Trafik Broadband Telkomsel Saat Ramadan dan Lebaran Tumbuh 11,7% | SWA.co.id

Trafik Broadband Telkomsel Saat Ramadan dan Lebaran Tumbuh 11,7%

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2023, Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik broadband mencapai 11,7% dibanding rerata hari biasa 2023 atau 11,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Untuk layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 14,1%, sedangkan trafik layanan panggilan suara (voice call) mengalami penurunan sebesar 20% dibandingkan hari biasa.

Hasil trafik broadband Telkomsel Siaga RAFI 2023 tersebut didorong dengan adanya peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital selama momen RAFI 2023. Telkomsel mencatat peningkatan aktivitas digital yang mencakup akses layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference yang tumbuh mencapai 5,5%, serta akses gim mobile yang melonjak hingga 15,2%.

Untuk layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi dari akses pelanggan ke layanan aplikasi. Beberapa aplikasi dimaksud yakni instant messaging WhatsApp yang melonjak hingga 40,3%, aplikasi media sosial seperti TikTok 28,5%, SnackVideo 23,4%, Instagram naik mencapai 14,2%, serta layanan streaming video YouTube yang meningkat hingga 12%.

Selaku Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, dengan mengedepankan Program Telkomsel Siaga RAFI 2023, secara keseluruhan kami telah mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband tersebut. Antisipasi yang dilakukan adalah melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan."

Seluruh aktivitas digital yang dilakukan oleh pelanggan setia Telkomsel juga berkontribusi dalam meningkatkan trafik penggunaan layanan broadband selama momen RAFI 2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa. Lima wilayah yang mengalami peningkatan trafik broadband tertinggi, antara lain di wilayah operasional Kabupaten Cilacap yang tumbuh 58,8%, Ciamis 58,4%, Kabupaten Tasikmalaya 54,9%, Garut tumbuh 54,4%, dan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara 38,7%.

Saki menambahkan, sejalan dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada tahun ini, Telkomsel menemukan bahwa terdapat lima wilayah tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan paling signifikan. Lima wilayah dimaksud adalah Kabupaten Cilacap, Kota Bandung, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Tasikmalaya. 

Secara keseluruhan, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan terdepan di seluruh Indonesia pada momen RAFI 2023 dengan melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu juga Telkomsel telah memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang customer centric, hingga menghadirkan beragam promo khusus yang dapat semakin mendukung kemudahan akses aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat.

Telkomsel juga menggelar rangkaian kegiatan perusahaan untuk berbagi dengan penerima manfaat yang membutuhkan di seluruh wilayah di Indonesia melalui rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR). Penyerahan juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan roadshow Telkomsel yang digelar pada empat kota di Indonesia, yakni Cirebon, Banjarmasin, Banda Aceh, dan Mataram.

“Kami berharap kontribusi Telkomsel melalui semangat #NyalakanKebersamaan yang menghadirkan konektivitas broadband andal, merata, serta setara selama Ramadan dan Idulfitri 1444 H lalu dapat mewujudkan momen silaturahmi yang penuh kehangatan bagi seluruh pelanggan. Telkomsel senantiasa berkomitmen menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan guna memperkuat ekosistem gaya hidup digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” kata Saki dalam keterangan tertulis di Jakarta (26/04/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)