Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan oleh Warga +62

Perusahaan teknologi lokal Tokopedia menjadi brand yang paling direkomendasikan oleh masyarakat Indonesia versi YouGov, lembaga riset pasar dunia asal Inggris. Dalam survei bertajuk YouGov Recommend Rankings 2022 tersebut, Tokopedia menduduki posisi puncak dengan skor 90,2 mengalahkan raksasa teknologi dunia seperti Samsung dan Apple.

Tokopedia tercatat mengalami kenaikan secara drastis  setelah sebelumnya hanya menempati peringkat keenam tahun lalu. Selain Tokopedia, brand lain yang masuk dalam daftar ini yaitu Shopee (88,6), Samsung (88,2), Apple Mobile Devices (87,9), dan Netflix (87,3). Kemudian diikuti oleh Garuda Indonesia (87,0), BCA (86,6), Apple Consumer Electronic (85,6), Indomie (85,4), dan Allianz (84,9).

Menurut riset YouGov, faktor-faktor seperti pengalaman pelanggan, citra merek, nilai merek, emosi, dan kepribadian konsumen memainkan peran penting dalam menentukan apakah seseorang akan merekomendasikan sebuah brand atau tidak.

"Dalam istilah marketing, word of mouth atau memberikan rekomendasi kepada seseorang secara verbal merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan eksposur suatu merek, orang-orang akan jauh lebih mempercayai rekomendasi dari seseorang yang mereka kenal dibandingkan melalui iklan," seperti dikutip dalam keterangan resmi YouGov yang diterima SWA, (09/09/2022).

Aktivitas tersebut biasanya dilakukan saat ada seorang konsumen yang sangat menyukai suatu produk barang/merek, maka orang tersebut akan secara otomatis ingin selalu membicarakan produk barang tersebut kepada orang lain setiap hari.

Sebagai informasi, YouGov Recommend Rankings dihitung menggunakan data yang dikumpulkan dari anggota pasar di seluruh dunia setiap hari,  melalui tools YouGov BrandIndex. Kinerja setiap brand dilacak dan dimonitor berdasarkan berbagai metrik. Melalui metode ini YouGov dapat membangun gambaran tentang bagaimana merek ini dipersepsikan oleh masyarakat umum.

Adapun peringkat didasari pada skor rekomendasi positif YouGov BrandIndex yang mengukur persentase pelanggan brand, yang akan merekomendasikannya kepada teman atau kolega. Pemeringkatan diambil dari skor rekomendasi rata-rata tertinggi antara 1 Juni 2021 - 31 Mei 2022 dibandingkan dengan 1 Juni 2020 - 31 Mei 2021, di mana skor tersebut mewakili populasi umum orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)