Data Center Telkomsigma Raih Sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facility

Data Center Telkomsigma berhasil meraih sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facility yang pertama di Indonesia. Seperti apa gambarannya? Sertifikat yang diserahkan di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta itu mengukuhkan Telkomsigma  sebagai penyedia layanan data center paling handal, aman dan terpercaya. Prestasi tersebut juga  melengkapi perolehan sertifikat Tier IV Design dan Tier III Operation tingkat gold pertama di ASEAN.

“Sertifikat ini berhasil diperoleh karena keberadaan data center yang dilengkapi jalur distribusi ganda untuk pasokan listrik dan sistem pendingin yang selalu aktif dan berfungsi, sehingga menjamin keberlangsungan operasional layanan yang selalu siap-sedia untuk para klien Telkomsigma,” ujar  Phil Collerton, Chief Revenue Officer for Uptime Institute.

Phil Collerton menegaskan, Telkomsigma adalah perusahaan pertama di Indonesia yang meraih tingkat Sertifikasi Tier IV dan Uptime Institute bangga dengan Telkomsigma atas perhatian besarnya dalam meningkatkan kualitas layanan data center.

“Dengan diperolehnya Tier IV Constructed Facilities dari Uptime Institute, semakin membuktikan bahwa layanan data center Telkomsigma sudah sesuai dengan standar data center Tier berkelas internasional, ” ujar CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto di Jakarta (18/12/2018).

Audit yang dilakukan pada saat semua klien dalam kondisi on pun membuktikan bahwa fasilitas yang disediakan data center Telkomsigma secara struktur dan infrastruktur telah dikategorikan sesuai oleh tim auditor, yang mana standar fasilitas yang ditetapkan oleh Uptime ini telah menjadi acuan bagi penyelenggara layanan data center di seluruh dunia.

Nilai tambah tersebut dapat dinikmati oleh para klien data center Telkomsigma yang telah berstandar Tier IV. Terlebih pula, dengan standar ini semua perangkat data center tidak akan terpengaruh oleh downtime yang terjadi saat perawatan berkala, karena telah didukung oleh perangkat backup yang mampu bekerja secara otomatis atau zero downtime dan sistem pendingin yang juga mampu bekerja tanpa henti.

Di Asia Tenggara, Telkomsigma telah mendapatkan pengakuan dari Uptime Institute sebagai data center pertama yang menerima sertifikat Tier III Operational Sustainability dengan tingkat gold, dan masih satu-satunya data center yang memiliki sertifikasi ini di ASEAN, bahkan di Singapura pun belum ada data center yang memiliki sertifikasi ini.

Sertifikasi ini telah memperkuat kapabilitas data center Telkomsigma, membantu meningkatkan ketahanan, menjaga fungsionalitas teknologi informasi dan mendukung operasional yang efektif. Proses sertifikasi Tier telah memastikan seluruh operasional berjalan selaras dengan tujuan usaha dari organisasi dan ekspektasi ketersediaan.

Kredibilitas Uptime Institute tidak diragukan lagi sebagai organisasi yang memberikan sertifikasi dengan sistem tier-ing. Standar yang ditetapkan oleh Uptime ini menjadi tolak ukur bagi pelaku bisnis data center di seluruh dunia. Mereka merupakan lembaga standardisasi pertama yang mendefinisikan konsep Data Center Tier, sebagai acuan badan standarisasi lain seperti Telecommunications Industry Association.

Uptime Institute membagi sertifikasi data center tersebut menjadi tiga tahapan yaitu Tier Certification of Design Documents (TCDD), Tier Certification of Construction Facility (TCCF) dan Tier Certification of Operational Sustainability (TCOS).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)