Telkom Dukung Digitalisasi Perbankan Indonesia

Jakarta, 14 September 2015 - PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan sektor perbankan dengan menampilkan layanan solusi digital perbankan pada acara Indonesia Banking Expo 2015 (IBEX 2015) yang diselenggarakan pada 9-11 September 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan sektor perbankan dengan menampilkan layanan solusi digital perbankan pada acara Indonesia Banking Expo 2015 (IBEX 2015) yang diselenggarakan pada 9-11 September 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

IBEX 2015 merupakan acara yang diinisiasi oleh Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), yang pada kesempatan ini mengangkat tema "Pengembangan Perbankan Digital dalam Memperluas Akses Keuangan dan Pelayanan kepada Masyarakat”. Dengan solusi Digital Financial and Banking yang dimiliki oleh Telkom Group, diharapkan dapat menjawab setiap kebutuhan para pelaku industri finansial dan perbankan khususnya dari aspek Information & Communication Technology (ICT).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menjadi pembicara Seminar yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (PERBARINDO) dengan tema “Modernisasi Industri BPR/BPRS dalam Memperluas Akses Keuangan Dan Pelayanan kepada Masyarakat”.

Menanggapi peran Digital dalam pengembangan industri perbankan, Awaluddin menyatakan kesanggupan penuh dari Telkom untuk mendukung digitalisasi perbankan khususnya BPR/BPRS. Awaluddin menjelaskan, “Strategi Telkom dalam mendukung digitalisasi perbankan ini, kami istilahkan dalam konsep 3C (Connectivity-Content-Community). Pertama Connectivity berupa penyediaan akses broadband internet. Kami akan mengupayakan penyediaan akses Fiber Optik ke seluruh titik cabang BPR/BPRS.”

Lebih lanjut Awaluddin menyampaikan, “Content yang berisi aplikasi yang mendukung mobility maupun non-mobility BPR/BPRS. Kami memiliki solusi data center, contact center dan Core Banking SATU yang akan mendukung sistem manajemen BPR/BPRS ini. Terakhir Community berupa solusi untuk kemudahan dalam melayani nasabah, berupa penyediaan EDC dan e-Payment lainnya”.

Hingga kini layanan Core Banking SATU telah dimanfaatkan oleh 70 BPR untuk 700an kantor cabang se-Indonesia. “Telkom Group siap mendukung modernisasi BPR/BPRS melalui layanan Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services (TIMES),” pungkas Awaluddin.


Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)