UNIKOM: Prestasi Gemilang di Kancah Nasional dan Global

Dalam usia 16 tahun, UNIKOM mampu mencatat prestasi gemilang dalam berbagai lomba di tingkat nasional dan global. Apa saja prestasi dan penghargaan bergengsi yang diraihnya?

Bandung sudah lama dikenal sebagai kota pendidikan di Jawa Barat. Kehadiran ITB dan Unpad menjadi kebanggaan warga Jawa Barat. Kini, di Kota Bandung juga hadir perguruan tinggi yang namanya belakangan ini kian melambung tinggi, bukan hanya di kancah nasional, melainkan juga dalam skala global, yaitu UNIKOM (Universitas Komputer Indonesia). Berbagai prestasi mampu ditorehkan UNIKOM (lihat lampiran).

Rektor UNIKOM, Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto Rektor UNIKOM, Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto

Keberhasilan UNIKOM menyabet berbagai lomba dan penghargaan bergengsi itu, menurut Rektor UNIKOM, Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, tak lepas dari Kurikulum yang disusun sesuai Visi, Misi, dan Tujuan UNIKOM, berdasarkan kebutuhan stakeholders, industri, dan perkembangan Iptek, berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Sistem Teknologi Informasi UNIKOM. “Semua program studi diberi mata kuliah wajib software (perangkat lunak) selama 7 semester, hardware (perangkat keras), dan entrepreneurship (kewirausahaan),” tuturnya.

Di samping itu, setiap program studi memberikan sertifikasi terkait kompetensinya masing-masing. Program studi Teknik Informatika, misalnya, memberikan sertifikasi Internasional Cisco. UNIKOM merupakan Cisco Academic untuk wilayah Jawa Barat. Proses pembelajaran dilakukan berdasarkan budaya organisasi UNIKOM yakni PIQIE (Professionalism, Integrity, Quality, Information Technology, Excellent). ”Kuliah online menjadi bagian penting dalam sistem pendidikan UNIKOM. Tenaga pengajar berkualifikasi Guru Besar, Doktor dan Magister serta para Praktisi,” tandas Eddy. Fasilitas pendidikan meliputi ruang Cyber, laboratorium, studio, ruang kuliah, perpustakaan, beasiswa, unit kegiatan mahasiswa, mushola, kantin, dll.

Menurut Eddy, fasilitas pembelajaran di UNIKOM memberikan dukungan 100% bagi penelitian ilmiah yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa, mulai biaya riset, akomodasi hingga kompetisi ke luar negeri. ”Ruang kuliah, laboratorium, studio hingga ruang dosen dan karyawan full AC dan dilengkapi CCTV. Lingkungan kampus sangat kondusif, nyaman dan menumbuhkan iklim berkompetisi sesuai Smart Community Campus of the Champions,” kata alumnus Fakultas Teknologi Industri ITB (S-1 dan S-2) serta doktor Manajemen Bisnis Unpad ini.

UNIKOM, yang resmi berdiri pada 8 Agustus 2000, bernaung di bawah Yayasan Science dan Teknologi. Menempati kampus yang nyaman di kawasan elite Jln. Dipati Ukur, Bandung, UNIKOM yang meraih akreditasi B memiliki Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Desain, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik, Fakultas Sastra dan Fakultas Hukum. Seiring dengan perjalanan waktu kini telah dibuka Fakultas Pascasarjana dengan program studi Magister Sistem Informasi, Magister Desain, dan Magister Manajemen. Jenjang pendidikan yang ada di UNIKOM yakni Magister (S2), Sarjana (S1) dan Diploma (D3). Jumlah mahasiswanya kini mencapai 12.500.


Prestasi Cemerlang UNIKOM

  • Juara Dunia kontes Robot Internasional selama 8 tahun (Robogames & Trinity Colledge), sejak 2009 hingga 2016 di USA. Tahun 2016 meraih 8 medali dengan 3 emas, 3 perak & 2 perunggu.
  • Merupakan satu-satunya utusan Microsoft Indonesia untuk mengikuti kompetisi Microsoft tingkat Internasional di USA dan berhasil masuk dalam Top 12 Dunia dari sekitar 180 Negara peserta tahun 2015.

  • Juara Dunia Skills Competition di Jerman 2013.

  • 2 kali Juara ASEAN Skill Competition 2013 & 2014

  • 2 Tahun Top 100 Asia University, Repositori, 2016 & 2015

  • 2 Tahun Juara Dunia ICT Innovative Serve Contest, Taiwan, 2015 & 2013

  • 4 Tahun mewakili Indonesia pada kompetisi Asia Pasific ICT Award (APICTA), 2009 - 2015

  • 7 Tahun Juara Nasional Indonesia ICT Award (INAICTA), 2007 – 2015

  • 7 Tahun Juara Nasional Kontes Roket Indonesia, 2009 – 2015

  • 6 Tahun Juara Nasional The ICT Smart Campus (TeSCA), 2009 – 2014

  • 2 Tahun Juara Nasional Bahasa Jepang, 2010 & 2014.
  • 5 Tahun Top 100 Universitas ASEAN, Webometrics, 2011 – 2015.

  • Indonesia Best Private University, SWA Group, 2013

  • Indonesia Best School of Management, SWA Group, 2015 & 2013

  • 2 Juara-1 Nasional pada Kompetisi Microsoft, Citizenship & Innovation, 2015.

  • Top 3 Nasional Kompetisi Microsoft, Innovation, 2016. Dan berbagai prestasi lainnya.

 


 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)