Training = Investment #1

Saya pada 19- 24 November 2017 lalu mengikuti Oxford Strategic Leadership Program, yang unik dan menarik. Bukan karena konten materinya, tetapi karena penyajiannya yang sangat experensial, penuh pengalaman yang membekas. Bukan seperti lecture yang membosankan penuh teori, tetapi sebuah pengalamaan momen-momen menarik yang membekas di ingatan.

Setiap satu atau dua tahun sekali, saya selalu mencoba mengisi waktu satu dua minggu untuk “belajar’ lagi. 6 hari di Oxford memberikan banyak pandangan-pandangan baru buat saya. “Heavenly intellectual vacation”, liburan cerdas yang menyenangkan, walau mahal juga. Pelatihan 6 hari itu berbeaya 200 juta lebih rupiah per orang, dan ada 35 peserta datang dari 12 negara.

Saya sudah pernah mengikuti pembelajaran-pembelajaran di University of Berkeley, Stanford University, Massachusett Institute of Technology, Harvard University, dan banyak tempat lainnya. Tetap saja Oxford, yang merupakan Universitas berbahasa Inggris tertua didunia, memberikan banyak pandangan baru buat saya.

Pembelajaran yang diberikan beraneka ragam; Mulai dari pemahaman akan perubahan, sampai memahami diri sendiri. Mulai dari diskusi kepemimpinan sampai pembacaan puisi setiap peserta dalam setting makan malam. Mulai dari VUCA, sampai Musical Masterpiece performance. Mulai dari lari pagi ditemani pemenang Olimpiade, sampai kegiatan mewarnai kura-kura kecil yang unik. Mulai dari diskusi serius tantangan dalam kepemimpinan kita dengan Lego, sampai Museum of Architypes dalam cerita Shakespeare. Pembelajaran yang holistic diberikan dengan renyah, menyenangkan, dan dinamis.

Menurut buku terbaru Tom Peters The Excellence Devidend, TRAINING = INVESTMENT #1 “Jika Anda tidak percaya bahwa training adalah aset no. 1, tanyakan pada seorang laksamana, jendral, kepala polisi, kepala pemadam kebakaran, konduktor orkestra, pelatih sepakbola, pelatih pemanah, sutradara, aktor (usia 22 atau 62), balerina, dokter bedah, kepala UGD atau perawat, operator pembangkit listrik tenaga nuklir … atau saya”

Terinspirasi program dari Oxford ini, dan dari program-program MIT dan Stanford sebelumnya, saya menyusun sebuah program pelatihan premium menarik “Strategic Leadership”, yang ditujukan kepada semua Leaders yang sedang bergulat dalam persaingan bisnis yang tidak ada habisnya. Perlu waktu sejenak untuk mundur sebentar, mengamati diri sendiri dan kepemimpinan kita, dan mencari lensa baru dalam melihat kepemimpinan kita. Salam semangat pembelajar.

Tanadi Santoso
Penulis adalah Entrepreneur dan Pembicara Public dan Corporate Trainer yang berpengalaman.
www.tanadisantoso.com; www.facebook.com/tanadisantoso.fb; @tanadisantoso

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!