Teruji dan Terpercaya di Ranah Ekspor Impor

Berbekal daya saing di segmen industri energi, CKB Logistics berhasil menggaet berbagai perusahaan nasional dan multinasional sebagai pengguna jasanya. Bahkan, ekspor impor mereka tetap bersinar di tengah situasi perekonomian global yang menantang. Apa rahasianya?

Kiprah CKB Logistics (PT Cipta Krida Bahari) diawali sejak 1997, sebagai perusahaan logistik terpadu yang melayani sektor industri energi, khususnya migas, pertambangan, alat berat, pembangkit listrik, dan konstruksi. CKB Logistics adalah anak perusahaan PT ABM Investama Tbk, yang merupakan bagian dari salah satu kelompok bisnis nasional terbesar di Tanah Air, Tiara Marga Trakindo (TMT) Group. Dengan jaringan mencapai 40 gateway di seluruh Indonesia, CKB Logistics menyediakan berbagai solusi di bidang Integrated Logistics Services, Project Logistics, Warehouse Management, Shorebase Management, Industrial Shipping dan Coal Logistics.

CKB Logistics (PT Cipta Krida Bahari) CKB Logistics (PT Cipta Krida Bahari)

Siapa sangka, CKB Logistics justru lahir dari layanan ekspor dan impor (exim). “Exim adalah embrio CKB”, ujar Ety Puspitasari, General Manager Freight & Transport CKB Logistics. Pengalaman panjang menggarap exim menjadikan CKB Logistics piawai dalam peraturan kepabeanan Indonesia, serta memiliki lisensi PPJK maupun kontrak dengan pemegang lisesnsi PPJK untuk mengelola proses impor melalui udara maupun laut. “Layanan yang kami tawarkan bersifat komprehensif untuk seluruh kebutuhan baik dokumentasi maupun konsultasi yang dibutuhkan pelanggan,” jelas Ety.

Dari 40 cabang yang dimiliki CKB Logistics, hampir separuhnya aktif dalam proses exim. Yang mengesankan, untuk pengiriman melalui udara CKB  Logistics mengoperasikan pesawat freighter sejak tahun 2011 yang beroperasi lima (5) kali dalam seminggu dengan rute Singapura-Jakarta-Balikpapan.  Harga yang kompetitif serta kepastian jadwal terbang menjadi andalan CKB Logistics dalam layanan distribusi logistik via udara.

“Kami berusaha sebaik mungkin memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal menjadi mitra solusi logistik yang tepercaya,” papar Ety. “Khusus untuk layanan kepabeanan kami berikan pelatihan dan konsultasi exim, baik yang sudah menjadi pelanggan CKB atau yang baru,” lanjut Ety. Tak heran, jika beberapa perusahan multi nasional terkemuka merasa terbantu dengan layanan yang diberikan CKB Logistics.

CKB Logistics (PT Cipta Krida Bahari) CKB Logistics (PT Cipta Krida Bahari)

Yang tak kalah penting, CKB Logistics menyadari pentingnya penerapan GCG (Good Corporate Governance) dalam menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Hal ini diwujudkan perusahaan dengan mendorong transparansi, akuntabilitas, dan kewajaran dalam menjalankan bisnis, tak terkecuali dalam proses exim. Atas kepatuhannya, CKB Logistics kerap mendapatkan penghargaan dari Kantor Pelayanan Bea dan Cukai maupun PPJK. Selain itu, dipertengahan tahun 2015 ini, perusahaan kembali mengukir prestasi dan membuktikan kinerjanya sebagai salah satu perusahaan logistik nasional terbaik dengan empat kali berturut memenangkan penghargaan Frost & Sullivan Indonesia Domestic Logistics Service Provider of the Year. “Bagi kami, pencapaian ini tak lepas dari kontribusi seluruh karyawan, yang merupakan kekuatan terbesar dalam memberikan komitmen layanan terbaik kepada pelanggan,” tegas Ety.

Selain terakreditasi dengan ISO 9001:2008 dan OHSAS 18001:2007, CKB Logistics juga menargetkan memperoleh sertifikasi AEO (Authorized Economic Operator) di awal tahun 2016 mendatang. AEO merupakan akreditasi atas perusahaan dalam pemenuhan kepabeanan berstandar global dari WCO (World Customs Organization). AEO juga akan memuluskan rencana CKB Logistics untuk go global dan melakukan ekspansi layanan logistiknya di negara lain.


 

Leave a Reply

1 thought on “Teruji dan Terpercaya di Ranah Ekspor Impor”

Pentingnya pemegang Lisensi PPJK dalam mengelola proses impor melalui udara maupun lau.
by Mawardi, 05 Dec 2015, 08:53

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)