiapkan bangunan (milik sendiri/sewa), biaya perijinan dan biaya investasi. Selain itu, Super Indo Express juga mengadopsi seluruh sistem operasional yang dimiliki oleh Super Indo, seperti pengelolaan rantai pasok dan penyediaan produk segar berkualitas, pelayanan terbaik dan berbagai kegiatan yang nantinya dijalankan di gerai Super Indo Express.

“Saya yakin keberadaan Super Indo Express ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat di sekitar Tanah Merdeka. Karena Tanah Merdeka merupakan daerah pemukiman padat dan belum ada tempat berbelanja sekelas Supermarket didaerah ini sebelumnya.” Ujar Arie Agung Putra, Investor Super Indo Express Tanah Merdeka.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)