Syafrizal Rahadian: Pemimpin Muda Inovatif Dibalik Sukses Platform tSurvey Telkomsel

Platform survey berbasis big data, tSurvey milik Telkomsel kini menjadi salah satu produk yang terbilang sukses. Deretan korporasi besar masuk dalam daftar klien atau pengguna platform ini diantaranya Gojek, PLN dan BCA. Salah satu founder platform inovatif tersebut adalah Syafrizal Rahadian, talenta muda Telkomsel.  

“Saya berhasil memenangkan innovation award internal Telkomsel tahun 2019 dengan membuat ide tentang tSurvey, ini adalah platform survey berbasis big data,” ungkap Syafrizal dalam presentasinya dihadapan dewan juri kompetisi Indonesia Young Future Business Leader 2022 (IYBLA) yang diselenggarakan Majalah SWA bekerjasama dengan PLN dan BUMN Muda pada akhir Maret 2022 lalu.

Syafrizal Rahadian - Founder tSurvey

Syafrizal mengisahkan saat mengikuti kompetisi inovasi tersebut, Ia diberi tengat waktu 6 bulan untuk bisa mengembangkan ide nya menjadi sebuah produk MVP. Setelah 6 bulan produk tersebut disetujui oleh BOD Telkomsel karena dinilai sesuai dengan standar Telkomsel. Platform tSurvey kemudian dijalankan sebagai salah satu produk komersial digital Telkomsel.

Pasca kesuksesannya melahirkan tSurvey, Syafrizal kemudian melanjutkan karirnya sebagai Manager Network Service Telkomsel Jember. Di tempat tugasnya yang sekarang, alumni Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya itu membawahi 6 orang karyawan dalam tim kerjanya dan bekerja sama dengan lebih dari 100 orang sebagai mitra kerja. Sebagai pemimpin muda di dalam perusahaan yang berbasis teknologi, Syafrizal program GREAT yang menjadi panduan kerjanya bersama tim di Network Service Telkomsel Jember. GREAT terdiri dari 5 (lima) pilar, yaitu:

  1. Go digital: Dalam sehari-hari saya mengintegrasikan sistem digital ke dalam daily routine kami, sehingga kami bisa melihat pencapaian secara real time. Contohnya, kami sudah bisa men-track performance melalui dashboard.

  • Runfast and accurate: Dalam sehari-hari kami menggunakan framework Scrum yang agile terhadap perubahan dan cocok dengan jaman Vuca. Sehingga produk yang dihasilkan lebih agile.

  • Elevate collaboration: Kami menggunakan tools digital dalam melakukan kolaborasi, seperti microsoft teams dan Jira. 

  • Advance reporting, analytics and tracker: Kami selalu menggunakan data, termasuk data science and engineer. Sehingga kami bisa membuat insight, strategi, dan keputusan berdasarkan data.

  • Think creative and different: Saya selalu membuat tim berpikir kreatif dan inovatif. Saya memiliki acara Senin (Senang Innovasi). Disana, kami bertukar pikiran dan sharing tentang teknologi baru, jadi bisa menumbuhkan kreativitas tim dan nantinya bisa diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

Tak hanya membuat program GREAT sebagai panduan harian, pria yang mengaku digital addict dan data enthusiast tersebut juga membuat pertemuan informal dengan tim kerja secara rutin yang mereka namakan “Ngopi Asyik”. Awalnya Ngopi Asyik dilakukan secara online, namun setelah kebijakan WFO Telkomsel diubah menjadi 25%, program ini kemudian dialihkan menjadi offline. Syafrizal mengajak timnya berkumpul setiap 2 minggu sekali. Isi kegiatannya antara lain nonton bareng, karoke, dll. “Saya ingin tim saya nyaman dan bahagia karena jika tim nyaman dan bahagia, performance mereka akan lebih bagus.” Ungkapnya.

Rupanya sukses Syafrizal tak hanya di ranah profesional, Ia juga menorehkan prestasi di bidang sosial kemasyarakatan. Di luar jam kantor, Syafrizal mendedikasikan waktu untuk membangun Atapkita.com, ini adalah sebuah platform galang dana digital untuk kepentingan sosial seperti pembangunan Taman Pendidikan Al Qur’an, berbagi makanan untuk anak yatim, bencana alam, pasien tidak mampu dan sebagainya.

Syafrizal mengaku mendirikan dan mempin startup ini adalah sebuah pekerjaan yang menantang karena Ia dan rekannya harus mengerjakannya semua dari nol dan mereka juga harus mengerjakan banyak fungsi. Meski demikian Syafrizal mengaku Ia senang melihat usaha yang dirintisnya itu kini menunjukkan pertumbuhan yang baik.

Atas kepiawaiannya memimpin di bidang professional dan sosial, tak heran Syafrizal berhasil masuk sebagai Pemenang Indonesia Young Business Leader Award 2022 kategori Function Business Leader.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)