Telkom Terus Bergerak Kembangkan Digitalisasi Ekosistem Industri Kesehatan

Di era digital saat ini, layanan kesehatan telah berkembang dalam berbagai wujud inovasi dengan internet sebagai salah satu penunjangnya. Layanan kesehatan yang menyeluruh atau universal health coverage yang tengah dilakukan upaya percepatan oleh Pemerintah, dipastikan membutuhkan sentuhan digital untuk mengisi celah akibat kendala geografis mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan.

Di tengah upaya tersebut, keadaan menjadi rumit dengan adanya Pandemi Covid-19. Di saat masyarakat dan industri bisnis masih bersiap menghadapi era 4.0, pandemi memaksa setiap orang dan setiap lini melakukan perubahan ke arah digital termasuk industri kesehatan yang kini tengah melakukan pembenahan.

Namun, kebutuhan digitalisasi yang tinggi perlu diimbangi dengan satu sistem yang mampu mengintegrasikan proses front to end, sehingga digitalisasi tidak hanya sekedar memindahkan proses manual menjadi komputerisasi, akan tetapi mampu membantu kinerja perusahaan.

Menjawab permasalahan tersebut, PT Telkom Indonesia Tbk melalui salah satu anak perusahaaannya AdMedika mengembangkan inovasi digital dengan fokus pada pembangunan ekosistem kesehatan yang terintegrasi front to end. Selama lebih dari 18 tahun, AdMedika membangun sistem manajemen kesehatan yang melayani pasar asuransi, private company, BUMN, Rumah Sakit, klinik dan institusi pemerintah.

AdMedika mengintegrasikan sistem dalam satu rantai layanan, dimulai dari layanan manajemen kesehatan karyawan di fasilitas kesehatan jaringan AdMedika (Rumah Sakit atau klinik) yang mencakup penjaminan di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, AdMedika juga menyiapkan solusi Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis web yang dapat mengintegrasikan layanan kesehatan hingga ke manajemen pelaporan.

“Sebagai perusahaan yang fokus kepada nasabah, digitalisasi menjadi bagian yang penting bagi Manulife. Kemudahan nasabah dalam berinteraksi tentunya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berdampak positif pada pertumbuhan bisnis” - Caroline D. Utomo, COO Manulife Indonesia dalam acara soft launching eCard-

Tak cukup di situ, di masa pandemi ini, AdMedika mengeluarkan terobosan dengan meluncurkan layanan telekonsultasi online atau telemedicine, analisa big data, dan electronic card (e-Card) yang melengkapi fitur mobile application MyAdMedika. Terobosan tersebut sebagai salah satu solusi digital untuk menghadapi Covid-19.  

Ragam inovasi tersebut tentu saja tidak terlepas dari dukungan infrastruktur digital dan komitmen untuk terus berinovasi menjawab tantangan masa depan untuk solusi kesehatan. Sehingga seiring berjalannya waktu, AdMedika mampu berkembang menjadi perusahaan Total Health Solution.

Semangat AdMedika bersama Telkom Indonesia mendukung transformasi digital akan terus diupayakan demi kesehatan Indonesia yang lebih baik serta mendukung pemulihan ekonomi bangsa. Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit!  

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)